Jumat, 10 April 2015

makalah tentang ATM



KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “Anjungan Tunai Mandiri ” yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan  akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang ‘Anjungan Tunai Mandiri’ yang sangat penting bagi seseorang. Walaupun makalah ini mungkin kurang sempurna tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.












DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL..............................................................................        i
KATA PENGANTAR............................................................................        ii
DAFTAR ISI..........................................................................................        iv

BAB I PENDAHULUAN.....................................................................        1
A.    Latar Belakang .................................................................................        1
B.     Perumusan masalah ..........................................................................        2
C.     Tujuan ...............................................................................................        2

BAB II PEMBAHASAN ......................................................................        3
A.    Pengertian , Fungsi dan Kegunaan ATM..........................................        3
1.1  Anjungan  Tunai Mandiri ( ATM )..............................................        3
1.2  Perbedaan Kartu ATM dan Kartu Debit.....................................        4
1.3  Kegunaan Mesin ATM................................................................        4
B.     Sejarah Tentang ATM.......................................................................       
2.1  Mesin ”lubang di tembok”..........................................................       
2.2  Atm Modern ...............................................................................       
2.3  Dialektika Teknologi...................................................................       
2.4  Sejarah singkat kehadiran ATM..................................................       
C.     Macam-macam Perangkat pada Mesin ATM....................................       
3.1  Perangkat Keras.........................................................................       
3.2  Perangkat Lunak .......................................................................       
3.2.1        Penggunaan ..................................................................       
3.2.2        Alternatif penggunaan .................................................       
3.2.3        Cara kerja mesin ATM..................................................       
D.    Karakteristik......................................................................................       
E.     Masalah Yang Terjadi Pada ATM.....................................................       
4.1  Pengertian Skiming ....................................................................       
4.2  Faktor-faktor Penyebab Nonspesifik ATM.................................       
4.2.1        Noise.............................................................................       
4.2.2        Delay Transmisi dan Switching....................................       
F.      Faktor-faktor Penyebab Spesifik ATM.............................................       
5.1  Keterbatasan Switching dan Buffer ATM..................................       
5.2  Blocking hubungan ....................................................................       
5.3  Probabilitas Terjadinya Kehilangan Dan Penyisipan Sel.............       
5.4  Delay  Switching.........................................................................       
5.5  Error pada Header.......................................................................       
5.6  Kesalahan Pengalokasian Bandwidth.........................................       
5.7  Delay Spesifik ATM...................................................................       
G.    Penanganan Keluhan (Complain) Nasabah menggunakan
Anjungan Tunai Mandiri (ATM)......................................................
6.1  Penurunan Kualitas Layanan Jaringan ATM...............................       
H.    Macam –Macam ATM Dan Pengertianya ........................................       
7.1  Atm setor tunai ...........................................................................       
7.2  Atm Tarik Tunai Kartu Kredit\...................................................       
7.3  Kemudahan Setor dan Tarik di ATM Star BCA........................       

BAB III PENUTUP...............................................................................       
A.    Kesimpulan .......................................................................................       
B.     Keuntungan ......................................................................................       
C.     Kitikan dan Saran..............................................................................       

Daftar pustaka ........................................................................................       








BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Pada dasarnya, tujuan pelayanan perbankan salah satunya mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi. Pihak bank berusaha meningkatkan jasa pelayanan guna mempertahankan dan meningkatkan nasabahnya. Bagi nasabah, pelayanan merupakan suatu alasan yang paling penting bagi mereka. Nasabah dapat mempercayai suatu bank karena pelayanan yang diberikan bank terhadap mereka, dimana masing-masing nasabah memiliki alasan yang berbeda-beda dalam hal pelayanan.
Seiring perkembangan teknologi perbankan, dimulai ketika nasabah melakukan transaksi secara manual yaitu berhadapan dengan teller, hingga berkembangnya teknologi yang memberikan kemudahan bagi nasabah melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja, salah satunya melalui jasa mesin pembayaran yang disebut dengan ATM (Automatic Teller Machine) atau umumnya disebut juga Anjungan Tunai Mandiri.
Dengan ATM, nasabah bisa melakukan transaksi keuangan dengan mudah hingga memberikan suatu nilai tersendiri bagi nasabah yaitu nilai kepuasan terhadap layanan yang diberikan bank. Maka ini memberikan kesempatan bagi bank untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan mereka dengan memajukan teknologi ATM.
Akan tetapi kualitas pelayanan tidak hanya dilihat pada adanya ATM dalam membayar transaksi keuangan, tetapi juga sudah mulai dengan tingkat kemajuan teknologi yang dicapai bank, kondisi bangunan dan ruang tempat mesin ATM yang memberikan rasa nyaman dan aman, serta dengan peningkatan sarana fasilitas seperti fitur-fitur yang bermanfaat guna menunjang kemudahan dalam bertransaksi.
Maka dari itu, pihak Bank Indonesia melakukan suatu upaya dalam meningkatkan tingkat kualitas pelayanan mereka. Salah satu upaya strategi yang dilakukan Bank Indonesia untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan kepuasan bagi nasabahnya yaitu dengan pelayanan ATM yang merupakan sebuah produk perbankan elektronik yang berperan sebagai teller. Fungsi teller yaitu penyetoran dan penarikan dana. Saat ini jasa ATM yang diberikan yaitu memudahkan dalam bertransaksi seperti menarik dana dari bank tanpa perlu mengantri di kantor bank yang bersangkutan. Pada awalnya fungsi ATM yaitu menarik dana dan pengecekan saldo. Lalu Bank Indonesia melakukan kerjasama dengan bank-bank lain dan pihak penyedia jasa lainnya, maka fungsi ATM mulai berkembang yaitu : tarik tunai, transfer rekening antar rekening bank, cek saldo, pembayaran kredit, telepon, listrik dll.


B.     Perumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang diatas, maka permasalahan yang akan dikemukakan dalam skripsi ini adalah :
1.      Bagaimana bentuk layanan jasa yang diberikan oleh Bank terhadap penggunaan Automated teller machine (ATM)?
2.      Bagaimana Tanggung Jawab Bank kepada Nasabah Bank terhadap risiko-risiko dalam penggunaan ATM?
3.      Bagaimana Perlindungan hukum terhadap nasabah bank dalam transaksi melalui ATM dikaitkan dengan beberapa aturan hukum di Indonesia?

C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui bentuk layanan yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah pemegang kartu ATM.
2.      Untuk mengetahui pertanggungjawaban yang dapat diberikan oleh bank berkenaan dengan kerugian yang diderita nasabah bank pengguna ATM dalam melakukan transaksi, baik yang disebabkan oleh kesalahan manusia maupun karena kerusakan mesin.
3.      Untuk menambah pengetahuan dan pemahaman nasabah tentang perlindungan hukum terhadap pemegang kartu ATM bila tejadi permasalahan dengan pihak Bank dikemudian hari.


BAB II
PEMBAHASAN
                              
A.    Pengertian , Fungsi dan Kegunaan ATM
 Bagi kamu yang sudah mempunyai tabungan di bank entah itu bank milik pemerintah atau milik swasta tentunya kenal dengan kartu ATM, karena pada saat pertama kali membuka tabungan atau membuka rekening di suatu bank akan dijelaskan oleh bagian Customer Service nya mengenai produk dan layanan yang disediakan oleh bank tersebut, dan salah satunya adalah ATM. Tapi terkadang Customer Service tidak menjelaskan secara rinci apa itu ATM, calon nasabah pun kadang juga malu jika bertanya lebih detail apa itu ATM. Bagi kamu yang ingin tahu lebih rinci mengenai kartu ATM, dibawah ini akan dijelaskan secara rinci apa itu pengertian ATM.
Pengertian ATM. ATM dalam bahasa inggris dikenal dengan Automatic teller machine, atau dalam bahasa Indonsia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. ATM merukan alat elektronik yang diberikan oleh bank yang kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis seperti mengecek saldo, mentransfer uang dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilayani seorang teller. Setiap pemegang kartu diberikan PIN (personal identification number), atau nomor pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM.
Asynchronous Transfer Mode atau Mode Transfer Asinkron (disingkat ATM) adalah nama sebuah jaringan khusus. ATM merupakan sebuah teknologi lapisan 2, yang dapat digunakan oleh siapa saja, namun sekaligus merupakan sebuah jaringan publik sebagaimana halnya Internet, dengan sistem pengalamatan yang dikelola secara rapi, sehingga setiap perangkat di dalam jaringan dapat memiliki sebuah identitas yang unik.

1.1  Anjungan  Tunai Mandiri ( ATM )
Adalah : Mesin yang menggunakan sistem komputerisasi dan digunakan untuk menabung, mengambil uang tunai, mentransfer dana dan lainnya. Mesin ini ON menggunakan kartu mekanik yang diterbitkan oleh bank dengan kode dan mengikuti perintah yang berlaku di setiap mesin.

