KATA PENGANTAR
Segala
puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan
penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup
menyelesaikan dengan baik.
Makalah
ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “Anjungan Tunai Mandiri ”
yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di
susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri
penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan
terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya
makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah
ini memuat tentang ‘Anjungan Tunai Mandiri’ yang sangat penting bagi seseorang.
Walaupun makalah ini mungkin kurang sempurna tapi juga memiliki detail yang
cukup jelas bagi pembaca.
Semoga
makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun
makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan
kritiknya. Terima kasih.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.............................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................ ii
DAFTAR ISI.......................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN..................................................................... 1
A. Latar
Belakang ................................................................................. 1
B. Perumusan
masalah .......................................................................... 2
C. Tujuan
............................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN ...................................................................... 3
A. Pengertian
, Fungsi dan Kegunaan ATM.......................................... 3
1.1 Anjungan Tunai Mandiri ( ATM ).............................................. 3
1.2 Perbedaan
Kartu ATM dan Kartu Debit..................................... 4
1.3 Kegunaan
Mesin ATM................................................................ 4
B. Sejarah
Tentang ATM.......................................................................
2.1 Mesin
”lubang di tembok”..........................................................
2.2 Atm
Modern ...............................................................................
2.3 Dialektika
Teknologi...................................................................
2.4 Sejarah
singkat kehadiran ATM..................................................
C. Macam-macam
Perangkat pada Mesin ATM....................................
3.1 Perangkat
Keras.........................................................................
3.2 Perangkat
Lunak .......................................................................
3.2.1
Penggunaan ..................................................................
3.2.2
Alternatif penggunaan .................................................
3.2.3
Cara kerja mesin ATM..................................................
D. Karakteristik......................................................................................
E. Masalah
Yang Terjadi Pada ATM.....................................................
4.1 Pengertian
Skiming ....................................................................
4.2 Faktor-faktor
Penyebab Nonspesifik ATM.................................
4.2.1
Noise.............................................................................
4.2.2
Delay Transmisi dan Switching....................................
F. Faktor-faktor
Penyebab Spesifik ATM.............................................
5.1 Keterbatasan
Switching dan Buffer ATM..................................
5.2 Blocking
hubungan ....................................................................
5.3 Probabilitas
Terjadinya Kehilangan Dan Penyisipan Sel.............
5.4 Delay Switching.........................................................................
5.5 Error
pada Header.......................................................................
5.6 Kesalahan
Pengalokasian Bandwidth.........................................
5.7 Delay
Spesifik ATM...................................................................
G. Penanganan
Keluhan (Complain) Nasabah menggunakan
Anjungan Tunai Mandiri (ATM)......................................................
6.1 Penurunan
Kualitas Layanan Jaringan ATM...............................
H. Macam
–Macam ATM Dan Pengertianya ........................................
7.1 Atm
setor tunai ...........................................................................
7.2 Atm
Tarik Tunai Kartu Kredit\...................................................
7.3 Kemudahan
Setor dan Tarik di ATM Star BCA........................
BAB III PENUTUP...............................................................................
A. Kesimpulan
.......................................................................................
B. Keuntungan
......................................................................................
C. Kitikan
dan Saran..............................................................................
Daftar pustaka ........................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada
dasarnya, tujuan pelayanan perbankan salah satunya mempermudah nasabah dalam
melakukan transaksi. Pihak bank berusaha meningkatkan jasa pelayanan guna
mempertahankan dan meningkatkan nasabahnya. Bagi nasabah, pelayanan merupakan
suatu alasan yang paling penting bagi mereka. Nasabah dapat mempercayai suatu
bank karena pelayanan yang diberikan bank terhadap mereka, dimana masing-masing
nasabah memiliki alasan yang berbeda-beda dalam hal pelayanan.
Seiring
perkembangan teknologi perbankan, dimulai ketika nasabah melakukan transaksi
secara manual yaitu berhadapan dengan teller, hingga berkembangnya teknologi
yang memberikan kemudahan bagi nasabah melakukan transaksi dimana saja dan
kapan saja, salah satunya melalui jasa mesin pembayaran yang disebut dengan ATM
(Automatic Teller Machine) atau umumnya disebut juga Anjungan Tunai Mandiri.
Dengan
ATM, nasabah bisa melakukan transaksi keuangan dengan mudah hingga memberikan
suatu nilai tersendiri bagi nasabah yaitu nilai kepuasan terhadap layanan yang
diberikan bank. Maka ini memberikan kesempatan bagi bank untuk terus berusaha
meningkatkan pelayanan mereka dengan memajukan teknologi ATM.
Akan
tetapi kualitas pelayanan tidak hanya dilihat pada adanya ATM dalam membayar
transaksi keuangan, tetapi juga sudah mulai dengan tingkat kemajuan teknologi
yang dicapai bank, kondisi bangunan dan ruang tempat mesin ATM yang memberikan
rasa nyaman dan aman, serta dengan peningkatan sarana fasilitas seperti fitur-fitur
yang bermanfaat guna menunjang kemudahan dalam bertransaksi.
Maka
dari itu, pihak Bank Indonesia melakukan suatu upaya dalam meningkatkan tingkat
kualitas pelayanan mereka. Salah satu upaya strategi yang dilakukan Bank
Indonesia untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan kepuasan bagi nasabahnya
yaitu dengan pelayanan ATM yang merupakan sebuah produk perbankan elektronik
yang berperan sebagai teller. Fungsi teller yaitu penyetoran dan penarikan
dana. Saat ini jasa ATM yang diberikan yaitu memudahkan dalam bertransaksi
seperti menarik dana dari bank tanpa perlu mengantri di kantor bank yang
bersangkutan. Pada awalnya fungsi ATM yaitu menarik dana dan pengecekan saldo.
Lalu Bank Indonesia melakukan kerjasama dengan bank-bank lain dan pihak
penyedia jasa lainnya, maka fungsi ATM mulai berkembang yaitu : tarik tunai,
transfer rekening antar rekening bank, cek saldo, pembayaran kredit, telepon,
listrik dll.
B.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan
dari latar belakang diatas, maka permasalahan yang akan dikemukakan dalam
skripsi ini adalah :
1. Bagaimana
bentuk layanan jasa yang diberikan oleh Bank terhadap penggunaan Automated
teller machine (ATM)?
2. Bagaimana
Tanggung Jawab Bank kepada Nasabah Bank terhadap risiko-risiko dalam penggunaan
ATM?
3. Bagaimana
Perlindungan hukum terhadap nasabah bank dalam transaksi melalui ATM dikaitkan
dengan beberapa aturan hukum di Indonesia?
C.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui bentuk layanan yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah
pemegang kartu ATM.
2. Untuk
mengetahui pertanggungjawaban yang dapat diberikan oleh bank berkenaan dengan
kerugian yang diderita nasabah bank pengguna ATM dalam melakukan transaksi,
baik yang disebabkan oleh kesalahan manusia maupun karena kerusakan mesin.
3. Untuk
menambah pengetahuan dan pemahaman nasabah tentang perlindungan hukum terhadap
pemegang kartu ATM bila tejadi permasalahan dengan pihak Bank dikemudian hari.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
, Fungsi dan Kegunaan ATM
Bagi
kamu yang sudah mempunyai tabungan di bank entah itu bank milik pemerintah atau
milik swasta tentunya kenal dengan kartu ATM, karena pada saat pertama kali
membuka tabungan atau membuka rekening di suatu bank akan dijelaskan oleh
bagian Customer Service nya mengenai produk dan layanan yang disediakan oleh bank
tersebut, dan salah satunya adalah ATM. Tapi terkadang Customer Service tidak
menjelaskan secara rinci apa itu ATM, calon nasabah pun kadang juga malu jika
bertanya lebih detail apa itu ATM. Bagi kamu yang ingin tahu lebih rinci
mengenai kartu ATM, dibawah ini akan dijelaskan secara rinci apa itu pengertian
ATM.
Pengertian
ATM. ATM dalam bahasa inggris dikenal dengan Automatic teller machine, atau
dalam bahasa Indonsia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. ATM merukan alat
elektronik yang diberikan oleh bank yang kepada pemilik rekening yang dapat
digunakan untuk bertransaksi secara elektronis seperti mengecek saldo,
mentransfer uang dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilayani
seorang teller. Setiap pemegang kartu diberikan PIN (personal identification
number), atau nomor pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam
penggunaan ATM.
Asynchronous
Transfer Mode atau Mode Transfer Asinkron (disingkat ATM) adalah nama sebuah
jaringan khusus. ATM merupakan sebuah teknologi lapisan 2, yang dapat digunakan
oleh siapa saja, namun sekaligus merupakan sebuah jaringan publik sebagaimana
halnya Internet, dengan sistem pengalamatan yang dikelola secara rapi, sehingga
setiap perangkat di dalam jaringan dapat memiliki sebuah identitas yang unik.
1.1 Anjungan Tunai Mandiri ( ATM )
Adalah : Mesin yang menggunakan sistem
komputerisasi dan digunakan untuk menabung, mengambil uang tunai, mentransfer
dana dan lainnya. Mesin ini ON menggunakan kartu mekanik yang diterbitkan oleh
bank dengan kode dan mengikuti perintah yang berlaku di setiap mesin.
