Jumat, 10 April 2015

MAKALAH " Pengertian Elektronik"



          BAB I
PENDAHULUAN

Pengolahan data menggunakan komputer dikenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik atau Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi. Informasi (information) adalah hasil dari pengolahan data dalam bentuk yang lebih berarti.
Jadi Pengolahan Data Elektronik atau Elektronic Data Processing adalah proses manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yang disebut komputer.
Sistem operasi adalah sebuah program yang bertindak sebagai perantara antarapemakai komputer dengan perangkat keras komputer. Dalam hal ini, pemakai komputerdapat berupa orang atau program lain atau mesin lain atau komputer lain atau apapun yang dapat berinteraksi dengan komputer.












BAB II
ISI MAKALAH
DATA ELEKTRONIK

A.      PENGENALAN DATA ELEKTRONIK
1.             Pengolahan Data Elektronik
Pengolahan data menggunakan komputer dikenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik atau Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi. Informasi (information) adalah hasil dari pengolahan data dalam bentuk yang lebih berarti.
Jadi Pengolahan Data Elektronik atau Elektronic Data Processing adalah proses manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yang disebut komputer.
Pengolahan data elektronik memiliki siklus, siklus pengolahan data elektronik terdiri dari tiga tahapan dasar yaitu : Input, Processing, Output.


 




Ø   Input : Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer
Ø   Processing : Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.  
Ø   Output : tahap ini merupakan proses yang menghasilkan output dari pengolahan data berupa informasi.

Kemudian dikembangkan lagi dengan menambahkan tiga atau lebih tahapan lagi yaitu: Origination, Storage, Distribution
Ø    Origination : tahap ini berhubungan dengan proses pengumpulan data.    
Ø   Distribution : tahap ini merupakan proses distribusi output kepada pihak yang berhak atau membutuhkan informasi.
Ø  
Storage : tahap ini merupakan tahap perekaman atau penyimpanan hasil pengolahan data. Hasil pengolahan data yang telah tersimpan di storage (simpanan luar) dapat dijadikan input untuk proses pengolahan data selanjutnya.






2.      Definisi Komputer dan Pengolahan Data
Komputer adalah serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan, menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dan dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Pada mulanya pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak hanya berhubungan dengan matematika.
Data adalah  kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan, penggambaran fakta, pengertian instruksi yang dapat disampaikan dan diolah oleh manusia atau mesin yang berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. 
·                Pengolahan data (Data Processing) adalah manipulasi pengubahan atau transformasi dari data, simbol-simbol seperti nomor dan huruf ke dalam bentuk yang lebih berguna atau lebih berarti berupa suatu informasi untuk tujuan peningkatan kegunaannya.
·                Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yg lebih berarti dari suatu kejadian. 
·                Sistem Pengolahan Data adalah adalah sistem yang melakukan pengolahan data. Contoh : sistem pengolahan data penjualan, sistem pengolahan data pegawai dll.

Pengolahan data yang diolah dengan menggunakan komputer dikenal dengan Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronik Data Processing (EDP).
Jadi Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Ø   Pengolahan Data pada Komputer
a)      Pengumpulan Data
b)      Sistem pengolahan data dirancang untuk mengumpulkan data yang menggambarkan setiap tindakan internal perusaahaan dan menggambarkan transaksinya dengan lingkungannya.
c)      Pengubahan Data
Operasi pengubahan data mencakup pengklasifikasian, penyortiran, pengkalkulasan, perekapitulasian, pembandingan
d)     Penyimpanan Data
Semua data harus disimpan disuatu tempat sampai ia diperlukan. Data tersebut disimpan dalam berbagai media penyimpanan dan file yang disimpan disebut Database
e)      Pembuatan Dokumen
Sistem pengolahan data menghasilkan output yang dibutuhkan oleh perorangan atau kelompok baik di dalam maupun luar perusahaan.