1.2  Perbedaan Kartu ATM dan Kartu Debit
Lalu apa beda kartu ATM dengan kartu Debit. Yang membedakan adalah cara penggunannya. Jika digunakan untuk bertransksi di mesin ATM, maka kartu tersebut dikenal sebagai kartu ATM, tapi jika digunakan untuk bertransaksi pembayaran dan pembelanjaan non-tunai dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture), maka kartu tersebut dikenal sebagai Kartu Debit.
Untuk kartu Debit selain otorisasi dengan PIN, dimungkinkan pula otorisasi dengan tanda tangan seperti halnya Kartu Kredit. Batas (limit) transaksi Kartu Debit dan Kartu ATM tergantung dari jenis kartu yang anda miliki. Umumnya terdiri dari limit jumlah dan frekuensi transaksi, baik untuk penarikan tunai, belanja, transfer.

1.3  Kegunaan Kartu ATM
Kartu Debit dan Kartu ATM berguna sebagai alat bantu untuk melakukan transaksi dan memperoleh informasi perbankan secara elektronis.
Jenis transaksi yang tersedia antara lain:
1.      Penarikan tunai
2.      Setoran tunai
3.      Transfer dana
4.      Pembayaran
5.      Pembelanjaan
Jenis informasi yang tersedia antara lain:
·         Informasi saldo       
·         Informasi kurs.
ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, pasar, dan kantor-kantor bank itu sendiri. ATM terdiri dari beberapa perangkat yaitu :
1.      Perangkat Keras
2.      Perangkat Lunak
3.      Penggunaan
4.      Alternatif Penggunaan


B.     SEJARAH TENTANG ATM
ATM (bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.
ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine) sebagaimana pada penemuan teknologi lain, penemuan ATM juga didasarkan pada karya sejumlah penemu. Di sini kita harus menyebut sedikitnya tiga nama, yakni Luther Simjian, John Shepherd-Barron, dan Don Wetzel.
Seperti ditulis Mary Bellis di About.com, pada tahun 1939 Simjian mematenkan satu prototipe awal ATM yang kemudian terbukti kurang sukses. Ada juga yang berpendapat, orang Skotlandia bernama James Goodfellow adalah pemegang paten paling awal (1966) ATM modern dan John D White (dari Docutel) di Amerika Serikat juga sering disebut sebagai penemu desain ATM tegak mandiri (free standing) pertama.
Tahun 1967, John Shepherd-Barron menemukan dan memasang sebuah ATM di satu Bank Barclays di London. Setahun kemudian (1968), Don Wetzel menemukan ATM buatan Amerika. ATM baru menjadi bagian penting perbankan mulai dekade 1980-an.



Description: Sejarah Mesin ATM 





2.1  Mesin ”lubang di tembok”
Dari kilasan riwayat di atas, orang mengakui Simjian adalah sosok yang mendapat ide untuk menciptakan apa yang disebut sebagai ”mesin lubang di tembok” yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi finansial.

Pada tahun 1939, Simjian mengajukan 20 paten terkait dengan penemuan ATM dan melakukan uji coba lapangan terhadap mesin temuannya di bank yang kini dikenal sebagai Citicorp. Hanya saja, setelah enam bulan, bank tempat uji coba melaporkan bahwa yang tertarik pada mesin itu sedikit saja sehingga penggunaannya pun dihentikan.
Riwayat hidup Luther Simjian (1905-1997) juga tak kalah menarik. Penemu kelahiran Turki, 28 Januari 1905, ini belajar ilmu kedokteran, tetapi yang jadi minat sepanjang hidupnya adalah fotografi. Tahun 1934, Simjian pindah ke New York.
Kini, Simjian dikenal sebagai penemu Bankmatic ATM meski penemuan besar pertamanya yang bernilai komersial adalah terkait dengan kamera.


Description: Sejarah Mesin ATM
 







2.2  ATM Modern
Dari riwayat di atas kita tahu bahwa lebih dari seperempat abad setelah kegagalan mesin Simjian, muncul mesin yang dipelopori oleh John Shepherd-Barron yang kemudian dianugerahi bintang Order of the British Empire tahun 2005. Mesin ini menerima voucher sekali pakai dan mengeluarkan amplop yang berisi uang 10 pound.
Adapun nomor pengenal diri (personal identification number/PIN) yang kita kenal sekarang ini mulai muncul pada karya James Goodfellow. PIN dimaksudkan untuk membatasi akses ke akun nasabah. Sebelum tiba pada PIN, Goodfellow sempat menjajaki metode identifikasi lain, termasuk sidik jari, pengenalan suara, dan pola retina (Melihat riwayat ini, PIN menjadi pilihan. Namun, kini PIN justru dilihat sebagai salah satu titik rawan).
Lalu apa sumbangan Donald Wetzel? Ahli dari Docutel Corp yang berbasis di Texas ini mengembangkan ATM berjaringan pertama, yang dikenal sebagai Docuteller, tahun 1968. Tahun 1969, Chemical Bank of New York mulai menggunakan teknologi ini, yang lalu dipatenkan pada tahun 1973.
  Apabila tahun 2006 sudah 1,5 juta mesin ATM digunakan di seluruh dunia, kini dengan industri perbankan yang makin meluas dipastikan jumlah ATM sudah meningkat pesat.
Hanya saja, meluasnya penggunaan ATM disertai pula dengan berkembangnya kejahatan. Pembajakan identitas nasabah yang dikenal dengan skimming, oleh pakar pencurian identitas, Robert Siciliano, dalam artikelnya (9/9/2009, Goodreads Inc) menjadi salah satu kejahatan dalam industri keuangan yang berkembang paling cepat. Laporan Asosiasi Industri ATM melaporkan, di seluruh dunia setiap tahunnya ada kehilangan senilai 1 miliar dollar AS dari penyalahgunaan kartu kredit dan kejahatan elektronik terkait dengan ATM.
Skimming dapat terjadi melalui sejumlah cara. Yang paling umum adalah ketika penjaga toko mengambil kartu pelanggan dan menggeseknya dengan alat yang mengopi informasi dari lajur magnetik kartu. Pencuri juga bisa mengopi data pada kartu kosong atau kartu ”putih”.
Di ATM tanpa penjagaan, alat pencuri identitas ini bisa terpasang tanpa disadari oleh nasabah bank. Selain alat yang disebut skimmer ini, ada pula kamera tersembunyi.


Description: Sejarah Mesin ATM | Cyber4rt.com
 











2.3  Dialektika Teknologi
Pada era yang diliputi pelbagai tantangan ini, pihak bank tentu saja wajib meningkatkan pengamanan ATM. Namun, di pihak nasabah, peningkatan kewaspadaan pun harus menjadi sikap baru.
Di ATM, nasabah harus mengamati apakah ada alat skimming yang biasanya menonjol (lebih besar sedikit) dari selot normal. Manakala melihat ada hal yang mencurigakan, nasabah sebaiknya mengurungkan penggunaan ATM dan melapor kepada otoritas terkait.
Sambil menunggu lahirnya kartu baru berteknologi chip yang lebih aman, yang sering disebut sebagai smart card, pengguna ATM kini dihadapkan pada tantangan baru. Tantangan ini muncul karena rupanya alat skimming dewasa ini dijual secara leluasa.
Inilah risiko pemanfaatan teknologi. Apakah dengan itu lalu orang harus kembali ke transaksi di era pra-ATM? Jawabnya tentu ”tidak”. Namun, sikap baru saksama dan rajin membaca literatur untuk memahami cara pengamanan harus menyertai pemanfaatan teknologi modern saat ini.



2.4  Sejarah Singkat Kehadiran ATM
Dulu, mesin-mesin ATM belum bisa terhubung dengan bank secara online. Pasalnya, bank-bank masih amat sangat selektif dalam memilih nasabah yang bisa menikmati layanan ATM.
Apa yang akan Anda lakukan jika harus antre saat melakukantransaksi di kantor cabang bank? Menunggu dengan sabar sembari menonton televisi yang terpampang dalam ruangan? Atau merasa kesal karena waktu Anda terbuang untuk berlama-lama menemui seorang teller?
Adalah Donald C. Wetzel, ilmuan asal Amerika Serikat ini, kehilangan rasa sabarnya menunggu giliran dalam antrean panjang di sebuah kantor cabang bank. Ia lantas menemukan ide pengembangan mesin untuk nasabah melakukan transaksi.
Ide cemerlangnya itu bermula pada 1968, yang kemudian dikenal dengan nama automatied teller machine (ATM). Bagi Wetzel, ide mesin ATM itu ditujukan untuk menggantikan fungsi teller dalam melayani transaksi nasabah.
Tepat pada 2 September 1969, mesin ATM Wetzel untuk pertama kalinya digunakan secara komersial oleh Chemical Bank, New York. Saat itulah industri perbankan di dunia mengenal mesin ATM modern pertama yang menggunakan kartu plastik ber-strip magnetik dan sukses diterima bank-bank di Amerika Serikat.
Namun, mesin ATM Wetzel bukanlah yang pertama saat itu. Cikal bakal ATM itu sudah diperkenalkan sejak 1939 oleh Luther George Simjian. Sayangnya, pihak bank waktu itu masih tidak bisa menerima pemikian bahwa sebuah mesin dapat menggantikan pekerjaan manusia melayani nasabah.
Bahkan, permintaan mesin ATM kala itu masih sangat kecil. Alhasil, ATM temuan Simjian itu tidak sukses dipasaran.