1.2 Perbedaan Kartu ATM dan Kartu Debit
Lalu apa beda kartu ATM dengan kartu
Debit. Yang membedakan adalah cara penggunannya. Jika digunakan untuk
bertransksi di mesin ATM, maka kartu tersebut dikenal sebagai kartu ATM, tapi
jika digunakan untuk bertransaksi pembayaran dan pembelanjaan non-tunai dengan
menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture), maka kartu tersebut dikenal
sebagai Kartu Debit.
Untuk kartu Debit selain otorisasi
dengan PIN, dimungkinkan pula otorisasi dengan tanda tangan seperti halnya
Kartu Kredit. Batas (limit) transaksi Kartu Debit dan Kartu ATM tergantung dari
jenis kartu yang anda miliki. Umumnya terdiri dari limit jumlah dan frekuensi
transaksi, baik untuk penarikan tunai, belanja, transfer.
1.3 Kegunaan Kartu ATM
Kartu Debit dan Kartu ATM berguna
sebagai alat bantu untuk melakukan transaksi dan memperoleh informasi perbankan
secara elektronis.
Jenis transaksi yang tersedia antara
lain:
1. Penarikan
tunai
2. Setoran
tunai
3. Transfer
dana
4. Pembayaran
5. Pembelanjaan
Jenis
informasi yang tersedia antara lain:
·
Informasi
saldo
·
Informasi kurs.
ATM
sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat
perbelanjaan, bandar udara, pasar, dan kantor-kantor bank itu sendiri. ATM
terdiri dari beberapa perangkat yaitu :
1. Perangkat
Keras
2. Perangkat
Lunak
3. Penggunaan
4. Alternatif
Penggunaan
B.
SEJARAH
TENTANG ATM
ATM
(bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated
Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank
untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani
oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan
penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.
ATM
sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat
perbelanjaan, ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine)
sebagaimana pada penemuan teknologi lain, penemuan ATM juga didasarkan pada
karya sejumlah penemu. Di sini kita harus menyebut sedikitnya tiga nama, yakni
Luther Simjian,
John Shepherd-Barron, dan Don Wetzel.
Seperti
ditulis Mary Bellis di About.com, pada tahun 1939 Simjian mematenkan satu
prototipe awal ATM yang kemudian terbukti kurang sukses. Ada juga yang
berpendapat, orang Skotlandia bernama James Goodfellow adalah pemegang paten
paling awal (1966) ATM modern dan John D White (dari Docutel) di Amerika
Serikat juga sering disebut sebagai penemu desain ATM tegak mandiri (free
standing) pertama.
Tahun
1967, John Shepherd-Barron menemukan dan memasang sebuah ATM di satu Bank
Barclays di London. Setahun kemudian (1968), Don Wetzel menemukan ATM buatan
Amerika. ATM baru menjadi bagian penting perbankan mulai dekade 1980-an.
2.1 Mesin ”lubang di tembok”
Dari kilasan riwayat di atas, orang
mengakui Simjian adalah sosok yang mendapat ide untuk menciptakan apa yang
disebut sebagai ”mesin lubang di tembok” yang memungkinkan nasabah melakukan
transaksi finansial.
Pada tahun 1939, Simjian mengajukan 20
paten terkait dengan penemuan ATM dan melakukan uji coba lapangan terhadap
mesin temuannya di bank yang kini dikenal sebagai Citicorp. Hanya saja, setelah
enam bulan, bank tempat uji coba melaporkan bahwa yang tertarik pada mesin itu
sedikit saja sehingga penggunaannya pun dihentikan.
Riwayat hidup Luther Simjian (1905-1997)
juga tak kalah menarik. Penemu kelahiran Turki, 28 Januari 1905, ini belajar
ilmu kedokteran, tetapi yang jadi minat sepanjang hidupnya adalah fotografi.
Tahun 1934, Simjian pindah ke New York.
Kini, Simjian dikenal sebagai penemu
Bankmatic ATM meski penemuan besar pertamanya yang bernilai komersial adalah
terkait dengan kamera.
2.2 ATM Modern
Dari riwayat di atas kita tahu bahwa
lebih dari seperempat abad setelah kegagalan mesin Simjian, muncul mesin yang
dipelopori oleh John Shepherd-Barron yang kemudian dianugerahi bintang Order of
the British Empire tahun 2005. Mesin ini menerima voucher sekali pakai dan
mengeluarkan amplop yang berisi uang 10 pound.
Adapun nomor pengenal diri (personal
identification number/PIN) yang kita kenal sekarang ini mulai muncul pada karya
James Goodfellow. PIN dimaksudkan untuk membatasi akses ke akun nasabah. Sebelum
tiba pada PIN, Goodfellow sempat menjajaki metode identifikasi lain, termasuk
sidik jari, pengenalan suara, dan pola retina (Melihat riwayat ini, PIN menjadi
pilihan. Namun, kini PIN justru dilihat sebagai salah satu titik rawan).
Lalu apa sumbangan Donald Wetzel? Ahli
dari Docutel Corp yang berbasis di Texas ini mengembangkan ATM berjaringan
pertama, yang dikenal sebagai Docuteller, tahun 1968. Tahun 1969, Chemical Bank
of New York mulai menggunakan teknologi ini, yang lalu dipatenkan pada tahun
1973.
Apabila
tahun 2006 sudah 1,5 juta mesin ATM digunakan di seluruh dunia, kini dengan
industri perbankan yang makin meluas dipastikan jumlah ATM sudah meningkat
pesat.
Hanya saja, meluasnya penggunaan ATM
disertai pula dengan berkembangnya kejahatan. Pembajakan identitas nasabah yang
dikenal dengan skimming, oleh pakar pencurian identitas, Robert Siciliano,
dalam artikelnya (9/9/2009, Goodreads Inc) menjadi salah satu kejahatan dalam
industri keuangan yang berkembang paling cepat. Laporan Asosiasi Industri ATM
melaporkan, di seluruh dunia setiap tahunnya ada kehilangan senilai 1 miliar
dollar AS dari penyalahgunaan kartu kredit dan kejahatan elektronik terkait
dengan ATM.
Skimming dapat terjadi melalui sejumlah
cara. Yang paling umum adalah ketika penjaga toko mengambil kartu pelanggan dan
menggeseknya dengan alat yang mengopi informasi dari lajur magnetik kartu.
Pencuri juga bisa mengopi data pada kartu kosong atau kartu ”putih”.
Di ATM tanpa penjagaan, alat pencuri
identitas ini bisa terpasang tanpa disadari oleh nasabah bank. Selain alat yang
disebut skimmer ini, ada pula kamera tersembunyi.
2.3 Dialektika Teknologi
Pada era yang diliputi pelbagai
tantangan ini, pihak bank tentu saja wajib meningkatkan pengamanan ATM. Namun,
di pihak nasabah, peningkatan kewaspadaan pun harus menjadi sikap baru.
Di ATM, nasabah harus mengamati apakah
ada alat skimming yang biasanya menonjol (lebih besar sedikit) dari selot
normal. Manakala melihat ada hal yang mencurigakan, nasabah sebaiknya
mengurungkan penggunaan ATM dan melapor kepada otoritas terkait.
Sambil menunggu lahirnya kartu baru
berteknologi chip yang lebih aman, yang sering disebut sebagai smart card,
pengguna ATM kini dihadapkan pada tantangan baru. Tantangan ini muncul karena
rupanya alat skimming dewasa ini dijual secara leluasa.
Inilah risiko pemanfaatan teknologi.
Apakah dengan itu lalu orang harus kembali ke transaksi di era pra-ATM?
Jawabnya tentu ”tidak”. Namun, sikap baru saksama dan rajin membaca literatur
untuk memahami cara pengamanan harus menyertai pemanfaatan teknologi modern
saat ini.
2.4 Sejarah Singkat Kehadiran ATM
Dulu, mesin-mesin ATM belum bisa
terhubung dengan bank secara online. Pasalnya, bank-bank masih amat sangat
selektif dalam memilih nasabah yang bisa menikmati layanan ATM.
Apa yang akan Anda lakukan jika harus
antre saat melakukantransaksi di kantor cabang bank? Menunggu dengan sabar
sembari menonton televisi yang terpampang dalam ruangan? Atau merasa kesal
karena waktu Anda terbuang untuk berlama-lama menemui seorang teller?
Adalah Donald C. Wetzel, ilmuan asal
Amerika Serikat ini, kehilangan rasa sabarnya menunggu giliran dalam antrean
panjang di sebuah kantor cabang bank. Ia lantas menemukan ide pengembangan
mesin untuk nasabah melakukan transaksi.
Ide cemerlangnya itu bermula pada 1968,
yang kemudian dikenal dengan nama automatied teller machine (ATM). Bagi Wetzel,
ide mesin ATM itu ditujukan untuk menggantikan fungsi teller dalam melayani
transaksi nasabah.
Tepat pada 2 September 1969, mesin ATM
Wetzel untuk pertama kalinya digunakan secara komersial oleh Chemical Bank, New
York. Saat itulah industri perbankan di dunia mengenal mesin ATM modern pertama
yang menggunakan kartu plastik ber-strip magnetik dan sukses diterima bank-bank
di Amerika Serikat.
Namun, mesin ATM Wetzel bukanlah yang
pertama saat itu. Cikal bakal ATM itu sudah diperkenalkan sejak 1939 oleh
Luther George Simjian. Sayangnya, pihak bank waktu itu masih tidak bisa
menerima pemikian bahwa sebuah mesin dapat menggantikan pekerjaan manusia
melayani nasabah.