Ø   Komponen Dasar Komputer untuk Pengolahan Data
a)      Hardware
v  Keyboard
Keyboard merupakan salah satu alat input yang sering digunakan, dengan semakin berkembangnya teknologi pada PC maka keyboard juga semakin berkembang. Terdapat 4 jenis keyboard yang paling sering digunakan yaitu:
1.      Original PC atau XT keyboard (83 key)
2.      Original AT keyboard (XT + Sysreq for OS/2 + 10 function keys)
3.      101-107 key PS/2 keyboard (AT + function keys F11 dan F12)
4.      Keyboard 79, 82 key untuk Notebook (Laptop)

v  Alat penunjuk : Mouse, Trackball, Light pen, touch screen, unit remote control dll.
v  Alat Input Pengenal Suara : Speaker Dependent System
v  CPU (Central Processing Unit ).
CPU merupakan unit yang mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input menjadi output.
CPU terdiri dari:
§  Control Unit Berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan yang ada pada sistem komputer serta mengatur kapan alat input menerima data dan kapan alat output menampilkan di monitor (Instruction Cycle).
§  Arithmatic  Logical Unit (ALU) Tugas utama dari ALU melakukan perhitungan yang bersifat aritmatik serta melakukan keputusan dari operasi logika dan bit manipulation, sesuai dengan instruksi program.
§  Main storage Main memory ini merupakan tempat atau media yang digunakan untuk menyimpan data yang akan atau yang sedang diolah oleh sistem komputer. Main Storage di bagi menjadi 2 bagian ,yaitu : RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory)
v  Alat Pencetak Contoh : Printer
v  Alat Ouput Suara Contoh : Speech Output Unit (Audio Respons Unit).
v  Plotter Contoh : Flatbed plotter, Drum Plotter
v  Microform Contoh : Microfilm, Microfiche
a)      Software
Software adalah instruksi atau program untuk menjalankan sistem komputer. Software terdiri dari software sistem dan software aplikasi.
b)     Brainware
Brainware adalah manusia yang terlibat di datam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

3.             Manfaat Pengolahan Data
Dengan digunakannya pengolahan data elektronik, maka manfaat yang dapat diperoleh adalah meminimalkan kebutuhan tenaga manusia, hal ini karena beberapa pekerjaan dilakukan secara otomatis oleh peralatan bantuan seperti komputer. Keuntungan lain adalah kemampuan komputer untuk memproses data lebih besar, keakuratan yang lebih besar, kecepatan yang lebih besar, fasilitas pengendalian otomatis dan pengolahan secara serentak.
Sebagai contoh :
Pembuatan faktur Penjualan, dengan sudah dimanfaatkannya pengolahan data komputer, maka operator hanya memasukkan jumlah barang yang dipesan, karena nama pelanggan, alamat, harga sudah ada dalam database dan perhitungan total sudah kita dapatkan dari hasil proses program.
Perhitungan upah dan gaji, dengan sudah dimanfaatkannya pengolahan data komputer, operator hanya menginput banyaknya jam kerja, lembur, bonus atau komisi, hari absen, dan untuk kode pegawai, nama pegawai, gaji pokok, informasi perhitungan pajak pendapatan, neraca pinjaman dan informasi kumulatif lainnya sudah ada pada database dan program yang memprosesnya.

4.             Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
Ø   Tujuan Pengolahan Data
Untuk mengambil informasi asli (data) dan darinya menghasilkan informasi lain dalam bentuk yang berguna (hasil).
Ø   Fungsi Dasar Pengolahan Data
a)        Mengambil program dan data (masukan / input) 
b)        Menyimpan program dan data serta menyediakan untuk pemrosesan
c)        Menjalankan proses aritmatika dan logika pada data yang disimpan
d)       Menyimpan hasil antara dan hasil akhir pengolahan
e)        Mencetak atau menampilkan data yang disimpan  atau hasil pengolahan

Dalam sebuah perusahaan, bagian arsip dan pengolahan data elektronik mempunyai tugas menyusun, menghimpun, meyimpan perumusan pedoman dan petunjuk teknis, mengkoordinasikan bahan kebijakan dan penyelenggaraan pemerintahan di bidang arsip dan PDE meliputi : kearsipan, pendayagunaan sistem informasi serta pengolahan data elektronik mempunyai fungsi:
v  Penyusunan rencana program daerah di bidang pengolahan data elektronik dan kearsipan daerah. 
v  Penyusunan dan penganalisis data, pengendali data hasil rekaman serta analisis sistem aplikasi.
v  Pengendalian arus data dari satu masukan sampai data keluaran, perekaman, pengoperasian komputer, penyimpanan file data, penyediaan, dan pengamanan perangkat keras komputer. 
v  Pemberian bimbingan, pembinaan, pelayanan, pengendalian komputerisasi dan kearsipan di lingkungan Pemerintah Daerah. 
v  Pengumpulan dan pengolahan arsip in-aktif daerah
v  Pelaksanaan  penilaian dan penyerahan arsip statis daerah  kepada Arsip Nasional Republik Indonesia setelah mendapat persetujuan tertulis Menteri Dalam Negri
v  Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Asistan Tata Praja