Karena faktor itulah, Smithsonian’s National Museum of American History, lebih memilih mencatat nama Donald Wetzel sebagai penemu ATM. Apalagi, pada 1973, dari total 2.000 ATM yang beroperasi di Amerika Serikat, sebagian besar adalah model buatan Docutel—perusahaan tempat Wetzel bekerja.
Dulu, mesin-mesin ATM belum bisa terhubung dengan bank secara online. Pasalnya, bank-bank masih amat sangat selektif dalam memilih nasabah yang bisa menikmati layanan ATM. (*) 
Baru pada 1974, perusahaan bernama Diebold asal Amerika Serikat, berhasil mengaplikasikan ATM yang langsung terhubung secara online dengan bank, sehingga mesin ini makin bisa memenuhi permintaan industri perbankan.

C.    Macam-macam Perangkat pada Mesin ATM
3.1  Perangkat Keras
ATM biasanya terdiri dari perangkat berikut:
Ø  CPU (untuk mengontrol antarmuka pengguna dan perangkat transaksi)
Ø  Pembaca Magnetik dan/atau Chip kartu (untuk mengidentifikasi pelanggan)
Ø  Papan ketik PIN (mirip dalam tata letak papan kunci touchpad atau kalkulator), sering diproduksi sebagai bagian rangka yang aman.
Ø  Kriptoprosesor Aman, umumnya dalam bagian rangka yang aman.
Ø  Monitor (digunakan oleh pelanggan untuk melakukan transaksi).
Ø  Tombol fungsi (biasanya dekat dengan layar) atau layar sentuh (digunakan untuk memilih berbagai aspek transaksi).
Ø  Mesin pencetak rekam (untuk menyediakan pelanggan dengan catatan transaksi mereka).
Ø  Ruang penyimpanan (untuk menyimpan bagian-bagian mesin yang membutuhkan akses terbatas).
Ø  Housing (untuk estetika dan untuk melampirkan tanda tangan).

 Karena tuntutan komputasi lebih berat dan jatuhnya harga arsitektur mesin seperti-Personal Computer, ATM sudah beralih dari arsitektur perangkat keras kustom menggunakan mikrokontroler dan/atau aplikasi-spesifik sirkuit terpadu untuk mengadopsi arsitektur perangkat keras dari sebuah Personal Computer, seperti, koneksi USB untuk peripheral, Ethernet dan komunikasi IP, dan menggunakan sistem operasi komputer pribadi. Meskipun tidak diragukan lagi lebih murah untuk menggunakan perangkat keras komersial "diluar cangkang", hal ini membuat ATM berpotensi rentan terhadap jenis masalah yang sama ditunjukkan oleh Personal Komputer konvensional.

3.2  Perangkat Lunak
Sebuah mesin ATM Wincor Nixdorf menjalankan Windows 2000.
Dengan migrasi ke komoditas perangkat keras Personal Computer, sistem operasi standar komersial "diluar cangkang", dan lingkungan pemrograman dapat digunakan di dalam ATM. Platform Khas sebelumnya digunakan dalam pengembangan ATM termasuk RMX atau OS/2.
Pada saat  ini sebagian besar ATM di seluruh dunia menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, terutama Windows XP Professional atau Windows XP Embedded. Sejumlah kecil penyebaran dapat masih menjalankan versi Windows OS seperti Windows NT, Windows CE, atau Windows 2000.
Linux juga menemukan beberapa penerimaan di pasar ATM. Contoh dari hal ini adalah Banrisul, bank terbesar di selatan dari Brasil, yang mengganti sistem operasi MS-DOS di ATM nya dengan Linux. Banco do Brasil juga me-migrasikan ATM-nya ke Linux.          
Dengan terjadinya sistem operasi Windows dan XFS di ATM, aplikasi perangkat lunak yang memiliki kemampuan untuk menjadi lebih cerdas. Hal ini telah menciptakan generasi baru ATM aplikasi yang umum disebut sebagai aplikasi diprogram. Jenis aplikasi ini memungkinkan sebuah host yang sama sekali baru teraplikasi di mana terminal ATM dapat melakukan lebih dari hanya sekedar berkomunikasi dengan switch ATM. Sekarang sedang diberdayakan untuk terhubung ke server konten lain dan sistem video perbankan.
Perangkat lunak ATM terkemuka yang beroperasi pada platform XFS diantaranya Triton PRISM, Diebold Agilis EmPower, NCR APTRA Edge, Absolute Systems AbsoluteINTERACT, KAL Kalignite, Phoenix Interactive VISTAatm, dan Wincor Nixdorf ProTopas.


3.2.1        Penggunaan
Menggunakan ATM, pelanggan dapat mengakses akun bank mereka untuk membuat penarikan, uang tunai melalui kartu debit, dan memeriksa saldo rekening mereka serta membeli kredit ponsel prabayar . Jika mata uang yang ditarik dari ATM berbeda dengan rekening bank dalam mata uang (misalnya: Penarikan Yen Jepang dari rekening bank berisi Dolar AS), uang tersebut akan dikonversi pada nilai tukar resmi pasar. Dengan demikian, ATM sering memberikan salah satu kemungkinan harga tukar terbaik resmi untuk wisatawan asing, dan juga banyak digunakan untuk tujuan ini.

3.2.2        Alternatif Penggunaan
Mesin ATM dengan berbagai fungsi di Korea Selatan.
Meskipun ATM awalnya dikembangkan hanya sebagai dispenser uang tunai, alat ini
telah berkembang untuk memasukkan banyak fungsi-bank lainnya yang terkait. Di beberapa negara, khususnya yang memanfaatkan jaringan ATM lintas-bank terintegrasi (misalnya: Multibanco di Portugal), ATM mencakup banyak fungsi yang tidak berkaitan langsung dengan pengelolaan rekening bank sendiri, seperti:
Ø  Pengakuan deposit mata uang, penerimaan, dan daur ulang
       Membayar tagihan rutin:
Ø  Utilitas/kebutuhan rumah tangga (televisi kabel, PAM, dsb.)
Ø  Tagihan telepon
Ø  Tagihan listrik
Ø  Asuransi
Ø  Pajak
Ø  Mencetak rekening koran
Ø  Memperbarui buku tabungan
Ø  Memuat nilai uang ke Kartu Prabayar 

       Membeli:
Ø  Perangko
Ø  Tiket undian
Ø  Tiket transportasi (kereta, pesawat, dsb)
Ø  Tiket konser
Ø  Tiket bioskop
Ø  Pulsa telepon seluler

ATM berbeda dalam beberapa hal dari teknologi data link lain yang lebih umum seperti Ethernet. Sebagai contoh, ATM tidak melibatkan routing. Komponen perangkat keras yang disebut ATM Switch membentuk koneksi point to point antara kedua ujung transmisi, dan data mengalir langsung dari sumber ke tujuan. ATM tidak menggunakan paket dengan panjang yang berubah-ubah, tetapi menggunakan sel berukuran tetap.

3.2.3        Cara Kerja Mesin ATM
Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing lagi dengan nama ATM (Automatic Teller Machine), apalagi bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini transaksi apapun dapat dilakukan melalui ATM, mulai dari penarikan tunai, transfer, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, bahkan setoran tunai maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM. Nah, tahukah kamu bagaimana cara kerja sebuah mesin ATM? Yuk kita baca penjelasan selanjutnya…
Apakah dalam bayanganmu didalam ATM itu ada orang yang duduk, dan kalau ada yang mau ambil uang dihitung dulu setelah itu dikeluarkan kemudian diberi bukti penarikan? Tentu saja tidak seperti itu. Sebenarnya komponen ATM itu terdiri dari kotak ATM, tombol angka, layer monitor dan kamera (optional), yang biasa nampak dari luar. Sedangkan didalamnya terdiri dari satu unit computer CPU, key board, modem, kota uang, printer kecil dan card reader.
Cara kerja mesin ATM sangat sederhana dan mudah. Jika kamu ingin bertransaksi menggunakan ATM, kamu hanya tinggal memasukkan kartu ATMmu ke dalam mesin. Setelah kartu ATM dimasukkan kedalam mesin, maka kartumu akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam mesin. Fungsi dari magnetic card reader adalah sebagai pembaca dan penerima data. Setelah data dibaca, lalu data tersebut dikirim ke sistem komputerisasi bank.
Saat mesin berhasil membaca data dalam kartu ATM mu, maka mesin akan meminta nomor PIN (Personal Identification Number). PIN ini tidak terdapat di dalam kartu ATM melainkan kamu harus memasukkannya sendiri. Jadi jangan sampai lupa nomor PIN mu yah. Kemudian setelah kamu memasukkan PIN, maka data PIN tersebut akan diacak (di-encrypt) dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerasi di bank yang bersangkutan. Pengacakan data PIN ini dimaksudkan agar data-datamu tidak bisa terbaca oleh pihak lain.
Setelah data-datamu selesai diproses di sistem komputer bank, maka data-datamu akan dikirim kembali ke ATM. Dan kamu akan mendapatkan apa yang kamu minta di mesin ATM tersebut seperti uang tunai, cek saldo, transfer tunai, dan sebagainya.
Pada sebuah kartu ATM terdapat garis yang dinamakan Magnetic Chip. Magnetik Chip tersebut mempunyai fungsi sebagai sensor pendeteksi identitas pemilik kartu ATM. Magnetic Chip sangat sensitif dengan berbagai keadaan, contohnya apabila Magnetic Chip tergesek oleh sebuah benda maka Magnetic Chip tersebut akan kehilangan fungsinya.
Ada dua hal penting yang harus dijaga agar transaksimu di ATM aman, yaitu: Kartu ATM dan PIN. Kedua perangkat ini saling berhubungan erat, sehingga kamu harus selalu ingat nomer PIN mu dan menjaga agar kartu ATM mu tidak hilang. Oh iya, untuk menjaga keamanan, jangan pinjamkan Kartu ATMmu kepada orang lain untuk kepentingan apapun. Simpanlah Kartu ATMmu pada tempat-tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau orang lain.