Bahkan, permintaan mesin ATM kala itu
masih sangat kecil. Alhasil, ATM temuan Simjian itu tidak sukses dipasaran.
Karena faktor itulah, Smithsonian’s
National Museum of American History, lebih memilih mencatat nama Donald Wetzel
sebagai penemu ATM. Apalagi, pada 1973, dari total 2.000 ATM yang beroperasi di
Amerika Serikat, sebagian besar adalah model buatan Docutel—perusahaan tempat
Wetzel bekerja.
Dulu, mesin-mesin ATM belum bisa
terhubung dengan bank secara online. Pasalnya, bank-bank masih amat sangat selektif
dalam memilih nasabah yang bisa menikmati layanan ATM. (*)
Baru pada 1974, perusahaan bernama
Diebold asal Amerika Serikat, berhasil mengaplikasikan ATM yang langsung
terhubung secara online dengan bank, sehingga mesin ini makin bisa memenuhi
permintaan industri perbankan.
C.
Macam-macam
Perangkat pada Mesin ATM
3.1 Perangkat Keras
ATM
biasanya terdiri dari perangkat berikut:
Ø CPU
(untuk mengontrol antarmuka pengguna dan perangkat transaksi)
Ø Pembaca
Magnetik dan/atau Chip kartu (untuk mengidentifikasi pelanggan)
Ø Papan
ketik PIN (mirip dalam tata letak papan kunci touchpad atau kalkulator), sering
diproduksi sebagai bagian rangka yang aman.
Ø Kriptoprosesor
Aman, umumnya dalam bagian rangka yang aman.
Ø Monitor
(digunakan oleh pelanggan untuk melakukan transaksi).
Ø Tombol
fungsi (biasanya dekat dengan layar) atau layar sentuh (digunakan untuk memilih
berbagai aspek transaksi).
Ø Mesin
pencetak rekam (untuk menyediakan pelanggan dengan catatan transaksi mereka).
Ø Ruang
penyimpanan (untuk menyimpan bagian-bagian mesin yang membutuhkan akses
terbatas).
Ø Housing
(untuk estetika dan untuk melampirkan tanda tangan).
Karena tuntutan komputasi lebih
berat dan jatuhnya harga arsitektur mesin seperti-Personal Computer, ATM sudah
beralih dari arsitektur perangkat keras kustom menggunakan mikrokontroler
dan/atau aplikasi-spesifik sirkuit terpadu untuk mengadopsi arsitektur
perangkat keras dari sebuah Personal Computer, seperti, koneksi USB untuk
peripheral, Ethernet dan komunikasi IP, dan menggunakan sistem operasi komputer
pribadi. Meskipun tidak diragukan lagi lebih murah untuk menggunakan perangkat
keras komersial "diluar cangkang", hal ini membuat ATM berpotensi
rentan terhadap jenis masalah yang sama ditunjukkan oleh Personal Komputer
konvensional.
3.2 Perangkat Lunak
Sebuah mesin ATM Wincor Nixdorf
menjalankan Windows 2000.
Dengan
migrasi ke komoditas perangkat keras Personal Computer, sistem operasi standar
komersial "diluar cangkang", dan lingkungan pemrograman dapat
digunakan di dalam ATM. Platform Khas sebelumnya digunakan dalam pengembangan
ATM termasuk RMX atau OS/2.
Pada saat ini sebagian besar ATM
di seluruh dunia menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, terutama Windows
XP Professional atau Windows XP Embedded. Sejumlah kecil penyebaran dapat masih
menjalankan versi Windows OS seperti Windows NT, Windows CE, atau Windows 2000.
Linux juga menemukan beberapa penerimaan
di pasar ATM. Contoh dari hal ini adalah Banrisul, bank terbesar di selatan
dari Brasil, yang mengganti sistem operasi MS-DOS di ATM nya dengan Linux.
Banco do Brasil juga me-migrasikan ATM-nya ke
Linux.
Dengan terjadinya sistem operasi Windows
dan XFS di ATM, aplikasi perangkat lunak yang memiliki kemampuan untuk menjadi
lebih cerdas. Hal ini telah menciptakan generasi baru ATM aplikasi yang umum
disebut sebagai aplikasi diprogram. Jenis aplikasi ini memungkinkan sebuah host
yang sama sekali baru teraplikasi di mana terminal ATM dapat melakukan lebih
dari hanya sekedar berkomunikasi dengan switch ATM. Sekarang sedang
diberdayakan untuk terhubung ke server konten lain dan sistem video perbankan.
Perangkat lunak ATM terkemuka yang
beroperasi pada platform XFS diantaranya Triton PRISM, Diebold Agilis EmPower,
NCR APTRA Edge, Absolute Systems AbsoluteINTERACT, KAL Kalignite, Phoenix Interactive
VISTAatm, dan Wincor Nixdorf ProTopas.
3.2.1
Penggunaan
Menggunakan ATM, pelanggan dapat
mengakses akun bank mereka untuk membuat penarikan, uang tunai melalui kartu
debit, dan memeriksa saldo rekening mereka serta membeli kredit ponsel prabayar
. Jika mata uang yang ditarik dari ATM berbeda dengan rekening bank dalam mata
uang (misalnya: Penarikan Yen Jepang dari rekening bank berisi Dolar AS), uang
tersebut akan dikonversi pada nilai tukar resmi pasar. Dengan demikian, ATM
sering memberikan salah satu kemungkinan harga tukar terbaik resmi untuk
wisatawan asing, dan juga banyak digunakan untuk tujuan ini.
3.2.2
Alternatif
Penggunaan
Mesin ATM dengan berbagai fungsi di
Korea Selatan.
Meskipun
ATM awalnya dikembangkan hanya sebagai dispenser uang tunai, alat ini
telah
berkembang untuk memasukkan banyak fungsi-bank lainnya yang terkait. Di
beberapa negara, khususnya yang memanfaatkan jaringan ATM lintas-bank
terintegrasi (misalnya: Multibanco di Portugal), ATM mencakup banyak fungsi
yang tidak berkaitan langsung dengan pengelolaan rekening bank sendiri,
seperti:
Ø Pengakuan
deposit mata uang, penerimaan, dan daur ulang
Membayar tagihan rutin:
Ø Utilitas/kebutuhan
rumah tangga (televisi kabel, PAM, dsb.)
Ø Tagihan
telepon
Ø Tagihan
listrik
Ø Asuransi
Ø Pajak
Ø Mencetak
rekening koran
Ø Memperbarui
buku tabungan
Ø Memuat
nilai uang ke Kartu Prabayar
Membeli:
Ø Perangko
Ø Tiket
undian
Ø Tiket
transportasi (kereta, pesawat, dsb)
Ø Tiket
konser
Ø Tiket
bioskop
Ø Pulsa
telepon seluler
ATM berbeda dalam beberapa hal dari
teknologi data link lain yang lebih umum seperti Ethernet. Sebagai contoh, ATM
tidak melibatkan routing. Komponen perangkat keras yang disebut ATM Switch
membentuk koneksi point to point antara kedua ujung transmisi, dan data
mengalir langsung dari sumber ke tujuan. ATM tidak menggunakan paket dengan
panjang yang berubah-ubah, tetapi menggunakan sel berukuran tetap.
3.2.3
Cara
Kerja Mesin ATM
Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah
tidak asing lagi dengan nama ATM (Automatic Teller Machine), apalagi bagi
masyarakat yang tinggal di perkotaan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat
saat ini transaksi apapun dapat dilakukan melalui ATM, mulai dari penarikan
tunai, transfer, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, bahkan setoran tunai
maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM. Nah, tahukah kamu bagaimana cara
kerja sebuah mesin ATM? Yuk kita baca penjelasan selanjutnya…
Apakah dalam bayanganmu didalam ATM itu
ada orang yang duduk, dan kalau ada yang mau ambil uang dihitung dulu setelah
itu dikeluarkan kemudian diberi bukti penarikan? Tentu saja tidak seperti itu.
Sebenarnya komponen ATM itu terdiri dari kotak ATM, tombol angka, layer monitor
dan kamera (optional), yang biasa nampak dari luar. Sedangkan didalamnya
terdiri dari satu unit computer CPU, key board, modem, kota uang, printer kecil
dan card reader.
Cara kerja mesin ATM sangat sederhana
dan mudah. Jika kamu ingin bertransaksi menggunakan ATM, kamu hanya tinggal
memasukkan kartu ATMmu ke dalam mesin. Setelah kartu ATM dimasukkan kedalam
mesin, maka kartumu akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam
mesin. Fungsi dari magnetic card reader adalah sebagai pembaca dan penerima
data. Setelah data dibaca, lalu data tersebut dikirim ke sistem komputerisasi
bank.
Saat mesin berhasil membaca data dalam
kartu ATM mu, maka mesin akan meminta nomor PIN (Personal Identification
Number). PIN ini tidak terdapat di dalam kartu ATM melainkan kamu harus
memasukkannya sendiri. Jadi jangan sampai lupa nomor PIN mu yah. Kemudian
setelah kamu memasukkan PIN, maka data PIN tersebut akan diacak (di-encrypt)
dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerasi di bank yang
bersangkutan. Pengacakan data PIN ini dimaksudkan agar data-datamu tidak bisa
terbaca oleh pihak lain.
Setelah data-datamu selesai diproses di
sistem komputer bank, maka data-datamu akan dikirim kembali ke ATM. Dan kamu
akan mendapatkan apa yang kamu minta di mesin ATM tersebut seperti uang tunai,
cek saldo, transfer tunai, dan sebagainya.
