BAB I
PENDAHULUAN
Pengolahan
data menggunakan komputer dikenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik atau
Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat
dari suatu kenyataan. Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari
data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu
informasi. Informasi (information) adalah hasil dari pengolahan data dalam bentuk
yang lebih berarti.
Jadi
Pengolahan Data Elektronik atau Elektronic Data Processing adalah proses
manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan
menggunakan suatu alat elektronik yang disebut komputer.
Sistem
operasi adalah sebuah program yang bertindak sebagai perantara antarapemakai
komputer dengan perangkat keras komputer. Dalam hal ini, pemakai komputerdapat
berupa orang atau program lain atau mesin lain atau komputer lain atau apapun
yang dapat berinteraksi dengan komputer.
BAB II
ISI MAKALAH
DATA ELEKTRONIK
A.
PENGENALAN
DATA ELEKTRONIK
1.
Pengolahan
Data Elektronik
Pengolahan
data menggunakan komputer dikenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik atau
Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat
dari suatu kenyataan. Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari
data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu
informasi. Informasi (information) adalah hasil dari pengolahan data dalam
bentuk yang lebih berarti.
Jadi
Pengolahan Data Elektronik atau Elektronic Data Processing adalah proses
manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan
menggunakan suatu alat elektronik yang disebut komputer.
Pengolahan
data elektronik memiliki siklus, siklus pengolahan data elektronik terdiri dari
tiga tahapan dasar yaitu : Input, Processing, Output.
Ø
Input :
Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer
Ø
Processing : Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang
dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan,
mengendalikan atau mencari di storage.
Ø
Output :
tahap ini merupakan proses yang menghasilkan output dari pengolahan data berupa
informasi.
Kemudian
dikembangkan lagi dengan menambahkan tiga atau lebih tahapan lagi yaitu:
Origination, Storage, Distribution
Ø
Origination :
tahap ini berhubungan dengan proses pengumpulan data.
Ø
Distribution
: tahap ini merupakan proses distribusi
output kepada pihak yang berhak atau membutuhkan informasi.
Ø
Storage : tahap ini merupakan tahap perekaman atau penyimpanan hasil pengolahan data. Hasil pengolahan data yang telah tersimpan di storage (simpanan luar) dapat dijadikan input untuk proses pengolahan data selanjutnya.
Storage : tahap ini merupakan tahap perekaman atau penyimpanan hasil pengolahan data. Hasil pengolahan data yang telah tersimpan di storage (simpanan luar) dapat dijadikan input untuk proses pengolahan data selanjutnya.
2.
Definisi
Komputer dan Pengolahan Data
Komputer
adalah serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan
bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah
sistem kerja yang rapi dan teliti untuk mengolah informasi menurut prosedur
yang telah dirumuskan, menerima input, mengolah input, memberikan informasi,
menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dan dapat
menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Pada
mulanya pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak hanya
berhubungan dengan matematika.
Data adalah kumpulan
kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan, penggambaran fakta, pengertian
instruksi yang dapat disampaikan dan diolah oleh manusia atau mesin yang berupa
angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data
mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut.
·
Pengolahan
data (Data Processing) adalah manipulasi
pengubahan atau transformasi dari data, simbol-simbol seperti nomor dan huruf
ke dalam bentuk yang lebih berguna atau lebih berarti berupa suatu informasi
untuk tujuan peningkatan kegunaannya.
·
Informasi
adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yg lebih
berarti dari suatu kejadian.
·
Sistem
Pengolahan Data adalah adalah sistem yang
melakukan pengolahan data. Contoh
: sistem pengolahan data penjualan, sistem pengolahan data pegawai dll.
Pengolahan data yang diolah dengan menggunakan komputer dikenal dengan Pengolahan
Data Elektronik (PDE) atau Electronik Data Processing (EDP).
Jadi Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic
Data Processing (EDP) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih
berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu
komputer.