D.    Karakteristik
Teknologi ATM menawarkan dua karakteristik yang memperbaiki tingkat kecepatan transfer data. Pertama, besarnya paket yang dikomunikasikan menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan protokol-protokol untuk sistem telepon, sehingga memungkinkan paket-paket dari pengguna yang berbeda yang melewati jaringan pada waktu yang bersamaan dapat dikelompokkan secara merata.Karakteristik ATM yang kedua adalah mengingkatnya kecepatan, dari 25 hingga 155 Mbps. Bahkan, peralatan ATM dapat menggabungkan 16 saluran menajadi satu untuk menghasilkan kecepatan transfer hampir sebesar 2,5 juta bit per detik.  
Sistem kerja bank ( bank employment system ) : Prinsipnya, bank bekerja untuk menghimbun dana dari masyarakat/corporat (disebut dana pihak ketiga) untuk kemudian disalurkan dalam bentuk kredit ke masyarakat/corporat. Sebagai kompensasi bagi pihak ketiga yang menempatkan dana di bank, bank memberikan kompensasi berupa bunga kepada pemilik dana. Demikian pula ketika bank menyalurkan kredit, maka bank menarik bunga atas dana yang dikreditkan. Nah, agar bank dapat membiayai operasionalnya, maka bunga yang diberikan terhadap dana simpanan tidak boleh lebih tinggi dari dana yang disalurkan sebagai kredit. Selisih bunga kredit diatas bunga simpanan disebut spread. Biasanya spread ini berkisar antara 4-8% per tahun.
Lalu, Bagaimana Bank memperoleh keuntungannya dari nasabah (How Banks derive profits from the customer ) ?(gimana perputaran uang nasabah yang dalam jumlah besar itu berputar

       Sumber pendapatan Bank ada 2 yaitu  :
·         Pendapatan Bunga, (Net Intereset Margin), yaitu selisih antara jumlah seluruh penghasilan bunga yang diperoleh bank selama masa tertentu dengan jumlah beban bunga yang harus mereka tanggung selama periode yang sama.
·         Free Bace Income, yaitu pendapatan dari berbagai jasa yang diberikan oleh bank. Misalnya: biaya transfer antar rekening. Biaya administrasi tabungan dan ATM, SMS banking, Internet banking, biasa penyaluran kredit, dan sebagaiNya.

Bila kita bandingkan sistem bank dulu dengan bank sekarang, dapat kita temukan bahwa bank sekarang banyak bekerjasama dengan pihak perusahaan asuransi dan investasi untuk keuntungan bersama dan meringankan beban periklanan demi meningkatkan efisiensi dan efeksitas kinerja bank.
Untuk kita ketahui, Fungsi utama dari bank adalah menyediakan jasa menyangkut penyimpanan nilai dan perluasan kredit. Bank berEvolusi dari fungsi awal saat pertama kali mendapat istilah bank, bank berawal dari awal tulisan dimana kegiatanNya sekedar simpan dan pinjam seperti koperasi dimana kegiatan ini tersimpan dalam sebuah catatan transaksi, dan berlanjut sampai sekarang, dimana bank sebagai institusi keuangan yang menyediakan jasa keuangan. Sekarang ini bank adalah institusi yang memegang lisensi bank. Lisensi bank diberikan oleh otoriter supervisi keuangan dan memberikan hak untuk melakukan jasa perbankan dasar, seperti menerima tabungan dan memberikan pinjaman (*sedikit rumit dimengerti alur evolusi bank). Jasa bank sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara.
 Jasa perbankan pada umumnya terbagi atas dua tujuan, yaitu :
·         Sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang efesien bagi nasabah. Untuk ini, bank menyediakan uang tunai, tabungan, dan kartu kredit. Ini adalah peran bank yang paling penting dalam kehidupan ekonomi. Tanpa adanya penyediaan alat pembayaran yang efesien, maka barang hanya dapat diperdagangkan dengan cara barter yang memakan waktu.
·         Dengan menerima tabungan dari nasabah dan meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan dana, berarti bank meningkatkan arus dana untuk investasi dan pemanfaatan yang lebih produktif. Bila peran perbankan ini berjalan dengan baik, ekonomi suatu negara akan meningkat.

Tanpa adanya arus dana ini, uang hanya berdiam di saku seseorang, orang tidak dapat memperoleh pinjaman dan bisnis tidak dapat dibangun karena mereka tidak memiliki dana pinjaman.
Eksistensi perbankan dalam suatu negara akan sangat dipengaruhi oleh kemampuannya membaca perubahan-perubahan di lingkungan eksternalnya, baik pada lingkup nasional maupun internasional.

E.     Masalah Yang Terjadi Pada ATM
4.1  Pengertian Skiming
Skiming adalah Salah satu kasus kejahatan berkaitan dengan ATM adalah skimming. Nasabah dari sejumlah bank tiba-tiba terpotong saldo tabungannya, padahal mereka tidak melakukan transaksi pengambilan uang. Dalam kegiatan skimming, data pada kartu magnetik ATM disalin kemudian dituliskan kembali pada kartu magnetik kosong. Sehingga kartu ATM asli dan kartu yang sudah ditulis datanya menjadi identik. Kartu kloning inilah yang dapat berfungsi seperti kartu ATM asli. Namun bagaimana para penjahat ini dapat mengambil uang nasabah dengan kartu baru ini jika tidak mengetahui nomor PIN?
Untuk bertransaksi di ATM, selain menggunakan kartu, seorang nasabah juga harus memasukkan nomor PIN. Maka, untuk mendapatkan nomor PIN nasabah, kamera pengintai diletakkan di posisi yang tepat di sekitar ATM sehingga angka yang dimasukkan nasabah saat bertransaksi dapat terlihat. Selain itu, beberapa penjahat menggunakan cara tradisional dengan mengintip saat nasabah memasukkan nomor PIN. Dengan metode tersebut, berarti penjahat telah memiliki kartu ATM hasil kloning yang berisi data yang sama dengan kartu ATM asli milik Anda dan nomor PIN yang tepat, sehingga mereka bisa bertransaksi dengan menggunakan rekening Anda. Akibatnya, bila mereka mengambil uang dari rekening Anda, berarti uang Anda di bank berkurang.

4.2  Faktor-faktor Penyebab Nonspesifik ATM
4.2.1        Noise
Dalam sistem komunikasi, keberhasilan tergantung pada seberapa akurat penerima bisa menerima sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim. Dan sebagian besar kesalahan pengiriman informasi dalam sistem komunikasi disebabkan oleh noise. Istilah noise digunakan dalam sistem komunikasi untuk menyatakan sinyal yang tidak dikehendaki yang menyertai sinyal pesan. Sinyal yang tidak dikehendaki ini bisa timbul dari berbagai sumber yang dapat diklasifikasikan ke dalam dua golongan, yaitu noise buatan manusia (man-made noise) dan noise alami (naturally noise). Beberapa jenis noise yang terdapat dalam sistem komunikasi digital di antaranya adalah thermal noise, shot noise, flicker noise, transient noise (sporadic noise), dan noise kuantisasi. Thermal noise merupakan suatu fenomena noise yang berhubungan dengan suhu material. Semakin tinggi suhu komponen, daya noise akan semakin besar. Shot noise disebabkan oleh aliran elektron yang terutama terjadi pada komponen aktif. Shot noise memperbesar daya noise. Flicker noise berkaitan dengan ketidakteraturan hubungan dan permukaan pada katoda semikonduktor, dan kehadirannya disebabkan oleh terjadinya fluktuasi konduktivitas medium. Flicker noise memperbesar daya noise sebanding dengan panjang gelombang. Trsnsient noise ditimbulkan oleh sebab-sebab alami seperti petir dan sebab-sebab buatan manusia seperti sistem pengapian, sistem saklar, dan relai. Salah satu jenis transient noise yang paling sering terjadi adalah impulse noise. Transient noise dapat menyebabkan kesalahan dalam sinkronisasi. Noise kuantisasi timbul pada saat proses pengubahan sinyal analog menjadi sinyal digital akibat pembulatan level sinyal kontinyu ke harga-harga yang diskrit dan terutama dirasakan pada sinyal yang memiliki level rendah. Noise kuantisasi menyebabkan timbulnya kesalahan dalam regenerasi sinyal. Batas noise yang diizinkan biasanya ditentukan oleh perbandingan antara daya sinyal informasi dengan daya noise yang masuk ke dalam suatu sistem komunikasi atau biasa dikenal dengan signal to noise ratio (SNR atau S/N). Dalam sistem komunikasi digital di mana informasi yang dikirim berupa bit-bit data, dikenal juga perbandingan antara energi sinyal tiap bit (energi bit) terhadap daya noise (Eb/No). Pada ATM, bit error yang terjadi dalam sel juga disebabkan oleh noise-noise di atas. Bit error yang terjadi pada bidang header menyebabkan terjadinya kesalahan pengalamatan sel sehingga buffer pada sistem switching akan overflow dan terjadi kepadatan pada jalur (link) yang bukan miliknya. Sementara bit error yang terjadi pada bidang informasi akan menurunkan kualitas layanan yang diterima oleh pemakai terutama pada layanan yang bersifat real time dan yang tidak toleran terhadap bit error, misalnya layanan video dan audio berkualitas tinggi. Pada beberapa layanan, sel-sel yang salah alamat juga menyebabkan hilangnya sinkronisasi.