Pada sebuah kartu ATM terdapat garis
yang dinamakan Magnetic Chip. Magnetik Chip tersebut mempunyai fungsi sebagai
sensor pendeteksi identitas pemilik kartu ATM. Magnetic Chip sangat sensitif
dengan berbagai keadaan, contohnya apabila Magnetic Chip tergesek oleh sebuah
benda maka Magnetic Chip tersebut akan kehilangan fungsinya.
Ada dua hal penting yang harus dijaga
agar transaksimu di ATM aman, yaitu: Kartu ATM dan PIN. Kedua perangkat ini
saling berhubungan erat, sehingga kamu harus selalu ingat nomer PIN mu dan
menjaga agar kartu ATM mu tidak hilang. Oh iya, untuk menjaga keamanan, jangan
pinjamkan Kartu ATMmu kepada orang lain untuk kepentingan apapun. Simpanlah
Kartu ATMmu pada tempat-tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau orang lain.
D.
Karakteristik
Teknologi ATM menawarkan dua
karakteristik yang memperbaiki tingkat kecepatan transfer data. Pertama,
besarnya paket yang dikomunikasikan menjadi lebih kecil jika dibandingkan
dengan protokol-protokol untuk sistem telepon, sehingga memungkinkan
paket-paket dari pengguna yang berbeda yang melewati jaringan pada waktu yang
bersamaan dapat dikelompokkan secara merata.Karakteristik ATM yang kedua adalah
mengingkatnya kecepatan, dari 25 hingga 155 Mbps. Bahkan, peralatan ATM dapat
menggabungkan 16 saluran menajadi satu untuk menghasilkan kecepatan transfer
hampir sebesar 2,5 juta bit per detik.
Sistem kerja bank ( bank employment
system ) : Prinsipnya, bank bekerja untuk menghimbun dana
dari masyarakat/corporat (disebut dana pihak ketiga) untuk kemudian
disalurkan dalam bentuk kredit ke masyarakat/corporat. Sebagai kompensasi bagi
pihak ketiga yang menempatkan dana di bank, bank memberikan kompensasi berupa
bunga kepada pemilik dana. Demikian pula ketika bank menyalurkan kredit, maka
bank menarik bunga atas dana yang dikreditkan. Nah, agar bank dapat membiayai
operasionalnya, maka bunga yang diberikan terhadap dana simpanan tidak boleh
lebih tinggi dari dana yang disalurkan sebagai kredit. Selisih bunga kredit
diatas bunga simpanan disebut spread. Biasanya spread ini berkisar antara 4-8%
per tahun.
Lalu, Bagaimana Bank memperoleh
keuntungannya dari nasabah (How Banks derive profits from the customer )
?(gimana perputaran uang nasabah yang dalam jumlah besar itu berputar
Sumber pendapatan Bank ada 2 yaitu :
·
Pendapatan Bunga, (Net Intereset
Margin), yaitu selisih antara jumlah seluruh penghasilan bunga yang
diperoleh bank selama masa tertentu dengan jumlah beban bunga yang harus mereka
tanggung selama periode yang sama.
·
Free Bace Income, yaitu pendapatan
dari berbagai jasa yang diberikan oleh bank. Misalnya: biaya transfer antar
rekening. Biaya administrasi tabungan dan ATM, SMS banking, Internet banking,
biasa penyaluran kredit, dan sebagaiNya.
Bila
kita bandingkan sistem bank dulu dengan bank sekarang, dapat kita temukan bahwa
bank sekarang banyak bekerjasama dengan pihak perusahaan asuransi dan investasi
untuk keuntungan bersama dan meringankan beban periklanan demi meningkatkan
efisiensi dan efeksitas kinerja bank.
Untuk
kita ketahui, Fungsi utama dari bank adalah menyediakan jasa menyangkut
penyimpanan nilai dan perluasan kredit. Bank berEvolusi dari fungsi awal saat
pertama kali mendapat istilah bank, bank berawal dari awal tulisan dimana
kegiatanNya sekedar simpan dan pinjam seperti koperasi dimana kegiatan ini
tersimpan dalam sebuah catatan transaksi, dan berlanjut sampai sekarang, dimana
bank sebagai institusi keuangan yang menyediakan jasa keuangan. Sekarang ini
bank adalah institusi yang memegang lisensi bank. Lisensi bank diberikan oleh
otoriter supervisi keuangan dan memberikan hak untuk melakukan jasa perbankan
dasar, seperti menerima tabungan dan memberikan pinjaman (*sedikit rumit
dimengerti alur evolusi bank). Jasa bank sangat penting dalam pembangunan
ekonomi suatu negara.
Jasa perbankan pada umumnya terbagi atas dua
tujuan, yaitu :
·
Sebagai penyedia mekanisme dan alat
pembayaran yang efesien bagi nasabah. Untuk ini, bank menyediakan uang tunai,
tabungan, dan kartu kredit. Ini adalah peran bank yang paling penting dalam
kehidupan ekonomi. Tanpa adanya penyediaan alat pembayaran yang efesien, maka
barang hanya dapat diperdagangkan dengan cara barter yang memakan waktu.
·
Dengan menerima tabungan dari nasabah
dan meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan dana, berarti bank
meningkatkan arus dana untuk investasi dan pemanfaatan yang lebih produktif.
Bila peran perbankan ini berjalan dengan baik, ekonomi suatu negara akan
meningkat.
Tanpa
adanya arus dana ini, uang hanya berdiam di saku seseorang, orang tidak dapat
memperoleh pinjaman dan bisnis tidak dapat dibangun karena mereka tidak
memiliki dana pinjaman.
Eksistensi
perbankan dalam suatu negara akan sangat dipengaruhi oleh kemampuannya membaca
perubahan-perubahan di lingkungan eksternalnya, baik pada lingkup nasional
maupun internasional.
E.
Masalah
Yang Terjadi Pada ATM
4.1 Pengertian Skiming
Skiming adalah Salah satu kasus
kejahatan berkaitan dengan ATM adalah skimming. Nasabah dari sejumlah bank
tiba-tiba terpotong saldo tabungannya, padahal mereka tidak melakukan transaksi
pengambilan uang. Dalam kegiatan skimming, data pada kartu magnetik ATM disalin
kemudian dituliskan kembali pada kartu magnetik kosong. Sehingga kartu ATM asli
dan kartu yang sudah ditulis datanya menjadi identik. Kartu kloning inilah yang
dapat berfungsi seperti kartu ATM asli. Namun bagaimana para penjahat ini dapat
mengambil uang nasabah dengan kartu baru ini jika tidak mengetahui nomor PIN?
Untuk bertransaksi di ATM, selain
menggunakan kartu, seorang nasabah juga harus memasukkan nomor PIN. Maka, untuk
mendapatkan nomor PIN nasabah, kamera pengintai diletakkan di posisi yang tepat
di sekitar ATM sehingga angka yang dimasukkan nasabah saat bertransaksi dapat
terlihat. Selain itu, beberapa penjahat menggunakan cara tradisional dengan
mengintip saat nasabah memasukkan nomor PIN. Dengan metode tersebut, berarti
penjahat telah memiliki kartu ATM hasil kloning yang berisi data yang sama
dengan kartu ATM asli milik Anda dan nomor PIN yang tepat, sehingga mereka bisa
bertransaksi dengan menggunakan rekening Anda. Akibatnya, bila mereka mengambil
uang dari rekening Anda, berarti uang Anda di bank berkurang.
4.2 Faktor-faktor Penyebab Nonspesifik
ATM
4.2.1
Noise
Dalam sistem komunikasi, keberhasilan
tergantung pada seberapa akurat penerima bisa menerima sinyal yang
ditransmisikan oleh pengirim. Dan sebagian besar kesalahan pengiriman informasi
dalam sistem komunikasi disebabkan oleh noise. Istilah noise digunakan dalam
sistem komunikasi untuk menyatakan sinyal yang tidak dikehendaki yang menyertai
sinyal pesan. Sinyal yang tidak dikehendaki ini bisa timbul dari berbagai
sumber yang dapat diklasifikasikan ke dalam dua golongan, yaitu noise buatan
manusia (man-made noise) dan noise alami (naturally noise). Beberapa jenis
noise yang terdapat dalam sistem komunikasi digital di antaranya adalah thermal
noise, shot noise, flicker noise, transient noise (sporadic noise), dan noise
kuantisasi. Thermal noise merupakan suatu fenomena noise yang berhubungan
dengan suhu material. Semakin tinggi suhu komponen, daya noise akan semakin
besar. Shot noise disebabkan oleh aliran elektron yang terutama terjadi pada
komponen aktif. Shot noise memperbesar daya noise. Flicker noise berkaitan
dengan ketidakteraturan hubungan dan permukaan pada katoda semikonduktor, dan
kehadirannya disebabkan oleh terjadinya fluktuasi konduktivitas medium. Flicker
noise memperbesar daya noise sebanding dengan panjang gelombang. Trsnsient
noise ditimbulkan oleh sebab-sebab alami seperti petir dan sebab-sebab buatan
manusia seperti sistem pengapian, sistem saklar, dan relai. Salah satu jenis
transient noise yang paling sering terjadi adalah impulse noise. Transient
noise dapat menyebabkan kesalahan dalam sinkronisasi. Noise kuantisasi timbul
pada saat proses pengubahan sinyal analog menjadi sinyal digital akibat
pembulatan level sinyal kontinyu ke harga-harga yang diskrit dan terutama
dirasakan pada sinyal yang memiliki level rendah. Noise kuantisasi menyebabkan
timbulnya kesalahan dalam regenerasi sinyal. Batas noise yang diizinkan
biasanya ditentukan oleh perbandingan antara daya sinyal informasi dengan daya
noise yang masuk ke dalam suatu sistem komunikasi atau biasa dikenal dengan
signal to noise ratio (SNR atau S/N). Dalam sistem komunikasi digital di mana
informasi yang dikirim berupa bit-bit data, dikenal juga perbandingan antara
energi sinyal tiap bit (energi bit) terhadap daya noise (Eb/No). Pada ATM, bit
error yang terjadi dalam sel juga disebabkan oleh noise-noise di atas. Bit
error yang terjadi pada bidang header menyebabkan terjadinya kesalahan
pengalamatan sel sehingga buffer pada sistem switching akan overflow dan
terjadi kepadatan pada jalur (link) yang bukan miliknya. Sementara bit error
yang terjadi pada bidang informasi akan menurunkan kualitas layanan yang
diterima oleh pemakai terutama pada layanan yang bersifat real time dan yang
tidak toleran terhadap bit error, misalnya layanan video dan audio berkualitas
tinggi. Pada beberapa layanan, sel-sel yang salah alamat juga menyebabkan
hilangnya sinkronisasi.