5.             Kemampuan Sebuah Sistem Informasi Manajemen Dalam Mengolah Data 
Pengetahuan tentang potensi kemampuan sistem informasi yang dikomputerisasi akan memungkinkan seorang manajer secara sistematis menganalisis masing-masing tugas organisasi dan menyesuaikannya dengan kemampuan komputer.
Sistem Informasi Manajemen secara khusus memiliki beberapa kemampuan teknis sesuai yang direncanakan baginya. Secara kolektif kemampuan ini menyangkal pernyataan bahwa komputer hanyalah mesin penjumlah atau kalkulator yang berkapasitas tinggi, sebenarnya komputer tidak dapat mengerjakan sesuatu ia hanya mengerjakan lebih cepat. Sistem Informasi Komputer dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh diatas sistem non komputer. Kemampuan ini telah merevolusikan proses manajemen yang menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada.

Beberapa kemampuan teknis terpenting dalam sistem komputer :
§  Pemrosesan data batch
§  Pemrosesan data tunggal
§  Pemrosesan  online,real time
§  Komunikasi data dan Switching pesan
§  Pemasukan data jarak jauh dan update file
§  Pencarian record dan analisis
§  Pencarian file
§  Algoritma dan model keputusan
§  Otomatisasi kantor

B.       PERANGKAT LUNAK
1.             Perkembangan Perangkat Lunak
Segmentasi pasar perangkat lunak  membagi dalam empat kategori utama,yaitu :
Ø  Operating system
Ø  Database
Ø  Middleware
Ø  Application

a)      Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi adalah sebuah program yang bertindak sebagai perantara antara
pemakai komputer dengan perangkat keras komputer. Dalam hal ini, pemakai komputer
dapat berupa orang atau program lain atau mesin lain atau komputer lain atau apapun yang dapat berinteraksi dengan komputer.

Klasifikasi sistem operasi berdasarkan End-User Interface:
1)      Command Line Interface. Pada antarmuka ini, pengguna harus menuliskan baris-baris perintah jika ingin melakukan sesuatu. Pengguna harus hafal perintah yang digunakan serta harus paham aturan-aturan yang digunakan untuk menuliskan perintah tersebut. DOS adalah contoh sistem operasi yang menggunakan antarmuka jenis ini.
2)      Graphical User Interface (GUI). Pada antarmuka jenis ini, pengguna dapat berinteraksi dengan sistem operasi melalui cara yang mudah. Pengguna dapat mengklik tombol atau gambar untuk melakukan sesuatu. Antarmuka jenis ini menyediakan tampilan yang lebih menarik dari pada jenis antarmuka lainnya, sehingga lebih nyaman digunakan. Windows XP adalah contoh Sistem Operasi yang menggunakan antarmuka jenis ini.
3)      Menu Driven Interface. Pada antarmuka ini, pengguna cukup memilih menu-menu jika melakukan sesuatu. Antarmuka jenis ini lebih mudah dibandingkan Command Line Interface, karena pengguna tidak perlu menghafal baris perintah serta tidak perlu tahu bagaimana aturan penulisan perintahnya

Klasifikasi sistem operasi berdasarkan pangsa pasar:
1)      Sistem operasi server/network, seperti Windows NT Server, IBM AIX for RS/6000, DIGITAL UNIX, Open VMS, HP-UX, Sun Solaris, dan IBM OS/400.
2)      Sistem operasi desktop, seperti Windows 95/ Windows NT Workstation, OS/2 Wrap, MacOS, Java
3)      Sistem Operasi Handheld,seperti Windows CE,GEOS ,Magic Cap

a)      Basis Data
Secara definisi, basis data adalah koleksi data yang saling berhubungan dan memililiki arti dan terorganisir secara rapi. Data tersebut harus dapat diakses dengan urutan (order) yang berbeda-beda secara logikal dengan cara yang relatif mudah.