4.2.2        Delay Transmisi dan Switching
Delay didefinisikan sebagai selisih waktu antara saat pengiriman blok (sebuah bit atau sebuah paket data) informasi pada sumber (t0 ) dan saat penerimaan blok informasi tersebut di sisi penerima (t1). Secara umum, delay yang terjadi dalam jaringan telekomunikasi disebabkan oleh delay transmisi dan delay switching. Delay transmisi tergantung pada jarak yang harus ditempuh antara sumber dengan tujuan dan juga tergantung pada jenis media transmisinya, tetapi tidak tergantung pada teknik pengiriman data yang digunakan. Delay transmisi terjadi karena terbatasnya kecepatan sinyal dalam media. Delay switching adalah delay total yang diperlukan sebuah sel untuk melalui perangkat switching, yaitu sejak sel masuk ke inlet switching hingga berada di outlet perangkat switching tersebut. Kecepatannya bergantung pada kecepatan internal switch dan proses-proses penambahan bit informasi yang diperlukan.

F.     Faktor-faktor Penyebab Spesifik ATM
5.1  Keterbatasan Switching dan Buffer ATM
Dalam switching ATM, throughput (debit data yang berhasil lewat/dilayani) dan kecepatan bit error tergantung pada teknologi dan ukuran sistem switching yang digunakan. Tiga parameter penting yang menentukan unjuk kerja suatu switching ATM adalah bloking hubungan (connection blocking), probabilitas terjadinya kehilangan dan penyiapan sel (cell loss and cell insertion probability) serta delay switching.

5.2  Bloking Hubungan
ATM merupakan teknik transfer informasi yang berorientasi pada hubungan. Artinya, pada saat proses pembangunan hubungan, hubungan logika harus ditemukan antara inlet dan outlet logika. Bloking hubungan ditentukan oleh probabilitas tidak tersedianya sumber daya (resources) yang cukup antara inlet dengan outlet dalam switch yang bisa menjamin tingkat kualitas hubungan pada derajat yang dibutuhkan, baik untuk hubungan yang telah ada (existing connection) maupun hubungan yang baru. Jika tersedia sumber daya yang cukup (yaitu bandwidth dan nilai header) pada inlet dan outlet switch, maka bloking hubungan internal tidak akan terjadi. Jadi hubungan baru selalu dapat dibangun jika sumber daya tersedia pada eksternal link, tanpa melihat cukup atau tidaknya sumber daya pada internal switch. Beberapa implementasi switch yang lain mempunyai bloking hubungan internal sehingga harus dilakukan pengalokasian sumber daya setiap kali akan dibangun hubungan baru. Probabilitas bloking switch dalam hal ini ditentukan oleh ukuran switch, yakni jumlah hubungan internal yang tersedia dan beban hubungan yang harus dilayani.

5.3  Probabilitas Terjadinya Kehilangan Dan Penyisipan Sel
Pada suatu saat dapat terjadi terlalu banyak sel yang berada dalam satu link yang sama, baik link internal switch maupun eksternal. Akibatnya akan terjadi antrian (queue) di luar kemampuan buffer (buffer overflow) sehingga akan menyebabkan hilangnya sel. Probabilitas terjadinya kehilangan sel harus dijaga dalam batas-batas tertentu untuk menjamin kualitas layanan yang tinggi. Probabilitas tipikal terjadi sel hilang dalam switch ATM berkisar antara 10-8 dan 10-11.
Selain itu juga dapat terjadi sel-sel ATM mengalami kesalahan pengalamatan internal di dalam switch, sehingga sel-sel tersebut akan melalui link yang salah. Probabilitas penyisipan sel yang salah ini kurang lebih 1000 kali lebih baik dari probabilitas sel hilang.

5.4  Delay Switching
Waktu yang diperlukan untuk men-switch sebuah sel ATM melalui switch-switch ATM merupakan faktor yang memberikan kontribusi cukup besar pada delay total. Harga tipikal delay switch ATM berkisar antam 10 hingga 1000 us dengan delay jitter kurang dari 100 us. Dalam banyak kasus, delay jitter ditentukan oleh probabilitas saat delay switching lebih besar dari suatu harga tertentu yang disebut quantile. Jitter sebesar 100 us pada 10-10 qusnffle menyatakan bahwa probabilitas delay swicth lebih besar dari 100 us adalah kurang dari 10-10.
Selain keterbatasan switching, perangkat yang ikut mempengaruhi unjuk kerja jaringan ATM adalah buffer. Dalam hal ini adalah buffer yang ada di sisi pengirim dan di sisi penerima. Buffer di sisi penerima berfungsi untuk menyamakan atau meratakan (smoothing) aliran trafik yang datang dan menyimpan untuk sementara paket-paket data ketika prosesor sedang sibuk. Sedangkan buffer di sisi pengirim berfungsi menyimpan untuk sementara paket data yang hendak dikirim hingga paket data tersebut dikirim setelah permintaan hubungannya diterima oleh jaringan.

5.5  Error pada Header
Error yang terjadi dalam bit-bit header sel ATM disebabkan oleh noise selama proses transmisi. Bidang header adalah khas ATM, dan implikasi kesalahan bit dalam header secara langsung dapat menurunkan kualitas layanan jaringan ATM. Karena itu error pada bidang header dimasukkan ke dalam faktor-faktor penyebab menurunnya kualitas layanan jaringan ATM yang spesifik ATM.
Dalam ATM, error yang terjadi pada bit-bit bidang header menyebabkan perangkat switching atau multipleksing salah menerjemahkan alamat yang dibawa header sehingga terjadi kesalahan pengalamatan sel. Kesalahan pengalamatan ini terjadi jika header yang telah berubah tadi memiliki alamat link yang lain. Dalam hal ini, 2 link akan menerima akibat karena kesalahan pengalamatan sel. Satu link akan kehilangan sel, sementara link yang lain akan menerima satu sel tambahan. Jika header yang berubah tadi tidak berisi suatu alamat link dalam jaringan, sel akan diabaikan sehingga hanya akan terjadi kehilangan sebuah sel pada satu link.

5.6  Kesalahan Pengalokasian Bandwidth
Pengalokasian bandwidth adalah penentuan lebar bandwidth yang diperlukan oleh sebuah hubungan dalam jalingan untuk mencapai tingkat kualitas layanan tertentu. Pengalokasian bandwidth dalam jaringan B-ISDN menjadi hal yang kompleks karena layanan-layanan yang harus dilayani memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik dalam kecepatan bit maupun sifat hubungannya.
Description: http://www.elektroindonesia.com/elektro/telko8a1.gifPenetapan kecepatan transfer link di bawah kecepatan puncak trafik layanan akan menyebabkan penurunan kualitas, karena pada saat kecepatan bit lebih besar dari kecepatan transfer link, beberapa bit akan hilang atau diabaikan seperti yang diilustrasikan dalam Gambar 1.
Description: http://www.elektroindonesia.com/elektro/telko8a2.gif 


Sementara jika kecepatan transfer ditetapkan pada kecepatan puncak trafik, akan terjadi pemborosan bandwidth yang berarti pemborosan sumber daya jaringan sehingga jaringan menjadi tidak efisien seperti yang diilustrasikan dalam Gambar 2.

Pada layanan video misalnya, kecepatan aliran bit video yang dimasukkan ke jaringan ditentukan oleh bandwidth yang dialokasikan pada jaringan. Pengalokasian kecepatan bit konstan pada sumber video akan menyebabkan penurunan kualitas gambar jika gambar memiliki kandungan informasi yang besar, dan akan menyebabkan penurunan efisiensi penggunaan bandwidth jika gambar memiliki kandungan informasi sedikit. Karena kerugian-kerugian inilah maka teknik pengkodean video akan mengarah kepada penggunaan teknik VBR (Variable Bit Rate) video.