4.2.2
Delay
Transmisi dan Switching
Delay didefinisikan sebagai selisih
waktu antara saat pengiriman blok (sebuah bit atau sebuah paket data) informasi
pada sumber (t0 ) dan saat penerimaan blok informasi tersebut di sisi penerima
(t1). Secara umum, delay yang terjadi dalam jaringan telekomunikasi disebabkan
oleh delay transmisi dan delay switching. Delay transmisi tergantung pada jarak
yang harus ditempuh antara sumber dengan tujuan dan juga tergantung pada jenis
media transmisinya, tetapi tidak tergantung pada teknik pengiriman data yang
digunakan. Delay transmisi terjadi karena terbatasnya kecepatan sinyal dalam
media. Delay switching adalah delay total yang diperlukan sebuah sel untuk
melalui perangkat switching, yaitu sejak sel masuk ke inlet switching hingga
berada di outlet perangkat switching tersebut. Kecepatannya bergantung pada
kecepatan internal switch dan proses-proses penambahan bit informasi yang
diperlukan.
F.
Faktor-faktor
Penyebab Spesifik ATM
5.1 Keterbatasan Switching dan Buffer
ATM
Dalam switching ATM, throughput (debit
data yang berhasil lewat/dilayani) dan kecepatan bit error tergantung pada
teknologi dan ukuran sistem switching yang digunakan. Tiga parameter penting
yang menentukan unjuk kerja suatu switching ATM adalah bloking hubungan
(connection blocking), probabilitas terjadinya kehilangan dan penyiapan sel
(cell loss and cell insertion probability) serta delay switching.
5.2 Bloking Hubungan
ATM merupakan teknik transfer informasi
yang berorientasi pada hubungan. Artinya, pada saat proses pembangunan
hubungan, hubungan logika harus ditemukan antara inlet dan outlet logika.
Bloking hubungan ditentukan oleh probabilitas tidak tersedianya sumber daya
(resources) yang cukup antara inlet dengan outlet dalam switch yang bisa
menjamin tingkat kualitas hubungan pada derajat yang dibutuhkan, baik untuk
hubungan yang telah ada (existing connection) maupun hubungan yang baru. Jika
tersedia sumber daya yang cukup (yaitu bandwidth dan nilai header) pada inlet
dan outlet switch, maka bloking hubungan internal tidak akan terjadi. Jadi
hubungan baru selalu dapat dibangun jika sumber daya tersedia pada eksternal
link, tanpa melihat cukup atau tidaknya sumber daya pada internal switch.
Beberapa implementasi switch yang lain mempunyai bloking hubungan internal
sehingga harus dilakukan pengalokasian sumber daya setiap kali akan dibangun
hubungan baru. Probabilitas bloking switch dalam hal ini ditentukan oleh ukuran
switch, yakni jumlah hubungan internal yang tersedia dan beban hubungan yang
harus dilayani.
5.3 Probabilitas Terjadinya Kehilangan
Dan Penyisipan Sel
Pada suatu saat dapat terjadi terlalu
banyak sel yang berada dalam satu link yang sama, baik link internal switch
maupun eksternal. Akibatnya akan terjadi antrian (queue) di luar kemampuan
buffer (buffer overflow) sehingga akan menyebabkan hilangnya sel. Probabilitas
terjadinya kehilangan sel harus dijaga dalam batas-batas tertentu untuk
menjamin kualitas layanan yang tinggi. Probabilitas tipikal terjadi sel hilang
dalam switch ATM berkisar antara 10-8 dan 10-11.
Selain itu juga dapat terjadi sel-sel
ATM mengalami kesalahan pengalamatan internal di dalam switch, sehingga sel-sel
tersebut akan melalui link yang salah. Probabilitas penyisipan sel yang salah
ini kurang lebih 1000 kali lebih baik dari probabilitas sel hilang.
5.4 Delay Switching
Waktu yang diperlukan untuk men-switch
sebuah sel ATM melalui switch-switch ATM merupakan faktor yang memberikan
kontribusi cukup besar pada delay total. Harga tipikal delay switch ATM
berkisar antam 10 hingga 1000 us dengan delay jitter kurang dari 100 us. Dalam
banyak kasus, delay jitter ditentukan oleh probabilitas saat delay switching
lebih besar dari suatu harga tertentu yang disebut quantile. Jitter sebesar 100
us pada 10-10 qusnffle menyatakan bahwa probabilitas delay swicth lebih besar
dari 100 us adalah kurang dari 10-10.
Selain keterbatasan switching, perangkat
yang ikut mempengaruhi unjuk kerja jaringan ATM adalah buffer. Dalam hal ini
adalah buffer yang ada di sisi pengirim dan di sisi penerima. Buffer di sisi
penerima berfungsi untuk menyamakan atau meratakan (smoothing) aliran trafik
yang datang dan menyimpan untuk sementara paket-paket data ketika prosesor
sedang sibuk. Sedangkan buffer di sisi pengirim berfungsi menyimpan untuk
sementara paket data yang hendak dikirim hingga paket data tersebut dikirim
setelah permintaan hubungannya diterima oleh jaringan.
5.5 Error pada Header
Error yang terjadi dalam bit-bit header
sel ATM disebabkan oleh noise selama proses transmisi. Bidang header adalah
khas ATM, dan implikasi kesalahan bit dalam header secara langsung dapat
menurunkan kualitas layanan jaringan ATM. Karena itu error pada bidang header
dimasukkan ke dalam faktor-faktor penyebab menurunnya kualitas layanan jaringan
ATM yang spesifik ATM.
Dalam ATM, error yang terjadi pada
bit-bit bidang header menyebabkan perangkat switching atau multipleksing salah
menerjemahkan alamat yang dibawa header sehingga terjadi kesalahan pengalamatan
sel. Kesalahan pengalamatan ini terjadi jika header yang telah berubah tadi
memiliki alamat link yang lain. Dalam hal ini, 2 link akan menerima akibat
karena kesalahan pengalamatan sel. Satu link akan kehilangan sel, sementara
link yang lain akan menerima satu sel tambahan. Jika header yang berubah tadi
tidak berisi suatu alamat link dalam jaringan, sel akan diabaikan sehingga
hanya akan terjadi kehilangan sebuah sel pada satu link.
5.6 Kesalahan Pengalokasian Bandwidth
Pengalokasian bandwidth adalah penentuan
lebar bandwidth yang diperlukan oleh sebuah hubungan dalam jalingan untuk
mencapai tingkat kualitas layanan tertentu. Pengalokasian bandwidth dalam
jaringan B-ISDN menjadi hal yang kompleks karena layanan-layanan yang harus
dilayani memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik dalam kecepatan bit
maupun sifat hubungannya.
Penetapan
kecepatan transfer link di bawah kecepatan puncak trafik layanan akan
menyebabkan penurunan kualitas, karena pada saat kecepatan bit lebih besar dari
kecepatan transfer link, beberapa bit akan hilang atau diabaikan seperti yang
diilustrasikan dalam Gambar
1.
Sementara
jika kecepatan transfer ditetapkan pada kecepatan puncak trafik, akan terjadi
pemborosan bandwidth yang berarti pemborosan sumber daya jaringan sehingga
jaringan menjadi tidak efisien seperti yang diilustrasikan dalam Gambar
2.
Pada layanan video misalnya, kecepatan
aliran bit video yang dimasukkan ke jaringan ditentukan oleh bandwidth yang
dialokasikan pada jaringan. Pengalokasian kecepatan bit konstan pada sumber
video akan menyebabkan penurunan kualitas gambar jika gambar memiliki kandungan
informasi yang besar, dan akan menyebabkan penurunan efisiensi penggunaan
bandwidth jika gambar memiliki kandungan informasi sedikit. Karena
kerugian-kerugian inilah maka teknik pengkodean video akan mengarah kepada
penggunaan teknik VBR (Variable Bit Rate) video.