Suatu sistem basis data terdiri dari tiga komponen:
1.      DBMS (Database Management System)
Pengelolaan basis data secara fisik ditangani oleh sebuah perangkat
lunak (sistem) yang khusus (DBMS) yang akan menentukan bagaimana
data diorganisasi, disimpan, diubah dan diambil kembali disamping itu
juga menerapkan mekanisme pengamanan data, pemakaian data secara
bersama, keakuratan dan konsistensi data, dsb.
Contoh : - Foxbase,dBase lll +, dBase IV , Ms Access, Borland Paradox
Oracle ,syBase, dsb

2.      Data Definition Languages (DDL)
Skema basis data yang menggambarkan desain basis data secara keseluruhan dispesifikasian dengan bahas khusus yang disebut dengan Data Definition Languange. Dengan bahasa ini kita dapat membuat tabel baru,membuat indeks,mengubah tabel ,menentukann struktur penyimpanan tabel,dll

3.      Data Manipulation Languages (DML)
Merupakan bahasa dalam basis data yang digunakan untuk melakukan manipulasi dan pengambilan data pada suatu basis data. Manipulasi tersebut adalah sebagai berikut :
Penambahan data baru ke suatu basis data
Penghapusan data dari suatu basis data
Pengubahan data di suatu basis data
Pada level fisik kita harus mendefinisikan algoritma yang memungkinkan pengaksesan yang seefisien terhadap data. Untuk level yang lebih tinggi bukan hanya efisiensi akses tetapi juga efisiensi interaksi manusia dengan system.
DML ada 2 jenis,yaitu :
Prosedural
Mensyaratkan pemakai menentukan data apa yang diinginkan serta bagaimana cara mendapatkannya
Non procedural
Pemakai menentukan data apa yang diinginkan apa yang  diinginkan tanpa menyebutkan bagaimana cara mendapatkannya

Hingga saat ini terdapat lima perspektif desain basis data yang utama yang merepresentasikan suatu evolusi dari pemikiran desain. Kelima desain utama tersebut adalah sistem berorientasi file (file-oriented, sistem berdasar Hirarki, system berbasis jaringan, sistem relasional dan sistem berorientasi objek (Object-oriented)).
Perkembangan model dan desain tersebut merupakan representasi dari suatu reaksi terhadap model-model yang mendahuluinya. Sistem hirarki suatu basis data merupakan bagian dari perkembangan yang diciptakan untuk mengatasi kekurangan yang ada pada sistem berorientasikan file (file-oriented). Basis data jaringan dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan dari desain hirarki. Basis data muncul sebagai solusi baru untuk masalah-masalah yang muncul pada desain hirarki dan desain network dan seterusnya.

a)      Middleware
Dalam dunia teknologi informasi, terminologi middleware adalah istilah umum dalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupun untuk meningkatkan fungsi dari dua buah progaram/aplikasi yang telah ada.
Perangkat lunak middleware adalah perangkat lunak yang terletak diantara program aplikasi dan pelayanan-pelayanan yang ada di sistim operasi.

Fungsi dari middleware
§   Menyediakan lingkungan pemrograman aplilasi sederhana yang menyembunyikan penggunaan secara detail pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi .
§   Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi yang umum yang mencakup berbagai komputer dan sistim operasi.
§   Mengisi kekurangan yang terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, seperti dalam hal: networking, security, database, user interface, dan system administration.

b)      Aplikasi
Perangkat lunak dapat dibedakan atas tiga katagori, yaitu :
§   Personal Packaged Software,
§   Workgroup Computing,
§   Enterprise Applications.
Personal Packaged Software, adalah perangkat lunak yang diintegrasikan dg PC untuk kepentingan yang personal. Yang termasuk dalam katagori ini adalah sebagai berikut:
o    Accounting, Communication,
o    Desktop database,
o    Desktop Publishing,
o    Graphic/Draw and Paint,
o    Graphics/presentation,
o    Information Management,
o    Games/Entertainment
Berdasarkan Workgroup Computing, adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi workgroup (kolaborasi) dalam suatu lingkungan kerja.
o    Messaging system:
o    Workgroup conferencing:
o    Workgroup e-forms:
o    Workgroup email:


c)           Karakter Kapasitas
untuk menghitung karakter yang tersimpan pada harddisk berkapasitas kita lihat tabel berikut