Ø
Pengolahan
Data pada Komputer
a)
Pengumpulan
Data
b) Sistem
pengolahan data dirancang untuk mengumpulkan data yang menggambarkan setiap
tindakan internal perusaahaan dan menggambarkan transaksinya dengan
lingkungannya.
c)
Pengubahan
Data
Operasi
pengubahan data mencakup pengklasifikasian, penyortiran, pengkalkulasan,
perekapitulasian, pembandingan
d) Penyimpanan Data
Semua
data harus disimpan disuatu tempat sampai ia diperlukan. Data tersebut disimpan
dalam berbagai media penyimpanan dan file yang disimpan disebut Database
e)
Pembuatan
Dokumen
Sistem
pengolahan data menghasilkan output yang dibutuhkan oleh perorangan atau
kelompok baik di dalam maupun luar perusahaan.
Ø
Komponen
Dasar Komputer untuk Pengolahan Data
a)
Hardware
v Keyboard
Keyboard merupakan salah satu alat input yang sering
digunakan, dengan semakin berkembangnya teknologi pada PC maka keyboard juga
semakin berkembang. Terdapat 4 jenis keyboard yang paling sering digunakan
yaitu:
1. Original PC atau XT keyboard (83 key)
2. Original AT keyboard (XT + Sysreq for OS/2 + 10 function
keys)
3. 101-107 key PS/2 keyboard (AT + function keys F11 dan
F12)
4. Keyboard 79, 82 key untuk Notebook (Laptop)
v Alat
penunjuk : Mouse, Trackball, Light pen, touch screen, unit remote control dll.
v Alat
Input Pengenal Suara : Speaker Dependent System
v CPU
(Central Processing Unit ).
CPU
merupakan unit yang mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input
menjadi output.
CPU terdiri dari:
§ Control Unit Berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan
yang ada pada sistem komputer serta mengatur kapan alat input menerima data dan
kapan alat output menampilkan di monitor (Instruction Cycle).
§ Arithmatic Logical Unit (ALU) Tugas utama dari ALU melakukan perhitungan yang bersifat
aritmatik serta melakukan keputusan dari operasi logika dan bit manipulation,
sesuai dengan instruksi program.
§ Main storage Main memory ini merupakan tempat atau media yang
digunakan untuk menyimpan data yang akan atau yang sedang diolah oleh sistem
komputer. Main Storage di bagi menjadi 2 bagian
,yaitu : RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory)
v Alat
Pencetak Contoh : Printer
v Alat
Ouput Suara Contoh : Speech Output Unit (Audio Respons Unit).
v Plotter
Contoh : Flatbed plotter, Drum Plotter
v Microform
Contoh : Microfilm, Microfiche
a)
Software
Software adalah instruksi atau program untuk menjalankan
sistem komputer. Software terdiri dari software
sistem dan software aplikasi.
b)
Brainware
Brainware
adalah manusia yang terlibat di datam mengoperasikan serta mengatur sistem
komputer.
3.
Manfaat
Pengolahan Data
Dengan
digunakannya pengolahan data elektronik, maka manfaat yang dapat diperoleh
adalah meminimalkan kebutuhan tenaga manusia, hal ini karena beberapa pekerjaan
dilakukan secara otomatis oleh peralatan bantuan seperti komputer. Keuntungan
lain adalah kemampuan komputer untuk memproses data lebih besar, keakuratan
yang lebih besar, kecepatan yang lebih besar, fasilitas pengendalian otomatis
dan pengolahan secara serentak.
Sebagai
contoh :
Pembuatan
faktur Penjualan, dengan sudah dimanfaatkannya pengolahan data komputer, maka
operator hanya memasukkan jumlah barang yang dipesan, karena nama pelanggan,
alamat, harga sudah ada dalam database dan perhitungan total sudah kita
dapatkan dari hasil proses program.
Perhitungan
upah dan gaji, dengan sudah dimanfaatkannya pengolahan data komputer, operator
hanya menginput banyaknya jam kerja, lembur, bonus atau komisi, hari absen, dan
untuk kode pegawai, nama pegawai, gaji pokok, informasi perhitungan pajak
pendapatan, neraca pinjaman dan informasi kumulatif lainnya sudah ada pada
database dan program yang memprosesnya.
4.
Tujuan
dan Fungsi Pengolahan Data
Ø
Tujuan Pengolahan Data
Untuk mengambil
informasi asli (data) dan darinya menghasilkan informasi lain dalam bentuk yang
berguna (hasil).