5.7 Delay Spesifik ATM
Delay yang terjadi dalam jalingan ATM
berhubungan dengan karakteristik unjuk kerja ATM, yaitu time transparency. Time
transparency didefinisikan sebagai kemampuan jaringan mentransfer data dengan
delay sekecil mungkin. Delay akan sangat berpengaruh pada layanan yang bersifat
real time seperti voice dan video. Dua parameter yang menpengaruhi time
transparency yaitu delay dan delay jitter. Untuk setiap blok informasi, delay
yang terjadi dapat berbeda-beda sehingga menimbulkan variasi delay. Delay
jitter didefinisikan sebagai variasi delay pada selang waktu tertentu. Beberapa
delay yang khas ATM dan memberikan kontribusi pada delay total dalam jaringan
ATM adalah delay pengkodean (coding delay), delay paketisasi (packetization
delay), delay depaketisasi (depacketization delay), dan delay switching. Delay
switching terdiri dari delay tetap (fixed delay) dalam peralatan switching dan
delay antrian (queueing delay) dalam buffer peralatan switching.
G.
Penanganan
Keluhan (Complain) Nasabah menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
Adakalanya
ketika terjadi suatu masalah bagi nasabah maka mereka akan melakukan suatu
komplain dengan menyampaikan keluhan kepada bank. Maka dari itu sebagai bank
yang baik harus bisa melakukan pelayanan komplain tersebut, ini berarti menunjukkan
kualitas pelayanan atau responsiveness dalam upaya membantu nasabah menghadapi
masalah. Salah satu masalah yang dihadapi nasabah yaitu pada saat bertransaksi
dengan mesin ATM. Banyak ditemukan masalah oleh nasabah ketika menemukan
Anjungan
Tunai Mandiri yang dikatakan tidak bisa digunakanatau offline,
penyebab mesin
ATM
offline yaitu :
1. Reject
Full atau kotak reject penuh bisa disebabkan karena terlalu banyak
uang
yang ter-reject di dalam Purge Bin (tempat penyimpanan uang rusak
atau
lengket).
2. Cash
Handler Error atau Pengolahan uang bermasalah disebabkan adanya masalah pada
modul Dispenser (alat pengolahan jumlah uang), adanya uang yang menyangkut atau
ada bagian dari modul Dispenser yang rusak.
3. Printer
Faulted adalah masalah pada bagian printer di dalam ATM yang meyebabkan struk
transaksi tidak tercetak, dalam hal ini ATM masih dapat bekerja.
4. MCRW
(Magnetic Card Read Write) Faulted, atau alat pembaca kartu bermasalah
merupakan masalah pada modul pembaca kartu nasabah, yang bisa disebabkan dari kartunya
atau dari alat pembaca MCRW.
5. Communication
Down, atau jaringan lemah merupakan masalah yang disebabkan karena terputusnya
koneksi di ATM, yang bisa disebabkan dari Card Communication pada ATM serta
dari HOST (jaringan internet pusat ATM).
6. Mesin
ATM Kotor Sensor tidak Bekerja Optimal, biasanya secara rutin dari pihak
vendor ( pihak ke-3 penyedia mesin) akan melakukan maintenance rutin
terhadap ATM, sehingga seluruh system, sensor dan jaringan yang ada di mesin
ATM dapat bekerja dengan baik.
Ada
beberapa masalah-masalah lain yang dihadapi nasabah ketika menggunakan
ATM antara lain, Yaitu :
1. Kartu
ATM sangkut, dimana kartu ATM nasabah tidak bisa keluar dari mesin, maka
nasabah harus melakukan laporan kepada pihak bank penyedia ATM agar segera
menindak lanjuti masalah tersebut.
2. Uang
yang keluar tidak sesuai dengan yang di inginkan atau tidak keluar sama sekali,
dan tidak sesuai dengan laporan uang yang ditampilkan. Ketika nasabah mengambil
uang dan ternyata terdapat perbedaan dengan laporannya, nasabah bisa segera
mengkomplain kepada bank pihak penyedia ATM.
3. Nomor
pin yang salah dimasuki, apabila nasabah salah memasuki pin sebanyak 3 (tiga)
kali, maka kartu ATMnya akan diblokir, nasabah dapat mengulangi memasuki
nomor pin setelah 1 x 24jam setelah terjadi kesalahan pemasukan nomor
sebelumnya. Apabila nasabah lupa dengan nomor pinnya, maka nasabah bisa
menghubungi bank untuk meminta kembali nomor pinnya disertai bukti-bukti
yang benar. Pada bank setiap, diberikan jasa layanan untuk membantu nasabah
dalam menghadapi masalah pada ATM, nasabah
6.1 Penurunan Kualitas Layanan Jaringan
ATM
Majalah Elektro Indonesia beberapa edisi
yang lalu pernah memuat tulisan tentang parameter kualitas layanan jaringan ATM
yang membahas parameter-parameter obyektif jaringan ATM yang direkomendasikan
untuk berbagai jenis layanan yang berbeda. Tulisan berikut dimaksudkan untuk
melengkapi informasi tentang kualitas layanan jaringan ATM dengan mengambil
fokus permasalahan pada faktor-faktor penyebab menurunnya kualitas layanan
jaringan ATM. Uraian tentang faktor-faktor penyebab menurunnya kualitas layanan
jaringan ATM diharapkan mempermudah analisis terhadap masalah yang mungkin
timbul dalam jaringan ATM sehingga langkah-langkah penanganan masalah dapat
cepat dilakukan, kelak jika ATM sudah luas diterapkan di Indonesia. ATM
(Asynchronous Transfer Mode) telah ditetapkan oleh CCITT (ITU-T) sebagai teknik
transfer data yang paling sesuai untuk B-ISDN (Broadband Integrated Services
Digital Network). ATM adalah teknik transfer data mutakhir yang di satu sisi
mengintegrasikan hampir semua kelebihan-kelebihan teknik transfer informasi
yang telah ada sebelumnya, yaitu packet switching dan circuit switching, dan di
sisi lain mereduksi atau bahkan mengeliminasi kekurangan-kekurangan yang ada
pada keduanya.
Banyaknya kelebihan yang dimiliki
jaringan ATM tidak berarti ATM tanpa kekurangan. Komponen penunjang jaringan
ATM seperti juga jaringanan yang lain tersusun atas material fisik. Perubahan
fisis karena pengaruh suhu, aliran elektron, petir, dan sebagainya akan
menimbulkan noise yang akan berpengaruh pada unjuk kerja jaringan. Selain
kesalahan transfer karena sebab-sebab fisis di atas, dalam jaringan ATM yang
melibatkan bit-bit informasi kemungkinan terjadinya kesalahan bertambah karena
mekanisme penanganan bit-bit informasi yang memiliki kelemahan, misalnya
mekanisme pembuangan sel atau paling tidak penundaan pengiriman sel apabila
terjadi overflow. Kekurangan-kekurangan di atas pada akhirnya akan menyebabkan
menurunnya kualitas layanan jaringan ATM secara keseluruhan.
7.
Macam
–Macam Atm Dan Pengertianya
7.1 Atm Setoran Tunai
Setoran tunai atau yang di sebut juga CDM ( Cash
Deposite Machine ) Mesin ini memang sudah lama di luncurkan oleh beberapa bank
- bank di indonesia tetapi saya baru merasakan akhir akhir ini
Dengan adanya setoran tunai ini pihak bank kepingin memberikan kepuasan kepada pelanggan dan untuk menghindari atrian panjang di teller pada jam jam tertentu dan memberikan pilihan kepada pelanggan untuk menyertokan uang nya di luar jam kerja dan di hari libur sekalipun
Setoran tunai membantu sekali para nasabah untuk antri di teller dan membantu nasabah untuk menabung di hari - hari libur dan di luar jam kerja, saya pun merasakan sekali manfaat dari setoran tunai ini dengan nominal 20, 50 dan 100 ribu saya pun bisa tengah malam bahkan shubuh kita bisa menabun
Dengan adanya setoran tunai ini pihak bank kepingin memberikan kepuasan kepada pelanggan dan untuk menghindari atrian panjang di teller pada jam jam tertentu dan memberikan pilihan kepada pelanggan untuk menyertokan uang nya di luar jam kerja dan di hari libur sekalipun
Setoran tunai membantu sekali para nasabah untuk antri di teller dan membantu nasabah untuk menabung di hari - hari libur dan di luar jam kerja, saya pun merasakan sekali manfaat dari setoran tunai ini dengan nominal 20, 50 dan 100 ribu saya pun bisa tengah malam bahkan shubuh kita bisa menabun
Setoran tunai ini juga mambantu para pengusaha kecil untuk menabung dengan nilai yang mungkin bikin kita malu kalau kita menabung lewat teller, bayangkan jika hari itu kita menabung dengan nominal 20 ribu mau di kemana kan muka kita yang ganteng lan ayu ini jika kita menabung melalui teller, tetapi dengan setoran tunai kita bisa menabung dengan minimum 20 ribu dan kita terhindar dari rasa malu itu
Cara
penggunaan setoran tunai di bank BCA
Ada
beberapa tips yang kemarin di berikan kepada pihak teknisi kepada saya bila
menggunakan mesin setoran tunai dan kebetulan pada saat mau setor ada mesin
sebelah yang mengalami masalah dan setelah saya amati ternyata di dalam mesin
uang kelipat dan lebih dari 50 lembar dan ini menyebab kan mesin mengalami
gangguan dan mengahabat trasaksi kita
1. Hitung
berapa jumlah uang yang kita setorkan jangan lebih dari 50 lembar
2. Rapikan
uang anda dan pilah pilah sesuia dengan nilai nominal, bila anda
ingin
menyetorkan dengan berbagai nilai nominal
3. Jangan
menyetor secara bersamaan ” jika yang anda setorkan 20 lembar buat lah menjadi
4 atau 5 transaksi ini berjaga jaga bila mesin setoran tunai penuh dan sewaktu-
waktu mengalami masalah karena proses claim aga lama dan tergantung bank nya ”
4. Bila
anda mengalami masalah pada mesin setoran tunai panggil secepatnya pihak
keamanan
Mesin setoran
tunai sangat berguna bagi para nasabah yang mau menyetorkan uang nya ke bank
dan saya rasa sangat bermanfaat bila mana di letakkan di setiap pasar dan
terminal, supaya para pedagang, supir angkot, bus, taksi dan ojeg bisa langsung
menyetorkan uang tunai apa lagi mereka yang mempunyai cicilan di bank, alangkah
senang nya mereka tak perlu antri di bank dan engga malu ama petugas teller yang
cantik dan ganteng bila menyetorkan menyetorkan uang nya dengan nominal 20 ribu
7.2 Atm Tarik Tunai Kartu Kredit\
Konsep awal yang
dimaksud tarik tunai kartu kredit adalah ketika kita menggunakan kartu kredit
untuk mengambil uang tunai (cash withdrawal) dari mesin ATM. Jadi layaknya
mengambil uang tunai dengan kartu ATM. Yang kita butuhkan sudah jelas sebuah
nomor PIN kartu kredit. Kartu kredit bisa dipergunakan untuk
mengambil uang tunai lewat mesin ATM karena memang merupakan salah satu manfaat
dan fasilitasnya. Bahkan bisa ambil tunai hampir di semua mesin ATM di seluruh
dunia asal logonya tercantum.