d)          Media Penyimpanan
Storage adalah media penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan data yang Diolah  oleh komputer. Media penyimpanan data ini pun dibagi kedalam 3 jenis,yaitu:
§  Media Penyimpanan Sementara (Volatile Storage)
Media penyimpanan ini dapat menyimpan data selama masih ada aliran listrik dan data akan hilang bila tidak ada aliran listrik, oleh sebab itu disebut sebagai volatile. Media penyimpanan ini memiliki keunggulan pada bagian kecepatan aksesnya yang sangat tinggi karena menggunakan metode pengaksesan langsung. Namun media ini memiliki kekurangan, yaitu harga yang mahal dan ukurannya yang kecil. Contoh media penyimpanan ini adalah RAM (Random Access Memory), Cache Memory, dan Register Memory.
§  Media Penyimpanan Permanen (Non-Volatile Storage)
Media penyimpanan ini dapat menyimpan data walaupun tidak ada aliran listrik yang mengalir. Bila dibandingkan dengan volatile storage, Media penyimpanan jenis ini biasanya memiliki kapasitas yang jauh lebih besar. Selain itu, Harga per byte-nya jauh lebih murah dibanding volatile storage. Namun tetap saja memiliki kekurangan, yaitu kecepatan aksesnya sangat lambat dibanding volatile storage. Keunggulan-keunggulan yang ada harus dibayar dengan kecepatan aksesnya. Media jenis ini sebenarnya tidak 100% aman. Media jenis ini juga berpeluang untuk mengalami kerusakan yang menyebabkan data di dalamnya hilang. Contoh dari media jenis ini adalah tape dan disk.
§  Media Penyimpanan Stabil (Stable Storage)
Informasi yang ada dalam media ini dianggap tidak pernah hilang. Media ini merupakan media imajiner atau media yang tidak secara fisik ada. Media ini diimplementasikan dengan cara menyimpan data/informasi ke media penyimpanan permanen, kemudian dilakukan penggandaan di beberapa media penyimpanan permanen yang lain dan dikirimkan ke berbagai belahan dunia. Tujuannya adalah bila suatu waktu suatu lokasi mengalami kegagalan, misalnya oleh bencana alam, maka data yang berada di lokasi tersebut memiliki backup yang berada di lokasi lain.

C.      SISTEM OPERASI
1.         Perangkat Lunak
Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer  pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi  tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
a)              Mekanisme Boot yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
b)             Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
c)              Command Interpreter  atau  shell, yang  bertugas membaca input dari
pengguna
d)            Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
e)             Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS

Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan pernagkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalahpengolaha kata ,lembar kerja , dan pemutar media

Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org  yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka  pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
·           Norton Utility
·           Winzip
·           Norton Ghost
·           Antivirus

2.         Cara Menguasai Komputer
Cara mudah menguasai Komputer
• Membaca Buku
• Mencoba Langsung Padan suatu komputer



D.      PERAWATAN
1.         Melakukan Perbaikan peripheral
Pada pembahasan ini akan dipublikasikan berbagai hal penting dalam tahap perbaikan periferal yang diantaranya adalah sebagai berikut:
a)        Menyiapkan perbaikan peripheral
b)        Melakukan perbaikan peripheral
c)        Memeriksa hasil perbaikan peripheral

2.         Menyiapkan perbaikan peripheral
Sebelum melakukan perbaikan periferal, maka perlu disusun langkah-langkah persiapan perbaikan, yaitu sebagai berikut:
a)        Mempersiapkan alat-alat bantu yang digunakan untuk perbaikan, 
b)        Mendiagnosa kerusakan-kerusakan yang terjadi,
c)        Menemukan bagaimana cara melakukan perbaiakan periferal tersebut,
d)       Melakukan perbaikan periferal.

Untuk melakukan perbaikan periferal, maka dibutuhkan beberapa alat bantu atau tools-kit, yaitu sebagai berikut:
·           Obeng
·           Tang
·            Kuas
·           Kain Kering atau Tisu dan Cairan Pembersih
·           Penyedot Debu Mini / Vacum Cleaner.

Kegunaan dari masing-masing alat bantu perbaikan periferal yang sudah disebutkan diatas, memiliki kegunaan masing-masing diantaranya adalah sebagai berikut:
Ø   Keyboard
Ada beberapa kerusakan yang kemungkinan terjadi pada keyboard yaitu:
§   Keyboard tidak terdeteksi oleh PC
§   Tombol Keyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard tertekan terus.
Langkah-langkah perbaikan pada keyboard dapat dilakukan dengan cara-cara seperti penjelasan berikut ini:

v  Keyboard tidak terdeteksi oleh PC
Jika terjadi halseperti tersebut diatas, yang perlu dilakukan adalah:
  • Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke CPU
  • Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tepat
  • Jika komputer dihidupkan kembali, dan pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan pertama adalah keyboardnya yang rusak
  • Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa keyboardnya yang rusak
  • Jika dengan menganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul, berarti bukan keyboard yang rusak, tetapi bisa saja port keyboard di motherboard yang rusak.