Ø
Fungsi Dasar Pengolahan
Data
a)
Mengambil program dan
data (masukan / input)
b)
Menyimpan program dan
data serta menyediakan untuk pemrosesan
c)
Menjalankan
proses aritmatika dan logika pada data yang disimpan
d) Menyimpan
hasil antara dan hasil akhir pengolahan
e)
Mencetak atau
menampilkan data yang disimpan atau
hasil pengolahan
Dalam
sebuah perusahaan, bagian arsip dan pengolahan data elektronik mempunyai tugas
menyusun, menghimpun, meyimpan perumusan pedoman dan petunjuk teknis,
mengkoordinasikan bahan kebijakan dan penyelenggaraan pemerintahan di bidang
arsip dan PDE meliputi : kearsipan, pendayagunaan sistem informasi serta
pengolahan data elektronik mempunyai fungsi:
v Penyusunan
rencana program daerah di bidang pengolahan data elektronik dan kearsipan
daerah.
v Penyusunan
dan penganalisis data, pengendali data hasil rekaman serta analisis sistem
aplikasi.
v Pengendalian
arus data dari satu masukan sampai data keluaran, perekaman, pengoperasian
komputer, penyimpanan file data, penyediaan, dan pengamanan perangkat keras
komputer.
v Pemberian
bimbingan, pembinaan, pelayanan, pengendalian komputerisasi dan kearsipan di
lingkungan Pemerintah Daerah.
v Pengumpulan dan pengolahan arsip in-aktif daerah
v Pelaksanaan penilaian dan penyerahan arsip statis
daerah kepada Arsip Nasional Republik
Indonesia setelah mendapat persetujuan tertulis Menteri Dalam Negri
v Pelaksanaan
tugas-tugas lain yang diberikan oleh Asistan Tata Praja
5.
Kemampuan Sebuah Sistem Informasi Manajemen Dalam
Mengolah Data
Pengetahuan tentang potensi kemampuan sistem informasi
yang dikomputerisasi akan memungkinkan seorang manajer secara sistematis
menganalisis masing-masing tugas organisasi dan menyesuaikannya dengan
kemampuan komputer.
Sistem Informasi Manajemen secara khusus memiliki
beberapa kemampuan teknis sesuai yang direncanakan baginya. Secara kolektif
kemampuan ini menyangkal pernyataan bahwa komputer hanyalah mesin penjumlah
atau kalkulator yang berkapasitas tinggi, sebenarnya komputer tidak dapat
mengerjakan sesuatu ia hanya mengerjakan lebih cepat. Sistem Informasi Komputer
dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh diatas sistem non komputer. Kemampuan
ini telah merevolusikan proses manajemen yang menggunakan informasi yang
dihasilkan oleh sistem yang telah ada.
Beberapa kemampuan teknis terpenting
dalam sistem komputer :
§ Pemrosesan
data batch
§ Pemrosesan
data tunggal
§ Pemrosesan online,real time
§ Komunikasi
data dan Switching pesan
§ Pemasukan
data jarak jauh dan update file
§ Pencarian
record dan analisis
§ Pencarian
file
§ Algoritma
dan model keputusan
§ Otomatisasi
kantor
B.
PERANGKAT
LUNAK
1.
Perkembangan
Perangkat Lunak
Segmentasi pasar perangkat
lunak membagi dalam empat kategori
utama,yaitu :
Ø Operating system
Ø Database
Ø Middleware
Ø Application
a)
Sistem
Operasi (Operating System)
Sistem operasi adalah sebuah
program yang bertindak sebagai perantara antara
pemakai
komputer dengan perangkat keras komputer. Dalam hal ini, pemakai komputer
dapat
berupa orang atau program lain atau mesin lain atau komputer lain atau apapun
yang dapat berinteraksi dengan komputer.
Klasifikasi sistem operasi berdasarkan End-User
Interface:
1) Command Line Interface. Pada antarmuka ini, pengguna harus
menuliskan baris-baris perintah jika ingin melakukan sesuatu. Pengguna harus
hafal perintah yang digunakan serta harus paham aturan-aturan yang digunakan
untuk menuliskan perintah tersebut. DOS adalah contoh sistem operasi yang
menggunakan antarmuka jenis ini.