5.7  Delay Spesifik ATM
Delay yang terjadi dalam jalingan ATM berhubungan dengan karakteristik unjuk kerja ATM, yaitu time transparency. Time transparency didefinisikan sebagai kemampuan jaringan mentransfer data dengan delay sekecil mungkin. Delay akan sangat berpengaruh pada layanan yang bersifat real time seperti voice dan video. Dua parameter yang menpengaruhi time transparency yaitu delay dan delay jitter. Untuk setiap blok informasi, delay yang terjadi dapat berbeda-beda sehingga menimbulkan variasi delay. Delay jitter didefinisikan sebagai variasi delay pada selang waktu tertentu. Beberapa delay yang khas ATM dan memberikan kontribusi pada delay total dalam jaringan ATM adalah delay pengkodean (coding delay), delay paketisasi (packetization delay), delay depaketisasi (depacketization delay), dan delay switching. Delay switching terdiri dari delay tetap (fixed delay) dalam peralatan switching dan delay antrian (queueing delay) dalam buffer peralatan switching.

G.    Penanganan Keluhan (Complain) Nasabah menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
Adakalanya ketika terjadi suatu masalah bagi nasabah maka mereka akan melakukan suatu komplain dengan menyampaikan keluhan kepada bank. Maka dari itu sebagai bank yang baik harus bisa melakukan pelayanan komplain tersebut, ini berarti menunjukkan kualitas pelayanan atau responsiveness dalam upaya membantu nasabah menghadapi masalah. Salah satu masalah yang dihadapi nasabah yaitu pada saat bertransaksi dengan mesin ATM. Banyak ditemukan masalah oleh nasabah ketika menemukan
Anjungan Tunai Mandiri yang dikatakan tidak bisa digunakanatau  offline,  penyebab mesin
ATM offline yaitu :
1.      Reject Full atau kotak reject penuh bisa disebabkan karena terlalu banyak
uang yang ter-reject di dalam Purge Bin (tempat penyimpanan uang rusak
atau lengket).
2.      Cash Handler Error atau Pengolahan uang bermasalah disebabkan adanya masalah pada modul Dispenser (alat pengolahan jumlah uang), adanya uang yang menyangkut atau ada bagian dari modul Dispenser yang rusak.
3.      Printer Faulted adalah masalah pada bagian printer di dalam ATM yang meyebabkan struk transaksi tidak tercetak, dalam hal ini ATM masih dapat bekerja.
4.      MCRW  (Magnetic Card Read Write)  Faulted, atau alat pembaca kartu bermasalah merupakan masalah pada modul pembaca kartu nasabah, yang bisa disebabkan dari kartunya atau dari alat pembaca MCRW.
5.      Communication Down, atau jaringan lemah merupakan masalah yang disebabkan karena terputusnya koneksi di ATM, yang bisa disebabkan dari Card Communication pada ATM serta dari HOST (jaringan internet pusat ATM).
6.      Mesin ATM Kotor Sensor tidak Bekerja Optimal,  biasanya secara rutin dari pihak vendor ( pihak ke-3  penyedia mesin) akan melakukan maintenance rutin terhadap ATM, sehingga seluruh system, sensor dan jaringan yang ada di mesin ATM dapat bekerja dengan baik.

Ada beberapa masalah-masalah lain yang dihadapi nasabah ketika  menggunakan ATM antara lain, Yaitu :
1.      Kartu ATM sangkut, dimana kartu ATM nasabah tidak bisa keluar dari mesin, maka nasabah harus melakukan laporan kepada pihak bank penyedia ATM agar segera menindak lanjuti masalah tersebut.
2.      Uang yang keluar tidak sesuai dengan yang di inginkan atau tidak keluar sama sekali, dan tidak sesuai dengan laporan uang yang ditampilkan. Ketika nasabah mengambil uang dan ternyata terdapat perbedaan dengan laporannya, nasabah bisa segera mengkomplain kepada bank pihak penyedia ATM.
3.      Nomor  pin yang salah dimasuki, apabila nasabah salah memasuki pin sebanyak 3 (tiga) kali, maka kartu  ATMnya akan diblokir, nasabah dapat mengulangi memasuki nomor pin setelah 1 x 24jam setelah terjadi kesalahan pemasukan nomor sebelumnya. Apabila nasabah lupa dengan  nomor pinnya, maka nasabah bisa menghubungi bank untuk meminta kembali nomor  pinnya disertai bukti-bukti yang benar. Pada bank setiap, diberikan jasa layanan untuk membantu nasabah dalam menghadapi masalah pada ATM, nasabah



6.1  Penurunan Kualitas Layanan Jaringan ATM
Majalah Elektro Indonesia beberapa edisi yang lalu pernah memuat tulisan tentang parameter kualitas layanan jaringan ATM yang membahas parameter-parameter obyektif jaringan ATM yang direkomendasikan untuk berbagai jenis layanan yang berbeda. Tulisan berikut dimaksudkan untuk melengkapi informasi tentang kualitas layanan jaringan ATM dengan mengambil fokus permasalahan pada faktor-faktor penyebab menurunnya kualitas layanan jaringan ATM. Uraian tentang faktor-faktor penyebab menurunnya kualitas layanan jaringan ATM diharapkan mempermudah analisis terhadap masalah yang mungkin timbul dalam jaringan ATM sehingga langkah-langkah penanganan masalah dapat cepat dilakukan, kelak jika ATM sudah luas diterapkan di Indonesia. ATM (Asynchronous Transfer Mode) telah ditetapkan oleh CCITT (ITU-T) sebagai teknik transfer data yang paling sesuai untuk B-ISDN (Broadband Integrated Services Digital Network). ATM adalah teknik transfer data mutakhir yang di satu sisi mengintegrasikan hampir semua kelebihan-kelebihan teknik transfer informasi yang telah ada sebelumnya, yaitu packet switching dan circuit switching, dan di sisi lain mereduksi atau bahkan mengeliminasi kekurangan-kekurangan yang ada pada keduanya.
Banyaknya kelebihan yang dimiliki jaringan ATM tidak berarti ATM tanpa kekurangan. Komponen penunjang jaringan ATM seperti juga jaringanan yang lain tersusun atas material fisik. Perubahan fisis karena pengaruh suhu, aliran elektron, petir, dan sebagainya akan menimbulkan noise yang akan berpengaruh pada unjuk kerja jaringan. Selain kesalahan transfer karena sebab-sebab fisis di atas, dalam jaringan ATM yang melibatkan bit-bit informasi kemungkinan terjadinya kesalahan bertambah karena mekanisme penanganan bit-bit informasi yang memiliki kelemahan, misalnya mekanisme pembuangan sel atau paling tidak penundaan pengiriman sel apabila terjadi overflow. Kekurangan-kekurangan di atas pada akhirnya akan menyebabkan menurunnya kualitas layanan jaringan ATM secara keseluruhan.

7.      Macam –Macam Atm Dan Pengertianya
7.1  Atm Setoran Tunai
Setoran tunai atau yang di sebut juga CDM ( Cash Deposite Machine ) Mesin ini memang sudah lama di luncurkan oleh beberapa bank - bank di indonesia tetapi saya baru merasakan akhir akhir ini
Dengan adanya setoran tunai ini pihak bank kepingin memberikan kepuasan kepada pelanggan dan untuk menghindari atrian panjang di teller pada jam jam tertentu dan memberikan pilihan kepada pelanggan untuk menyertokan uang nya di luar jam kerja dan di hari libur sekalipun
Setoran tunai membantu sekali para nasabah untuk antri di teller dan membantu nasabah untuk menabung di hari - hari libur dan di luar jam kerja, saya pun merasakan sekali manfaat dari setoran tunai ini dengan nominal 20, 50 dan 100 ribu saya pun bisa tengah malam bahkan shubuh kita bisa menabun

Setoran tunai ini juga mambantu para pengusaha kecil untuk menabung dengan nilai yang mungkin bikin kita malu kalau kita menabung lewat teller, bayangkan jika hari itu kita menabung dengan nominal 20 ribu mau di kemana kan muka kita yang ganteng lan ayu ini jika kita menabung melalui teller, tetapi dengan setoran tunai kita bisa menabung dengan minimum 20 ribu dan kita terhindar dari rasa malu itu







Cara penggunaan setoran tunai di bank BCA
Ada beberapa tips yang kemarin di berikan kepada pihak teknisi kepada saya bila menggunakan mesin setoran tunai dan kebetulan pada saat mau setor ada mesin sebelah yang mengalami masalah dan setelah saya amati ternyata di dalam mesin uang kelipat dan lebih dari 50 lembar dan ini menyebab kan mesin mengalami gangguan dan mengahabat trasaksi kita
1.      Hitung berapa jumlah uang yang kita setorkan jangan lebih dari 50 lembar
2.      Rapikan uang anda dan pilah pilah sesuia dengan nilai nominal, bila anda
ingin menyetorkan dengan berbagai nilai nominal
3.      Jangan menyetor secara bersamaan ” jika yang anda setorkan 20 lembar buat lah menjadi 4 atau 5 transaksi ini berjaga jaga bila mesin setoran tunai penuh dan sewaktu- waktu mengalami masalah karena proses claim aga lama dan tergantung bank nya ”
4.      Bila anda mengalami masalah pada mesin setoran tunai panggil secepatnya pihak keamanan

Mesin setoran tunai sangat berguna bagi para nasabah yang mau menyetorkan uang nya ke bank dan saya rasa sangat bermanfaat bila mana di letakkan di setiap pasar dan terminal, supaya para pedagang, supir angkot, bus, taksi dan ojeg bisa langsung menyetorkan uang tunai apa lagi mereka yang mempunyai cicilan di bank, alangkah senang nya mereka tak perlu antri di bank dan engga malu ama petugas teller yang cantik dan ganteng bila menyetorkan menyetorkan uang nya dengan nominal 20 ribu

7.2  Atm Tarik Tunai Kartu Kredit\
Konsep awal yang dimaksud tarik tunai kartu kredit adalah ketika kita menggunakan kartu kredit untuk mengambil uang tunai (cash withdrawal) dari mesin ATM. Jadi layaknya mengambil uang tunai dengan kartu ATM. Yang kita butuhkan sudah jelas sebuah nomor PIN kartu kredit. Kartu kredit bisa dipergunakan untuk mengambil uang tunai lewat mesin ATM karena memang merupakan salah satu manfaat dan fasilitasnya. Bahkan bisa ambil tunai hampir di semua mesin ATM di seluruh dunia asal logonya tercantum.