v  Tombol keyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard terut tertekan
Hal ini mungkin disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk di sela-sela tombol keyboard sehingga menyebabkan keyboard macet. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pembersihan pada keyboard. Keyboard dapat dibersihkan dengan menyedot atau menyemprotnya dengan vacuum cleaner atau dapat memakai kuas. Dan juga dapat dibersihkan dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih atau alkohol. Ingat bahwa proses pembersihan harus dilakukan pada saat komputer mati dan keyboard dilepas dari portnya.
Ø   Mouse
Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mouse, yaitu:
§   Mouse tidak terdeteksi oleh PC
§   Pointer mouse sering meloncat-loncat

Untuk memperbaiki mouse yang tidak terdetiksi dan juga pointer mouse sering loncat-loncat, maka dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

v  Mouse tidak terdeteksi oleh PC
Untuk melakukan perbaikan prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Matikan komputer. Cek apakah kabel mouse telah terpasang dengan benar. Jika perlu lepas dan pasangkan kembali mouse tersebut untuk meyakinkan koneksinya. Pada saat melepas dan memasang mouse, pastikan komputer dalam keadaan mati agar tidak terjadikonsleting.Setelah itu hidupkan kembali komputer.
  • Apabila pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan rusaknya driver yang menghubungkan sistem dengan mouse. Untuk itu perlu melakukan pendeteksian ulang driver secara atomatis dengan windows melalui device manager. Langkahnya adalah sebagai berikut:
·         Klik kanan My Computer pada desktop Windows
·         Pilih Properties>>Hardware>>Device Manager
·         Klik Mouse tersebut dengan menggunakan keyboard dengan bantuan tombol Tab.
·         Hapus drive mouse yang lama dengan menggunakan tombol Remove
·         Setelah itu restart ulang computer

  • Jika sambungan dan driver mouse sudah benar tetapi ternyata mouse tidak terdeteksi oleh Windows, maka ada kemungkinan mouse rusak. Atau kemudian coba dengan mouse lain apakah terjadi hal yang sama. Apabila masih tetap seperti itu, berarti port PS/2 PC nya sudah rusak.




v  Pointer mouse sering meloncat-loncat
Langkah memperbaikinya adalah sebagai berikut:
  • Buka penutup bola mouse dibagian bawah dengan memutarnya 900 derajat
  • Keluarkan bolanya dan bersihkan dengan air hangat atau alkohol serta sikat dengan kuas, lalu keringkan
  • Pada bagian dalam mouse dapat diamati adanya tiga buah roda. Dua lebar dan satu yang kecil. Kotoran yang menempel pada komponen tersebut perlu dibersihkan. Demikian juga dengan kotoran yang menempel pada gerigi dan bantalan bola. Lakukan pembersihan dengan hati-hati sehingga tidak merusak komponen-komponen didalamnya.

Ø  Fan
Beberapa masalah yang sering terjadi pada Fan, diantaranya adalah:
v  Fan pendingin mati
v  Bunyi Fan yang berisik
Langkah-langkah memperbaiki kedua masalah Fan diatas, dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:
  • Bersihkan kotoran-kotoran yang ada didalamnya
  • Lepas penutup poros fan, serta diberi sedikit pelumas supaya gerakan fan tidak ada hambatan
  • Jika sambungan kabel power sudah benar dan fan sudah bersih dari kotoran tetapi masih tetap mati, maka kemungkinan besar fan sudah rusak
Untuk mengetahui dari mana asalnya suara fan tersebut, langkah yang diambil adalah sebagai berikut:
  • Matikan komputer dan buka casing komputer lalu hidupkan komputer dalam keadaan casing terbuka
  • Cek apakah mungkin ada kabel yang menyangkut pada fan
  • Jika ada kabel yang menyangkut pada fan, rapikanlah agar tidak mengenai fan.