2) Graphical User
Interface (GUI). Pada
antarmuka jenis ini, pengguna dapat berinteraksi dengan sistem operasi melalui
cara yang mudah. Pengguna dapat mengklik tombol atau gambar untuk melakukan
sesuatu. Antarmuka jenis ini menyediakan tampilan yang lebih menarik dari pada
jenis antarmuka lainnya, sehingga lebih nyaman digunakan. Windows XP adalah
contoh Sistem Operasi yang menggunakan antarmuka jenis ini.
3) Menu Driven Interface. Pada antarmuka ini, pengguna cukup memilih menu-menu jika
melakukan sesuatu. Antarmuka jenis ini lebih mudah dibandingkan Command Line
Interface, karena pengguna tidak perlu menghafal baris perintah serta tidak
perlu tahu bagaimana aturan penulisan perintahnya
Klasifikasi
sistem operasi berdasarkan pangsa pasar:
1) Sistem
operasi server/network, seperti Windows NT Server, IBM AIX for RS/6000, DIGITAL
UNIX, Open VMS, HP-UX, Sun Solaris, dan IBM OS/400.
2) Sistem
operasi desktop, seperti Windows 95/ Windows NT Workstation, OS/2 Wrap, MacOS,
Java
3) Sistem
Operasi Handheld,seperti Windows CE,GEOS ,Magic Cap
a)
Basis
Data
Secara definisi, basis data adalah koleksi data yang
saling berhubungan dan memililiki arti dan terorganisir secara rapi. Data
tersebut harus dapat diakses dengan urutan (order) yang berbeda-beda secara
logikal dengan cara yang relatif mudah.
Suatu
sistem basis data terdiri dari tiga komponen:
1. DBMS
(Database Management System)
Pengelolaan basis data secara fisik
ditangani oleh sebuah perangkat
lunak (sistem) yang khusus (DBMS)
yang akan menentukan bagaimana
data diorganisasi, disimpan, diubah
dan diambil kembali disamping itu
juga menerapkan mekanisme
pengamanan data, pemakaian data secara
bersama, keakuratan dan konsistensi
data, dsb.
Contoh : - Foxbase,dBase lll +, dBase IV , Ms Access, Borland
Paradox
Oracle ,syBase, dsb
2. Data Definition Languages
(DDL)
Skema basis data yang menggambarkan
desain basis data secara keseluruhan dispesifikasian dengan bahas khusus yang
disebut dengan Data Definition Languange. Dengan bahasa ini kita dapat membuat
tabel baru,membuat indeks,mengubah tabel ,menentukann struktur penyimpanan
tabel,dll
3. Data Manipulation Languages
(DML)
Merupakan bahasa dalam basis data
yang digunakan untuk melakukan manipulasi dan pengambilan data pada suatu basis
data. Manipulasi tersebut adalah sebagai berikut :
Penambahan data baru ke suatu basis data
Penghapusan data dari suatu basis data
Pengubahan data di suatu basis data
Pada level fisik kita harus
mendefinisikan algoritma yang memungkinkan pengaksesan yang seefisien terhadap
data. Untuk level yang lebih tinggi bukan hanya efisiensi akses tetapi juga
efisiensi interaksi manusia dengan system.
DML ada 2 jenis,yaitu :
Prosedural
Mensyaratkan pemakai menentukan data apa yang
diinginkan serta bagaimana cara mendapatkannya
Non procedural
Pemakai menentukan data apa yang diinginkan apa
yang diinginkan tanpa menyebutkan
bagaimana cara mendapatkannya
Hingga saat ini terdapat lima perspektif desain basis data yang utama yang
merepresentasikan suatu evolusi dari pemikiran desain. Kelima desain utama
tersebut adalah sistem berorientasi file (file-oriented, sistem berdasar
Hirarki, system berbasis jaringan, sistem relasional dan sistem berorientasi
objek (Object-oriented)).
Perkembangan model dan desain tersebut merupakan representasi dari suatu
reaksi terhadap model-model yang mendahuluinya. Sistem hirarki suatu basis data
merupakan bagian dari perkembangan yang diciptakan untuk mengatasi kekurangan
yang ada pada sistem berorientasikan file (file-oriented). Basis data jaringan
dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan dari desain hirarki. Basis data
muncul sebagai solusi baru untuk masalah-masalah yang muncul pada desain
hirarki dan desain network dan seterusnya.
a) Middleware
Dalam
dunia teknologi informasi, terminologi middleware adalah istilah umum
dalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung,
ataupun untuk meningkatkan fungsi dari dua buah progaram/aplikasi yang telah
ada.