7.3  Kemudahan Setor dan Tarik di ATM Star BCA
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan bank yang tak pernah berhenti berinovasi baik dalam penciptaan produk maupun penyediaan layanan keuangan. Satu lagi inovasi layanan yang diberikan BCA kepada nasabahnya adalah ATM Setor Tarik (Star).
ATM Star sendiri adalah solusi BCA mengenai masalah efisiensi waktu dan biaya operasional. Dengan ATM Star, nasabah tak perlu lagi berpindah mesin dan mengantre kembali untuk melakukan transaksi nontunai setelah melakukan penyetoran uang. Melalui ATM Star, seluruh transaksi keuangan bisa dilakukan hanya di satu ATM, seperti tarikan tunai, setoran tunai, dan transaksi nontunai seperti transfer, pembayaran, dan pembelian.
Kehadiran ATM Star ini jelas memberikan keuntungan bagi banyak pihak. Benefit bagi nasabah, praktis dan hemat waktu dalam bertransaksi, tidak perlu lagi mengulang antrian di mesin lain untuk melakukan transaksi yang berbeda, karena multifungsi yang disediakan. Lalu benefit bagi vendor cash in transit waktu kunjungan ke mesin untuk melakukan replenishment uang menjadi lebih panjang dari normalnya, sehingga menghemat biaya kunjungan. Sementara itu, benefit bagi BCA, kebutuhan ruangan untuk menyediakan berbagai macam fungsi transaksi dengan menempatkan berbagai macam jenis ATM di lokasi menjadi lebih praktis, karena tidak perlu menempatkan banyak mesin ATM untuk transaksi yang berbeda-beda.
Dari sisi biaya expenditure dan cash handling  juga akan semakin efisien, serta tingkat utilisasi rate per ATM akan semakin tinggi.Kelebihannya tidak hanya berhenti di situ. ATM Star BCA memiliki fitur multidenominasi. Maksudnya, Anda bisa memilih pecahan yang diinginkan, Rp 50 ribu, Rp 100 ribu, atau campuran antara keduanya. Baik saat melakukan transaksi setoran tunai maupun transaksi penarikan tunai. Dengan catatan untuk transaksi penarikan tunai,  adanya ketersediaan denominasi atau pecahan uang yang cukup di dalam mesin. Inilah yang dimaksud dengan cash handling menjadi efisien. Uang dari transaksi setoran tunai bisa diputar kembali untuk fitur penarikan tunai. 
Sejak diperkenalkan pada Agustus 2013, kini ATM Star BCA sudah ada di 20 lokasi di Jabodetabek dan dua mesin  terdapat di Menara BCA, Jakarta serta Wisma Asia, Jakarta. Tahun ini, BCA menargetkan untuk mengganti 100 unit mesin terlebih dulu. BCA sendiri saat ini sudah memiliki 14.048 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Di beberapa negara di benua Asia, ATM model ini sudah tidak aneh lagi. ATM ini juga biasa disebut recycle ATM atau cash recycling machine dan pertama kali diperkenalkan oleh Jepang pada 1985, disusul oleh Korea Selatan di 1995. Negara seperti China, Thailand, Malaysia, dan Taiwan sudah menggunakannya.
BCA merupakan bank pertama di Indonesia yang memperkenalkan ATM Setor Tarik atau Star kepada nasabahnya. Kehadiran ATM Star ini diharapkan dapat membantu nasabah semakin nyaman dan cepat dalam bertransaksi, baik untuk bisnis maupun urusan sehari-hari baik dalam hal penyetoran uang tunai, penarikan, pembayaran tagihan, pembelian voucer, dan lainnya.













BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
ATM pertama, atau mesin teller otomatis, diciptakan dan dipatenkan pada tahun 1939 oleh Luther Simjian. Model ini merupakan prototipe berhasil, tetapi memimpin jalan ke ATM modern pertama, dibuat oleh James Goodfellow pada tahun 1966. Karena kemampuan untuk terhubung ke bank melalui komputer belum tersedia, akses ke mesin ini hanya diberikan kepada nasabah bank pilih beberapa. ATM pertama yang menggunakan kartu dengan strip magnetik dipatenkan pada tahun 1977. Meskipun mesin ini ada awal, itu tidak sampai akhir 1980-an yang menjadi lumrah dalam ATM perbankan modern.

B.     Keuntungan
Keuntungan utama menggunakan ATM adalah kenyataan bahwa Anda dapat memiliki akses ke uang tunai di rekening bank Anda setiap kali Anda membutuhkannya. Jika, misalnya, Anda berada di sebuah toko yang tidak mengambil cek atau kartu kredit tetapi memiliki ATM, Anda dapat menarik uang untuk pembelian Anda. Ini juga berarti Anda dapat melakukan perjalanan di mana saja tanpa uang tunai. Jika lokasi memiliki ATM dan Anda memiliki kartu ATM Anda, Anda dapat mengakses uang Anda langsung.

C.    Kitikan dan Saran
Tugas ini yang ditulis oleh pemakalah bahwa jauh dari kesempurnaan, karena keterbatasan referensi, yang terutama minimnya ilmu yang dimiliki oleh penulis, maka dari itu penulis meminta ktirikan dan saran kepada peserta diskusi dan dosen pembimbing yang bersifat membangun.





Daftar pustaka








18 komentar:

  1. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana aku pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Aku merasa sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN KREDIT PERUSAHAAN, dan saya mengajukan pinjaman sebesar 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi, jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di email-nya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di Nicole Morgan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman, bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, ibu kontak Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan guardiance hadijaboften2@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  3. Cara Mendapatkan Kartu Atm Blank yang Urgent .... selama bertahun-tahun saya sangat miskin, frustrasi dan patah hati.
    saya kehilangan pekerjaan saya dan tidak ada yang bahkan siap untuk membantu saya, tapi sangat beruntung bagi saya, saya mendapatkan kartu ATM kosong dari seorang hacker profesional, saya pikir kartu ini tidak akan berfungsi seperti yang lain, tapi saya hanya mencobanya dan bekerja dengan baik. keren seperti sihir, dan saya bisa menarik cukup uang dengan kartu ATM kosong ini tanpa penyumbatan apapun.
    Saya sangat diberkati untuk memiliki kartu ini dengan saya, saya sering melakukan penarikan dan saya sangat kaya sekarang.
    jika Anda memerlukan kartu ATM nyata kosong untuk membantu Anda mengatasi masalah pendapatan Anda, hubungi peretas yang baik ini di emailnya rickatmcardoffer@gmail.com atau whataspp_number +1) 6106343682.
    maka Anda akan menikmati apa yang saya nikmati sekarang.
    ThanK Tuhan untuk hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  4. Cara Mendapatkan Kartu Atm Blank yang Urgent .... selama bertahun-tahun saya sangat miskin, frustrasi dan patah hati.
    saya kehilangan pekerjaan saya dan tidak ada yang bahkan siap untuk membantu saya, tapi sangat beruntung bagi saya, saya mendapatkan kartu ATM kosong dari seorang hacker profesional, saya pikir kartu ini tidak akan berfungsi seperti yang lain, tapi saya hanya mencobanya dan bekerja dengan baik. keren seperti sihir, dan saya bisa menarik cukup uang dengan kartu ATM kosong ini tanpa penyumbatan apapun.
    Saya sangat diberkati untuk memiliki kartu ini dengan saya, saya sering melakukan penarikan dan saya sangat kaya sekarang.
    jika Anda memerlukan kartu ATM nyata kosong untuk membantu Anda mengatasi masalah pendapatan Anda, hubungi peretas yang baik ini di emailnya rickatmcardoffer@gmail.com atau whataspp_number +2348108439977.
    maka Anda akan menikmati apa yang saya nikmati sekarang.
    ThanK Tuhan untuk hidup.