Ø  Monitor
Kerusakan yang sering terjadi pada monitor adalah:
  • Monitor tidak mau menyala
  • Monitor menjadi gelap saat loading windows
  • Ukuran tampilan tidak sesuai dengan keinginan
  • Tampilan pada monitor tampak buram
Untuk memperbaikan permasalahan yang terjadi pada monitor ini, maka langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:
v  Monitor tidak mau menyala
Jika masalahnya monitor tidak menyala, maka prosedur yang dilakukan adalah:
  • Pastikan bahwa tombol power dalam keadaan ON.
  • Jika lampu indikator tidak menyala, lihat kabel power baik pada monitor maupun yang ke arah autlet listrik.Pastikan bahwa pemasangan sudah benar.
  • Apabila tetap tidak menyala, gantilah dengan kabel power lain.
  • Jika lampu indikator pada monitor hidup dan berwarna orange atau berkedip-kedip, cek kabel video yang menghubungkan monitor dengan CPU apakah sudah terpasang dengan baik dan benar. Pastikan sudah terpasang dengan benar.
  • Apabila dengan pengecekan diatas masalah ini tetap tidak teratasi berarti ada probel pada sinya video board adapter CRT.

v  Monitor menjadi gelap saat loading windows
untuk mengatasi permasalah ini, maka perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan sebagai berikut:
  • Lakukan booting windows dalam keadaan safe mode dengan cara menekan F8 saat komputer sedang loading windows
  • Lakukan instalasi ulang driver VGA Card. Setelah itu pilih jenis monitor yang cocok yang akan menentukan frekuensi maksimal yang akan ditampilkan oleh windows



  • Ukuran tampilan tidak sesuai dengan keinginan
Cara mengatasinya adalah sebagai berikut:
  • Lakukan klik kanan di sembarang tempat di desktop, kemudian akan muncul beberapa menu, dan pilihlah Properties, maka akan muncul kotak dialog
  • Kemudian pilihlah tab Settings, dan ubahlah resolusi sesuai dengan keingan dengan memperbesar ataupun memperkecil nilai yang ada di kotak Screen Anda, kemudian klik OK.
  • Tampilan pada monitor tampak buram.
Permasalahan ini sering terjadi pada monitor yang berusia lebih dari tiga tahun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena berhubungan komponen-komponen elektronika didalam monitor maka akan lebih baik jika harus berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Untuk itu perlakukan analisa sebab musabab dari permasalahan tersebut.

  • Pemeriksaan Periferal
Pemerikasaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan sudah berhasil atau belum. Pemeriksaan dilakukan mulai dari pengecekan kabel, pengetesan catak printer, dan pengecekan pada Device Manager pada komputer. Pengecekan pada device Device Manager dalakukan dengan klik kanan My Computer>>Properties>>Hardware>>Device Manager. Pada kotak dialog tersebut terdapat semua hardware yang terpasang pada komputer. Apabila hardware tersebut sudah terinstal dan terpasang dengan benar, maka tidak akan muncul tanda "!" pada harware tersebut. Apabila ada kegagalan dalam pemasangan atau penginstalan, akan terdapat tanda "!" pada hardware tersebut.

     





BAB III
Penutup
Kesimpulan
Pengolahan Data Elektronik atau Elektronic Data Processing adalah proses manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yang disebut  komputer.
Komputer adalah serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan, menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dan dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Data adalah  kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan, penggambaran fakta, pengertian instruksi yang dapat disampaikan dan diolah oleh manusia atau mesin yang berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. 
Pengolahan Data pada Komputer : Pengumpulan Data, Pengubahan Data, Penyimpanan Data, Pembuatan Dokumen
Komponen Dasar Komputer untuk Pengolahan Data
a.Hardware
b.Software
c.Brainware
Manfaat Pengolahan Data : manfaat yang dapat diperoleh adalah meminimalkan kebutuhan tenaga manusia, hal ini karena beberapa pekerjaan dilakukan secara otomatis oleh peralatan bantuan seperti komputer
Tujuan Pengolahan Data Untuk mengambil informasi asli (data) dan darinya menghasilkan informasi lain dalam bentuk yang berguna (hasil).
Fungsi Dasar Pengolahan Data Mengambil program dan data (masukan / input)   Menyimpan program dan data serta menyediakan untuk pemrosesan


Saran
Dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu diharapkan makalah ini tidak berhenti di sini saja.Tetapi barang siapa  yang membaca hendaklah mengerti  dan memiliki keinginan untuk melanjutkan dan memperbaikinya,tidak hanya Copy   Paste (CoPas) untuk penyampaian informasi mengenai PPDE ,





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah_"Berhujjah dengan Mahfum Mukhalafah"

  KATA PENGANTAR   Alhamdullilahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita semua tetapi sedikit sekali yang kita ...