7.3 Kemudahan Setor dan Tarik di ATM
Star BCA
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan
bank yang tak pernah berhenti berinovasi baik dalam penciptaan produk maupun
penyediaan layanan keuangan. Satu lagi inovasi layanan yang diberikan BCA
kepada nasabahnya adalah ATM Setor Tarik (Star).
ATM Star sendiri adalah solusi BCA mengenai
masalah efisiensi waktu dan biaya operasional. Dengan ATM Star, nasabah tak
perlu lagi berpindah mesin dan mengantre kembali untuk melakukan transaksi
nontunai setelah melakukan penyetoran uang. Melalui ATM Star, seluruh transaksi
keuangan bisa dilakukan hanya di satu ATM, seperti tarikan tunai, setoran
tunai, dan transaksi nontunai seperti transfer, pembayaran, dan pembelian.
Kehadiran ATM Star ini jelas memberikan
keuntungan bagi banyak pihak. Benefit bagi nasabah, praktis dan hemat waktu
dalam bertransaksi, tidak perlu lagi mengulang antrian di mesin lain untuk
melakukan transaksi yang berbeda, karena multifungsi yang disediakan. Lalu
benefit bagi vendor cash in transit waktu kunjungan ke mesin untuk melakukan
replenishment uang menjadi lebih panjang dari normalnya, sehingga menghemat
biaya kunjungan. Sementara itu, benefit bagi BCA, kebutuhan ruangan untuk
menyediakan berbagai macam fungsi transaksi dengan menempatkan berbagai macam
jenis ATM di lokasi menjadi lebih praktis, karena tidak perlu menempatkan
banyak mesin ATM untuk transaksi yang berbeda-beda.
Dari sisi biaya expenditure dan cash
handling juga akan semakin efisien, serta tingkat utilisasi rate per ATM
akan semakin tinggi.Kelebihannya tidak hanya berhenti di situ. ATM Star BCA
memiliki fitur multidenominasi. Maksudnya, Anda bisa memilih pecahan yang
diinginkan, Rp 50 ribu, Rp 100 ribu, atau campuran antara keduanya. Baik saat
melakukan transaksi setoran tunai maupun transaksi penarikan tunai. Dengan
catatan untuk transaksi penarikan tunai, adanya ketersediaan denominasi
atau pecahan uang yang cukup di dalam mesin. Inilah yang dimaksud dengan cash
handling menjadi efisien. Uang dari transaksi setoran tunai bisa diputar
kembali untuk fitur penarikan tunai.
Sejak diperkenalkan pada Agustus 2013,
kini ATM Star BCA sudah ada di 20 lokasi di Jabodetabek dan dua mesin
terdapat di Menara BCA, Jakarta serta Wisma Asia, Jakarta. Tahun ini, BCA
menargetkan untuk mengganti 100 unit mesin terlebih dulu. BCA sendiri saat ini
sudah memiliki 14.048 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Di beberapa
negara di benua Asia, ATM model ini sudah tidak aneh lagi. ATM ini juga biasa
disebut recycle ATM atau cash recycling machine dan pertama kali diperkenalkan
oleh Jepang pada 1985, disusul oleh Korea Selatan di 1995. Negara seperti
China, Thailand, Malaysia, dan Taiwan sudah menggunakannya.
BCA merupakan bank pertama di Indonesia
yang memperkenalkan ATM Setor Tarik atau Star kepada nasabahnya. Kehadiran ATM
Star ini diharapkan dapat membantu nasabah semakin nyaman dan cepat dalam
bertransaksi, baik untuk bisnis maupun urusan sehari-hari baik dalam hal
penyetoran uang tunai, penarikan, pembayaran tagihan, pembelian voucer, dan
lainnya.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
ATM
pertama, atau mesin teller otomatis, diciptakan dan dipatenkan pada tahun 1939
oleh Luther Simjian. Model ini merupakan prototipe berhasil, tetapi
memimpin jalan ke ATM modern pertama, dibuat oleh James Goodfellow pada tahun
1966. Karena kemampuan untuk terhubung ke bank melalui komputer belum
tersedia, akses ke mesin ini hanya diberikan kepada nasabah bank pilih
beberapa. ATM pertama yang menggunakan kartu dengan strip magnetik
dipatenkan pada tahun 1977. Meskipun mesin ini ada awal, itu tidak sampai
akhir 1980-an yang menjadi lumrah dalam ATM perbankan modern.
B.
Keuntungan
Keuntungan
utama menggunakan ATM adalah kenyataan bahwa Anda dapat memiliki akses ke uang
tunai di rekening bank Anda setiap kali Anda membutuhkannya. Jika,
misalnya, Anda berada di sebuah toko yang tidak mengambil cek atau kartu kredit
tetapi memiliki ATM, Anda dapat menarik uang untuk pembelian Anda. Ini
juga berarti Anda dapat melakukan perjalanan di mana saja tanpa uang
tunai. Jika lokasi memiliki ATM dan Anda memiliki kartu ATM Anda, Anda
dapat mengakses uang Anda langsung.
C.
Kitikan
dan Saran
Tugas
ini yang ditulis oleh pemakalah bahwa jauh dari kesempurnaan, karena
keterbatasan referensi, yang terutama minimnya ilmu yang dimiliki oleh penulis,
maka dari itu penulis meminta ktirikan dan saran kepada peserta diskusi dan
dosen pembimbing yang bersifat membangun.
Daftar pustaka
Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana aku pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Aku merasa sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN KREDIT PERUSAHAAN, dan saya mengajukan pinjaman sebesar 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi, jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di email-nya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di Nicole Morgan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman, bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, ibu kontak Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
BalasHapushubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan guardiance hadijaboften2@gmail.com
Terima kasih.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.
Cara Mendapatkan Kartu Atm Blank yang Urgent .... selama bertahun-tahun saya sangat miskin, frustrasi dan patah hati.
BalasHapussaya kehilangan pekerjaan saya dan tidak ada yang bahkan siap untuk membantu saya, tapi sangat beruntung bagi saya, saya mendapatkan kartu ATM kosong dari seorang hacker profesional, saya pikir kartu ini tidak akan berfungsi seperti yang lain, tapi saya hanya mencobanya dan bekerja dengan baik. keren seperti sihir, dan saya bisa menarik cukup uang dengan kartu ATM kosong ini tanpa penyumbatan apapun.
Saya sangat diberkati untuk memiliki kartu ini dengan saya, saya sering melakukan penarikan dan saya sangat kaya sekarang.
jika Anda memerlukan kartu ATM nyata kosong untuk membantu Anda mengatasi masalah pendapatan Anda, hubungi peretas yang baik ini di emailnya rickatmcardoffer@gmail.com atau whataspp_number +1) 6106343682.
maka Anda akan menikmati apa yang saya nikmati sekarang.
ThanK Tuhan untuk hidup.
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
HapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Cara Mendapatkan Kartu Atm Blank yang Urgent .... selama bertahun-tahun saya sangat miskin, frustrasi dan patah hati.
BalasHapussaya kehilangan pekerjaan saya dan tidak ada yang bahkan siap untuk membantu saya, tapi sangat beruntung bagi saya, saya mendapatkan kartu ATM kosong dari seorang hacker profesional, saya pikir kartu ini tidak akan berfungsi seperti yang lain, tapi saya hanya mencobanya dan bekerja dengan baik. keren seperti sihir, dan saya bisa menarik cukup uang dengan kartu ATM kosong ini tanpa penyumbatan apapun.
Saya sangat diberkati untuk memiliki kartu ini dengan saya, saya sering melakukan penarikan dan saya sangat kaya sekarang.
jika Anda memerlukan kartu ATM nyata kosong untuk membantu Anda mengatasi masalah pendapatan Anda, hubungi peretas yang baik ini di emailnya rickatmcardoffer@gmail.com atau whataspp_number +2348108439977.
maka Anda akan menikmati apa yang saya nikmati sekarang.