    BalasHapus
  5. Nyonya Lim


    Cara Mendapat Kartu ATM Kosong yang Mendesak .... selama bertahun-tahun saya sudah sangat miskin, frustrasi dan patah hati.
    Saya kehilangan Job saya dan tidak ada yang bahkan siap untuk membantu saya, tetapi sangat beruntung bagi saya saya mendapat kartu ATM kosong dari seorang hacker profesional, saya pikir kartu ini tidak akan berfungsi seperti yang lain, tetapi saya hanya mencobanya dan itu bekerja cukup keren seperti sulap, dan saya bisa menarik uang cukup dengan kartu ATM kosong ini tanpa ada penyumbatan.
    Saya sangat beruntung memiliki kartu ini dengan saya, saya selalu melakukan penarikan dan saya sangat kaya sekarang.
    jika Anda membutuhkan kartu ATM kosong untuk membantu Anda keluar dari masalah penghasilan Anda, hubungi peretas yang baik ini di emailnya rickatmcardoffer@gmail.com
    maka Anda akan menikmati apa yang saya nikmati sekarang.
    ThanK God for life. WHATSAPP HIM JUGA NOMOR; +2348108439977

    BalasHapus
  6. Saya Ny. Mariam Farid, pemberi pinjaman swasta, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melengkapi kebutuhan keuangan Anda, seperti membayar tagihan, memperluas bisnis, atau melunasi utang? Kami memberikan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta atau pekerja pemerintah dengan suku bunga rendah 2% untuk jumlah yang diminta dan tanpa banyak stres atau kertas bekerja dan dengan jadwal angsuran bulanan yang nyaman. Hubungi kami melalui email: (mariamfaridfinancialservices@gmail.com) datang dan berbagi kebesaran perusahaan dan penuhi impian Anda.

    BalasHapus
  7. Apakah Anda menantikan untuk membeli untuk menyelamatkan kehidupan teman dan anggota keluarga. Apakah Anda Mempertimbangkan atau ingin menjual ginjal Anda karena kehancuran keuangan? Atau Anda perlu mengumpulkan uang untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar utang atau harga yang bagus? Ini adalah kesempatan untuk menjual seharga $ 800,000.00 dolar? Kirimi kami pesan hari ini sesegera mungkin. Saat ini kami sedang membeli dan menjual Ginjal. Rumah Sakit kami juga memiliki spesialisasi dalam Bedah Ginjal dan Hati dan kami saat ini bekerja sama dengan rumah sakit internasional lainnya untuk membeli dan menjual Ginjal sehat, dengan donor hidup dan donor yang sesuai. Kami berlokasi di India, Kanada, Inggris, Pakistan, Cina, Chili Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, Columbia dll.
    Jika Anda tertarik menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    Hubungi kami melalui Email: doctorcollins3@gmail.com
    Donor Asli / Jual / Pembeli Dibutuhkan
    Salam Hormat….
    Dr Collins.

    BalasHapus
  8. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  9. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  10. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  11. Saya sedang mencari pinjaman untuk memilah tagihan & hutang saya, kemudian saya melihat komentar tentang Kartu Kredit ATM Kosong yang dapat diretas untuk menarik uang dari mesin ATM manapun di sekitar Anda. Saya ragu tetapi memutuskan untuk mencobanya dengan menghubungi {blankatm156@gmail.com} mereka merespons dengan pedoman mereka tentang cara kerja kartu. Saya yakin bahwa kartu dapat menarik $ 5.000 instan per hari & dikreditkan dengan $ 50.000 jadi saya meminta satu & membayar biaya pengiriman untuk mendapatkan kartu, setelah 24 jam kemudian, saya terkejut melihat agen UPS di tempat tinggal saya dengan seorang residen. parcel {card} saya menandatangani dan masuk kembali ke dalam dan mengkonfirmasi pekerjaan kartu setelah agen pergi. Ini tidak ada keraguan karena saya punya kartu & telah menggunakan kartu. Peretas ini adalah peretas berbasis di AS yang dirancang untuk membantu orang-orang dengan kebebasan finansial !! Hubungi email ini jika Anda ingin kaya dengan ini Via: blankatm156@gmail.com

    BalasHapus
  12. Direktur hubungi whatsapp ..... +447456405237
    Ikut pada Instagram @
    Aasimahaadilaahmed.loanfirm
    Kericau; aasimhaloanfirm

    Halo semuanya, saya Teddy Liza, saat ini tinggal di Indonesia, saya menikah dengan dua anak dan saya telah terjebak dalam situasi keuangan sejak November 2018 dan saya perlu bantuan membayar tagihan saya untuk perawatan anak saya. Saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman, baik perusahaan swasta tetapi tidak pernah berhasil, dan kredit saya ditolak oleh sebagian besar bank. Tetapi seperti yang Tuhan inginkan, saya dikenalkan dengan seorang wanita Pemberi pinjaman pinjaman pribadi oleh seorang teman bernama Mrs.Enny dan saya mendapat pinjaman sejumlah Rp750.000.000. Terima kasih Tuhan hari ini untuk hidupku, aku sekarang adalah pemilik bisnis dan anak-anak baik sekarang. Jadi sayang, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman pribadi untuk membayar hutang dan memulai bisnis baru dengan tingkat bunga kredit sangat rendah 1% dan rencana dan jadwal pembayaran yang lebih baik, silakan hubungi AASIMAHA ADILA AMHED LOAN FIRM, yang menawarkan semua jenis pinjaman untuk perorangan dan perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati lagi. Anda dapat mengumpulkan aplikasi Anda ke departemen (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) atau Anda dapat menghubungi saya melalui: teddyliza2020@gmail.com untuk bukti pengiriman dapat kepada saya

    BalasHapus
  13. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya ) memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  14. Saya sedang mencari pinjaman untuk menyelesaikan tagihan & hutang saya, kemudian saya melihat komentar tentang Kartu Kredit ATM Kosong yang dapat diretas untuk menarik uang dari mesin ATM manapun di sekitar Anda. Saya ragu-ragu tetapi memutuskan untuk mencobanya dengan menghubungi {rickatmcardoffer @ gmail. com} mereka merespons dengan pedoman mereka tentang cara kerja kartu. Saya yakin bahwa kartu dapat menarik $ 5.000 instan per hari & dikreditkan dengan $ 50.000.000,00 sehingga saya meminta satu & membayar biaya pengiriman untuk mendapatkan kartu, setelah 24 jam kemudian, saya terkejut melihat agen UPS di tempat tinggal saya dengan seorang residen. parcel {card} saya menandatangani dan masuk kembali ke dalam dan mengkonfirmasi pekerjaan kartu setelah agen pergi. Ini tidak ada keraguan karena saya memiliki kartu & telah menggunakan kartu. Peretas ini adalah peretas berbasis di AS yang dirancang untuk membantu orang-orang dengan kebebasan finansial !! Hubungi email ini jika Anda ingin kaya dengan ini Via: rickatmcardoffer @ gmail. com} atau WhatsApp via +254750078353.

    BalasHapus
  15. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  16. Saya mendengar tentang kartu ATM kosong ini untuk sementara waktu dan saya tidak pernah benar-benar membayar bunga untuk itu karena keraguan saya. Sampai suatu hari saya menemukan seorang peretasan bernama RICK HACKER WORLD, dia benar-benar hebat dalam apa yang dia lakukan. Kembali ke titik, saya bertanya tentang Kartu ATM Kosong. Jika berhasil atau bahkan Ada. Mereka memberi tahu saya Ya dan kartu yang diprogram untuk penarikan uang acak tanpa diketahui dan juga dapat digunakan untuk pembelian online gratis. Ini mengejutkan dan saya masih ragu. Kemudian saya mencobanya dan meminta kartu dan menyetujui syarat dan ketentuan mereka. Berharap dan berdoa itu tidak palsu. Satu minggu kemudian saya menerima kartu saya dan mencoba dengan mesin ATM terdekat yang dekat dengan saya, itu bekerja seperti sulap. Saya dapat menarik hingga 5.000 Euro. Ini tidak bisa dipercaya. Sejauh ini saya memesan Kartu ATM sebesar $ 100.000 Euro tanpa merasa tertekan. Saya tidak tahu mengapa saya memposting ini di sini, saya hanya merasa ini mungkin membantu kita yang membutuhkan stabilitas keuangan. ATM kosong benar-benar mengubah hidup saya. Jika Anda ingin menghubungi mereka, Berikut adalah alamat emailnya: rickatmcardoffer@gmail.com atau Whatsapp: +254750078353.

    BalasHapus
  17. Saya enggan membeli kartu atm kosong ini yang saya dengar secara online karena semuanya sepertinya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tetapi saya yakin & terkejut ketika teman saya di tempat kerja saya mendapatkan kartu dari Dark Web & kami berdua benar-benar mengonfirmasi bekerja, tanpa penundaan saya mencobanya. Sejak saat itu saya telah menarik $ 5000 setiap hari dari kartu & uang tersebut telah masuk ke akun saya sendiri. Senang sekali akhirnya saya mencobanya dan kartu ini benar-benar telah mengubah hidup saya secara finansial tanpa ketahuan, ini nyata & benar-benar berfungsi meskipun ilegal tetapi membuat saya kaya !! Jika Anda membutuhkan kartu ini dari Dark Web, maka Email: rickatmcardoffer@gmail.com atau Aplikasi apa melalui? +27639442602

    BalasHapus

Makalah_"Berhujjah dengan Mahfum Mukhalafah"

  KATA PENGANTAR   Alhamdullilahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita semua tetapi sedikit sekali yang kita ...