Perangkat
lunak middleware adalah perangkat lunak yang terletak diantara program
aplikasi dan pelayanan-pelayanan yang ada di sistim operasi.
Fungsi dari middleware
§
Menyediakan lingkungan
pemrograman aplilasi sederhana yang menyembunyikan penggunaan secara detail
pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi .
§
Menyediakan lingkungan
pemrograman aplikasi yang umum yang mencakup berbagai komputer dan sistim
operasi.
§
Mengisi kekurangan yang
terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, seperti dalam hal: networking,
security, database, user interface, dan system administration.
b)
Aplikasi
Perangkat lunak dapat dibedakan atas tiga katagori, yaitu
:
§
Personal Packaged
Software,
§
Workgroup Computing,
§
Enterprise
Applications.
Personal Packaged Software,
adalah perangkat lunak yang diintegrasikan dg PC untuk kepentingan yang personal.
Yang termasuk dalam katagori ini adalah sebagai berikut:
o
Accounting,
Communication,
o
Desktop database,
o
Desktop Publishing,
o
Graphic/Draw and Paint,
o
Graphics/presentation,
o
Information Management,
o
Games/Entertainment
Berdasarkan Workgroup Computing,
adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi workgroup (kolaborasi) dalam
suatu lingkungan kerja.
o
Messaging system:
o
Workgroup conferencing:
o
Workgroup e-forms:
o
Workgroup email:
c)
Karakter Kapasitas
untuk menghitung
karakter yang tersimpan pada harddisk berkapasitas kita lihat tabel berikut
d)
Media
Penyimpanan
Storage
adalah media penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan data yang
Diolah oleh komputer. Media penyimpanan
data ini pun dibagi kedalam 3 jenis,yaitu:
§
Media Penyimpanan Sementara (Volatile
Storage)
Media penyimpanan ini dapat menyimpan data
selama masih ada aliran listrik dan data akan hilang bila tidak ada aliran
listrik, oleh sebab itu disebut sebagai volatile. Media penyimpanan ini
memiliki keunggulan pada bagian kecepatan aksesnya yang sangat tinggi karena
menggunakan metode pengaksesan langsung. Namun media ini memiliki kekurangan,
yaitu harga yang mahal dan ukurannya yang kecil. Contoh
media penyimpanan ini adalah RAM (Random Access Memory), Cache Memory, dan
Register Memory.
§
Media Penyimpanan Permanen (Non-Volatile
Storage)
Media penyimpanan ini dapat menyimpan data
walaupun tidak ada aliran listrik yang mengalir. Bila dibandingkan dengan
volatile storage, Media penyimpanan jenis ini biasanya memiliki kapasitas yang
jauh lebih besar. Selain itu, Harga per byte-nya jauh lebih murah dibanding
volatile storage. Namun tetap saja memiliki kekurangan, yaitu kecepatan
aksesnya sangat lambat dibanding volatile storage. Keunggulan-keunggulan yang
ada harus dibayar dengan kecepatan aksesnya. Media jenis ini sebenarnya tidak
100% aman. Media jenis ini juga berpeluang untuk mengalami kerusakan yang menyebabkan
data di dalamnya hilang. Contoh dari media jenis ini
adalah tape dan disk.
§
Media Penyimpanan Stabil (Stable Storage)
Informasi yang ada dalam media ini
dianggap tidak pernah hilang. Media ini merupakan media imajiner atau media yang tidak secara fisik ada. Media ini
diimplementasikan dengan cara menyimpan data/informasi ke media penyimpanan
permanen, kemudian dilakukan penggandaan di beberapa media penyimpanan permanen
yang lain dan dikirimkan ke berbagai belahan dunia. Tujuannya adalah bila suatu
waktu suatu lokasi mengalami kegagalan, misalnya oleh bencana alam, maka data
yang berada di lokasi tersebut memiliki backup yang berada di lokasi lain.
C.
SISTEM
OPERASI
1.
Perangkat
Lunak
Sistem
Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori
komputer pada saat komputer dinyalakan.
Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan,
dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software
itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori,
skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak
perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan
dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan
umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi
Kalau
sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung
antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem
Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin
aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.
Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori,
melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada
sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem
Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang
berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta
tidak saling mengganggu.
Dalam
banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi
standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam
setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem
Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
a)
Mekanisme Boot yaitu
meletakkan kernel ke dalam memory
b)
Kernel, yaitu inti dari
sebuah Sistem Operasi
c)
Command Interpreter atau shell,
yang bertugas membaca input dari
pengguna
d)
Pustaka-pustaka, yaitu
yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh
aplikasi lain
e)
Driver untuk
berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sebagian
Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu
waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan
beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem
Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya
keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar
dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem
Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi
manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS,
sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS
Perangkat
lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat
lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan
suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan pernagkat
lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak
secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas
yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi
adalahpengolaha kata ,lembar kerja , dan pemutar media
Beberapa
aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu
paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya
adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org
yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta
beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya
memiliki antarmuka pengguna yang
memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan
menggunakan tiap aplikasi. Sering
kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain
sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan
dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja
yang terpisah.
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi
sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer,
misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software
ini diantaranya :
·
Norton Utility
·
Winzip
·
Norton Ghost
·
Antivirus
2.
Cara
Menguasai Komputer
Cara mudah menguasai
Komputer
• Membaca Buku
• Mencoba Langsung Padan suatu komputer
• Membaca Buku
• Mencoba Langsung Padan suatu komputer
D.
PERAWATAN
1.
Melakukan
Perbaikan peripheral
Pada pembahasan
ini akan dipublikasikan berbagai hal penting dalam tahap perbaikan periferal
yang diantaranya adalah sebagai berikut:
a)
Menyiapkan
perbaikan peripheral
b)
Melakukan
perbaikan peripheral
c)
Memeriksa
hasil perbaikan peripheral
2.
Menyiapkan
perbaikan peripheral
Sebelum melakukan
perbaikan periferal, maka perlu disusun langkah-langkah persiapan perbaikan,
yaitu sebagai berikut:
a)
Mempersiapkan
alat-alat bantu yang digunakan untuk perbaikan,
b)
Mendiagnosa kerusakan-kerusakan yang terjadi,
c)
Menemukan
bagaimana cara melakukan perbaiakan periferal tersebut,
d) Melakukan perbaikan periferal.
Untuk melakukan perbaikan periferal, maka dibutuhkan beberapa alat bantu atau tools-kit, yaitu sebagai berikut:
·
Obeng
·
Tang
·
Kuas
·
Kain
Kering atau Tisu dan Cairan Pembersih
·
Penyedot
Debu Mini / Vacum Cleaner.
Kegunaan dari masing-masing alat bantu perbaikan periferal yang sudah disebutkan diatas, memiliki kegunaan masing-masing diantaranya adalah sebagai berikut:
Ø
Keyboard
Ada beberapa kerusakan yang
kemungkinan terjadi pada keyboard yaitu:
§
Keyboard
tidak terdeteksi oleh PC
§
Tombol
Keyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard tertekan terus.
Langkah-langkah perbaikan pada
keyboard dapat dilakukan dengan cara-cara seperti penjelasan berikut ini:
v
Keyboard
tidak terdeteksi oleh PC
Jika terjadi halseperti tersebut
diatas, yang perlu dilakukan adalah:
- Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke CPU
- Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tepat
- Jika komputer dihidupkan kembali, dan pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan pertama adalah keyboardnya yang rusak
- Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa keyboardnya yang rusak
- Jika dengan menganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul, berarti bukan keyboard yang rusak, tetapi bisa saja port keyboard di motherboard yang rusak.
v
Tombol
keyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard terut tertekan
Hal ini mungkin disebabkan oleh
debu yang sudah menumpuk di sela-sela tombol keyboard sehingga menyebabkan
keyboard macet. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pembersihan pada keyboard.
Keyboard dapat dibersihkan dengan menyedot atau menyemprotnya dengan vacuum
cleaner atau dapat memakai kuas. Dan juga dapat dibersihkan dengan menggunakan
kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih atau alkohol. Ingat bahwa proses
pembersihan harus dilakukan pada saat komputer mati dan keyboard dilepas dari
portnya.