ThanK Tuhan untuk hidup.
Nyonya Lim
BalasHapusCara Mendapat Kartu ATM Kosong yang Mendesak .... selama bertahun-tahun saya sudah sangat miskin, frustrasi dan patah hati.
Saya kehilangan Job saya dan tidak ada yang bahkan siap untuk membantu saya, tetapi sangat beruntung bagi saya saya mendapat kartu ATM kosong dari seorang hacker profesional, saya pikir kartu ini tidak akan berfungsi seperti yang lain, tetapi saya hanya mencobanya dan itu bekerja cukup keren seperti sulap, dan saya bisa menarik uang cukup dengan kartu ATM kosong ini tanpa ada penyumbatan.
Saya sangat beruntung memiliki kartu ini dengan saya, saya selalu melakukan penarikan dan saya sangat kaya sekarang.
jika Anda membutuhkan kartu ATM kosong untuk membantu Anda keluar dari masalah penghasilan Anda, hubungi peretas yang baik ini di emailnya rickatmcardoffer@gmail.com
maka Anda akan menikmati apa yang saya nikmati sekarang.
ThanK God for life. WHATSAPP HIM JUGA NOMOR; +2348108439977
Saya Ny. Mariam Farid, pemberi pinjaman swasta, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melengkapi kebutuhan keuangan Anda, seperti membayar tagihan, memperluas bisnis, atau melunasi utang? Kami memberikan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta atau pekerja pemerintah dengan suku bunga rendah 2% untuk jumlah yang diminta dan tanpa banyak stres atau kertas bekerja dan dengan jadwal angsuran bulanan yang nyaman. Hubungi kami melalui email: (mariamfaridfinancialservices@gmail.com) datang dan berbagi kebesaran perusahaan dan penuhi impian Anda.
BalasHapusApakah Anda menantikan untuk membeli untuk menyelamatkan kehidupan teman dan anggota keluarga. Apakah Anda Mempertimbangkan atau ingin menjual ginjal Anda karena kehancuran keuangan? Atau Anda perlu mengumpulkan uang untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar utang atau harga yang bagus? Ini adalah kesempatan untuk menjual seharga $ 800,000.00 dolar? Kirimi kami pesan hari ini sesegera mungkin. Saat ini kami sedang membeli dan menjual Ginjal. Rumah Sakit kami juga memiliki spesialisasi dalam Bedah Ginjal dan Hati dan kami saat ini bekerja sama dengan rumah sakit internasional lainnya untuk membeli dan menjual Ginjal sehat, dengan donor hidup dan donor yang sesuai. Kami berlokasi di India, Kanada, Inggris, Pakistan, Cina, Chili Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, Columbia dll.
BalasHapusJika Anda tertarik menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
Hubungi kami melalui Email: doctorcollins3@gmail.com
Donor Asli / Jual / Pembeli Dibutuhkan
Salam Hormat….
Dr Collins.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.
Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
BalasHapusApakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.
Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.
Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.
Saya sedang mencari pinjaman untuk memilah tagihan & hutang saya, kemudian saya melihat komentar tentang Kartu Kredit ATM Kosong yang dapat diretas untuk menarik uang dari mesin ATM manapun di sekitar Anda. Saya ragu tetapi memutuskan untuk mencobanya dengan menghubungi {blankatm156@gmail.com} mereka merespons dengan pedoman mereka tentang cara kerja kartu. Saya yakin bahwa kartu dapat menarik $ 5.000 instan per hari & dikreditkan dengan $ 50.000 jadi saya meminta satu & membayar biaya pengiriman untuk mendapatkan kartu, setelah 24 jam kemudian, saya terkejut melihat agen UPS di tempat tinggal saya dengan seorang residen. parcel {card} saya menandatangani dan masuk kembali ke dalam dan mengkonfirmasi pekerjaan kartu setelah agen pergi. Ini tidak ada keraguan karena saya punya kartu & telah menggunakan kartu. Peretas ini adalah peretas berbasis di AS yang dirancang untuk membantu orang-orang dengan kebebasan finansial !! Hubungi email ini jika Anda ingin kaya dengan ini Via: blankatm156@gmail.com
BalasHapusDirektur hubungi whatsapp ..... +447456405237
BalasHapusIkut pada Instagram @
Aasimahaadilaahmed.loanfirm
Kericau; aasimhaloanfirm
Halo semuanya, saya Teddy Liza, saat ini tinggal di Indonesia, saya menikah dengan dua anak dan saya telah terjebak dalam situasi keuangan sejak November 2018 dan saya perlu bantuan membayar tagihan saya untuk perawatan anak saya. Saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman, baik perusahaan swasta tetapi tidak pernah berhasil, dan kredit saya ditolak oleh sebagian besar bank. Tetapi seperti yang Tuhan inginkan, saya dikenalkan dengan seorang wanita Pemberi pinjaman pinjaman pribadi oleh seorang teman bernama Mrs.Enny dan saya mendapat pinjaman sejumlah Rp750.000.000. Terima kasih Tuhan hari ini untuk hidupku, aku sekarang adalah pemilik bisnis dan anak-anak baik sekarang. Jadi sayang, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman pribadi untuk membayar hutang dan memulai bisnis baru dengan tingkat bunga kredit sangat rendah 1% dan rencana dan jadwal pembayaran yang lebih baik, silakan hubungi AASIMAHA ADILA AMHED LOAN FIRM, yang menawarkan semua jenis pinjaman untuk perorangan dan perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati lagi. Anda dapat mengumpulkan aplikasi Anda ke departemen (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) atau Anda dapat menghubungi saya melalui: teddyliza2020@gmail.com untuk bukti pengiriman dapat kepada saya
Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
BalasHapuspinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya ) memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)
Saya sedang mencari pinjaman untuk menyelesaikan tagihan & hutang saya, kemudian saya melihat komentar tentang Kartu Kredit ATM Kosong yang dapat diretas untuk menarik uang dari mesin ATM manapun di sekitar Anda. Saya ragu-ragu tetapi memutuskan untuk mencobanya dengan menghubungi {rickatmcardoffer @ gmail. com} mereka merespons dengan pedoman mereka tentang cara kerja kartu. Saya yakin bahwa kartu dapat menarik $ 5.000 instan per hari & dikreditkan dengan $ 50.000.000,00 sehingga saya meminta satu & membayar biaya pengiriman untuk mendapatkan kartu, setelah 24 jam kemudian, saya terkejut melihat agen UPS di tempat tinggal saya dengan seorang residen. parcel {card} saya menandatangani dan masuk kembali ke dalam dan mengkonfirmasi pekerjaan kartu setelah agen pergi. Ini tidak ada keraguan karena saya memiliki kartu & telah menggunakan kartu. Peretas ini adalah peretas berbasis di AS yang dirancang untuk membantu orang-orang dengan kebebasan finansial !! Hubungi email ini jika Anda ingin kaya dengan ini Via: rickatmcardoffer @ gmail. com} atau WhatsApp via +254750078353.
BalasHapusSaya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Saya mendengar tentang kartu ATM kosong ini untuk sementara waktu dan saya tidak pernah benar-benar membayar bunga untuk itu karena keraguan saya. Sampai suatu hari saya menemukan seorang peretasan bernama RICK HACKER WORLD, dia benar-benar hebat dalam apa yang dia lakukan. Kembali ke titik, saya bertanya tentang Kartu ATM Kosong. Jika berhasil atau bahkan Ada. Mereka memberi tahu saya Ya dan kartu yang diprogram untuk penarikan uang acak tanpa diketahui dan juga dapat digunakan untuk pembelian online gratis. Ini mengejutkan dan saya masih ragu. Kemudian saya mencobanya dan meminta kartu dan menyetujui syarat dan ketentuan mereka. Berharap dan berdoa itu tidak palsu. Satu minggu kemudian saya menerima kartu saya dan mencoba dengan mesin ATM terdekat yang dekat dengan saya, itu bekerja seperti sulap. Saya dapat menarik hingga 5.000 Euro. Ini tidak bisa dipercaya. Sejauh ini saya memesan Kartu ATM sebesar $ 100.000 Euro tanpa merasa tertekan. Saya tidak tahu mengapa saya memposting ini di sini, saya hanya merasa ini mungkin membantu kita yang membutuhkan stabilitas keuangan. ATM kosong benar-benar mengubah hidup saya. Jika Anda ingin menghubungi mereka, Berikut adalah alamat emailnya: rickatmcardoffer@gmail.com atau Whatsapp: +254750078353.
BalasHapusSaya enggan membeli kartu atm kosong ini yang saya dengar secara online karena semuanya sepertinya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tetapi saya yakin & terkejut ketika teman saya di tempat kerja saya mendapatkan kartu dari Dark Web & kami berdua benar-benar mengonfirmasi bekerja, tanpa penundaan saya mencobanya. Sejak saat itu saya telah menarik $ 5000 setiap hari dari kartu & uang tersebut telah masuk ke akun saya sendiri. Senang sekali akhirnya saya mencobanya dan kartu ini benar-benar telah mengubah hidup saya secara finansial tanpa ketahuan, ini nyata & benar-benar berfungsi meskipun ilegal tetapi membuat saya kaya !! Jika Anda membutuhkan kartu ini dari Dark Web, maka Email: rickatmcardoffer@gmail.com atau Aplikasi apa melalui? +27639442602
BalasHapus