Ø
Mouse
Ada beberapa
kerusakan yang sering terjadi pada mouse, yaitu:
§
Mouse
tidak terdeteksi oleh PC
§
Pointer
mouse sering meloncat-loncat
Untuk memperbaiki mouse yang tidak terdetiksi dan juga
pointer mouse sering loncat-loncat, maka dapat dilakukan dengan langkah-langkah
berikut ini:
v
Mouse
tidak terdeteksi oleh PC
Untuk melakukan
perbaikan prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut:
- Matikan komputer. Cek apakah kabel mouse telah terpasang dengan benar. Jika perlu lepas dan pasangkan kembali mouse tersebut untuk meyakinkan koneksinya. Pada saat melepas dan memasang mouse, pastikan komputer dalam keadaan mati agar tidak terjadikonsleting.Setelah itu hidupkan kembali komputer.
- Apabila pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan rusaknya driver yang menghubungkan sistem dengan mouse. Untuk itu perlu melakukan pendeteksian ulang driver secara atomatis dengan windows melalui device manager. Langkahnya adalah sebagai berikut:
·
Klik kanan My Computer
pada desktop Windows
·
Pilih
Properties>>Hardware>>Device Manager
·
Klik Mouse tersebut
dengan menggunakan keyboard dengan bantuan tombol Tab.
·
Hapus drive mouse yang
lama dengan menggunakan tombol Remove
·
Setelah itu restart
ulang computer
- Jika sambungan dan driver mouse sudah benar tetapi ternyata mouse tidak terdeteksi oleh Windows, maka ada kemungkinan mouse rusak. Atau kemudian coba dengan mouse lain apakah terjadi hal yang sama. Apabila masih tetap seperti itu, berarti port PS/2 PC nya sudah rusak.
v Pointer mouse sering meloncat-loncat
Langkah memperbaikinya adalah
sebagai berikut:
- Buka penutup bola mouse dibagian bawah dengan memutarnya 900 derajat
- Keluarkan bolanya dan bersihkan dengan air hangat atau alkohol serta sikat dengan kuas, lalu keringkan
- Pada bagian dalam mouse dapat diamati adanya tiga buah roda. Dua lebar dan satu yang kecil. Kotoran yang menempel pada komponen tersebut perlu dibersihkan. Demikian juga dengan kotoran yang menempel pada gerigi dan bantalan bola. Lakukan pembersihan dengan hati-hati sehingga tidak merusak komponen-komponen didalamnya.
Ø
Fan
Beberapa masalah yang sering terjadi
pada Fan, diantaranya adalah:
v
Fan pendingin mati
v
Bunyi Fan yang berisik
Langkah-langkah memperbaiki kedua
masalah Fan diatas, dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:
- Bersihkan kotoran-kotoran yang ada didalamnya
- Lepas penutup poros fan, serta diberi sedikit pelumas supaya gerakan fan tidak ada hambatan
- Jika sambungan kabel power sudah benar dan fan sudah bersih dari kotoran tetapi masih tetap mati, maka kemungkinan besar fan sudah rusak
Untuk mengetahui dari mana asalnya suara fan tersebut,
langkah yang diambil adalah sebagai berikut:
- Matikan komputer dan buka casing komputer lalu hidupkan komputer dalam keadaan casing terbuka
- Cek apakah mungkin ada kabel yang menyangkut pada fan
- Jika ada kabel yang menyangkut pada fan, rapikanlah agar tidak mengenai fan.
Ø
Monitor
Kerusakan yang sering terjadi pada
monitor adalah:
- Monitor tidak mau menyala
- Monitor menjadi gelap saat loading windows
- Ukuran tampilan tidak sesuai dengan keinginan
- Tampilan pada monitor tampak buram
Untuk memperbaikan permasalahan yang
terjadi pada monitor ini, maka langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk
mengatasinya adalah sebagai berikut:
v
Monitor tidak mau menyala
Jika masalahnya monitor tidak menyala,
maka prosedur yang dilakukan adalah:
- Pastikan bahwa tombol power dalam keadaan ON.
- Jika lampu indikator tidak menyala, lihat kabel power baik pada monitor maupun yang ke arah autlet listrik.Pastikan bahwa pemasangan sudah benar.
- Apabila tetap tidak menyala, gantilah dengan kabel power lain.
- Jika lampu indikator pada monitor hidup dan berwarna orange atau berkedip-kedip, cek kabel video yang menghubungkan monitor dengan CPU apakah sudah terpasang dengan baik dan benar. Pastikan sudah terpasang dengan benar.
- Apabila dengan pengecekan diatas masalah ini tetap tidak teratasi berarti ada probel pada sinya video board adapter CRT.
v
Monitor
menjadi gelap saat loading windows
untuk mengatasi permasalah ini,
maka perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan sebagai berikut:
- Lakukan booting windows dalam keadaan safe mode dengan cara menekan F8 saat komputer sedang loading windows
- Lakukan instalasi ulang driver VGA Card. Setelah itu pilih jenis monitor yang cocok yang akan menentukan frekuensi maksimal yang akan ditampilkan oleh windows
- Ukuran tampilan tidak sesuai dengan keinginan
Cara
mengatasinya adalah sebagai berikut:
- Lakukan klik kanan di sembarang tempat di desktop, kemudian akan muncul beberapa menu, dan pilihlah Properties, maka akan muncul kotak dialog
- Kemudian pilihlah tab Settings, dan ubahlah resolusi sesuai dengan keingan dengan memperbesar ataupun memperkecil nilai yang ada di kotak Screen Anda, kemudian klik OK.
- Tampilan pada monitor tampak buram.
Permasalahan ini sering terjadi pada
monitor yang berusia lebih dari tiga tahun. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut, karena berhubungan komponen-komponen elektronika didalam monitor maka
akan lebih baik jika harus berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Untuk itu
perlakukan analisa sebab musabab dari permasalahan tersebut.
- Pemeriksaan Periferal
Pemerikasaan dimaksudkan untuk
mengetahui apakah perbaikan sudah berhasil atau belum. Pemeriksaan dilakukan
mulai dari pengecekan kabel, pengetesan catak printer, dan pengecekan pada
Device Manager pada komputer. Pengecekan pada device Device Manager dalakukan
dengan klik kanan My Computer>>Properties>>Hardware>>Device
Manager. Pada kotak dialog tersebut terdapat semua hardware yang terpasang pada
komputer. Apabila hardware tersebut sudah terinstal dan terpasang dengan benar,
maka tidak akan muncul tanda "!" pada harware tersebut. Apabila ada
kegagalan dalam pemasangan atau penginstalan, akan terdapat tanda "!"
pada hardware tersebut.
BAB III
Penutup
Kesimpulan
Pengolahan
Data Elektronik atau Elektronic Data Processing adalah proses manipulasi data
ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan suatu
alat elektronik yang disebut komputer.
Komputer
adalah serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan
bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah
sistem kerja yang rapi dan teliti untuk mengolah informasi menurut prosedur
yang telah dirumuskan, menerima input, mengolah input, memberikan informasi,
menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dan dapat
menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Data adalah kumpulan
kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan, penggambaran fakta, pengertian
instruksi yang dapat disampaikan dan diolah oleh manusia atau mesin yang berupa
angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data
mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih
lanjut.
Pengolahan
Data pada Komputer : Pengumpulan Data, Pengubahan Data, Penyimpanan Data,
Pembuatan Dokumen
Komponen
Dasar Komputer untuk Pengolahan Data
a.Hardware
b.Software
c.Brainware
Manfaat
Pengolahan Data : manfaat yang dapat diperoleh adalah meminimalkan kebutuhan
tenaga manusia, hal ini karena beberapa pekerjaan dilakukan secara otomatis
oleh peralatan bantuan seperti komputer
Tujuan
Pengolahan Data Untuk mengambil informasi asli
(data) dan darinya menghasilkan informasi lain dalam bentuk yang berguna
(hasil).
Fungsi
Dasar Pengolahan Data Mengambil program dan
data (masukan / input) Menyimpan program dan data serta
menyediakan untuk pemrosesan
Saran
Dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu diharapkan
makalah ini tidak berhenti di sini saja.Tetapi barang siapa yang membaca hendaklah mengerti dan memiliki keinginan untuk melanjutkan dan
memperbaikinya,tidak hanya Copy Paste
(CoPas) untuk penyampaian informasi mengenai PPDE ,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar